Wajib Mengerti 8 Syarat Nasabah PNM Mekaar

Program PNM Mekaar bertujuan untuk memberikan akses pembiayaan modal usaha tanpa agunan, pendampingan usaha, dan peningkatan kompetensi kewirausahaan bagi pelaku usaha ultra mikro, khususnya perempuan.

PNM Mekaar memiliki dua jenis layanan, yaitu PNM Mekaar konvensional dan PNM Mekaar Syariah, yang keduanya berbasis kelompok dan sesuai dengan ketentuan hukum Islam.

PNM Mekaar telah berhasil mencatatkan jumlah nasabah aktif sebanyak 10,1 juta per 9 Agustus 2021, yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan, Presiden Joko Widodo mengapresiasi kenaikan jumlah nasabah PNM Mekaar yang signifikan, dari 1,5 juta pada tahun 2017 menjadi 10,8 juta pada tahun 2021.

Hal ini menunjukkan bahwa program PNM Mekaar mampu memberikan manfaat bagi pengembangan usaha mikro di Indonesia.

Wajib Mengerti 8 Syarat Nasabah PNM Mekaar

Untuk menjadi nasabah PNM Mekaar, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut adalah 8 syarat nasabah PNM Mekaar yang perlu Anda ketahui:

Perempuan pelaku usaha mikro

Syarat utama untuk menjadi nasabah PNM Mekaar adalah Anda harus berjenis kelamin perempuan dan memiliki usaha mikro.

Usaha mikro adalah usaha yang memiliki omset maksimal Rp300 juta per tahun atau aset maksimal Rp50 juta, tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

Juga harus memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam berusaha, namun terbatasnya akses pembiayaan modal kerja.

Memiliki indeks pendapatan Rp800 ribu per bulan

Syarat kedua untuk menjadi nasabah PNM Mekaar adalah Anda harus memiliki indeks pendapatan per kapita maksimal USS1,99 per hari atau Rp800 ribu per bulan.

Indeks pendapatan per kapita adalah rata-rata pendapatan setiap anggota keluarga dalam satu bulan. Indeks ini digunakan untuk mengukur tingkat kemiskinan dan kesejahteraan keluarga.

Jika indeks pendapatan per kapita Anda melebihi batas maksimal tersebut, maka Anda tidak memenuhi syarat untuk menjadi nasabah PNM Mekaar.

Memiliki indeks rumah

Syarat ketiga untuk menjadi nasabah PNM Mekaar adalah Anda harus memiliki indeks rumah (Cashpoor Index House).

Indeks rumah adalah ukuran kualitas rumah tempat tinggal Anda, yang meliputi luas bangunan, jenis lantai, jenis dinding, jenis atap, sumber air minum, sumber penerangan, fasilitas sanitasi, dan jumlah penghuni.

Rumah digunakan untuk menentukan apakah Anda termasuk keluarga prasejahtera atau tidak. Jika indeks rumah Anda rendah, maka Anda memenuhi syarat untuk menjadi nasabah PNM Mekaar.

Baca Juga: Cara Pelunasan PNM Mekaar Pengalaman Sendiri

Bersedia mengikuti Pertemuan kelompok mingguan

Syarat keempat untuk menjadi nasabah PNM Mekaar adalah Anda harus bersedia mengikuti proses persiapan dan pertemuan kelompok mingguan.

Proses persiapan adalah tahap awal sebelum Anda mendapatkan pembiayaan modal usaha dari PNM Mekaar, yang meliputi sosialisasi program, verifikasi data, pembentukan kelompok, penandatanganan kontrak, dan pembukaan rekening bank.

Pertemuan kelompok mingguan adalah kegiatan rutin yang dilakukan setiap minggu oleh nasabah PNM Mekaar bersama dengan account officer (AO) atau petugas lapangan PNM. Dalam pertemuan ini, Anda harus membayar angsuran mingguan, menabung, dan mendapatkan bimbingan usaha.

Jika Anda tidak bersedia mengikuti proses persiapan dan pertemuan kelompok mingguan, maka Anda tidak memenuhi syarat untuk menjadi nasabah PNM Mekaar.

Baca Juga: PNM Mekar Adalah Keuntungan Cara Mengajukan Pinjaman

Bergabung dalam kelompok tanggung renteng

Syarat kelima untuk menjadi nasabah PNM Mekaar adalah Anda harus bergabung dalam kelompok tanggung renteng.

Kelompok tanggung renteng adalah sistem yang digunakan oleh PNM Mekaar untuk menggantikan agunan fisik dalam pembiayaan modal usaha. Dalam sistem ini, Anda harus bergabung dengan kelompok lain yang memiliki usaha sejenis atau berdekatan lokasinya.

Satu kelompok minimal terdiri dari dua subkelompok dan maksimal enam subkelompok, dengan masing-masing subkelompok beranggotakan lima hingga 30 nasabah.

Setiap kelompok atau subkelompok dipimpin oleh seorang ketua yang bertanggung jawab atas kinerja anggotanya. Jika salah satu anggota kelompok tidak mampu membayar angsuran, maka anggota lain harus membantu membayarnya.

Jika Anda tidak mau bergabung dalam kelompok tanggung renteng, maka Anda tidak memenuhi syarat untuk menjadi nasabah PNM Mekaar.

Baca Juga: Apakah PNM Mekaar Termasuk Bank?

Memiliki usaha Prinsip syariah (jika memilih PNM Mekaar Syariah)

Syarat keenam untuk menjadi nasabah PNM Mekaar adalah Anda harus memiliki usaha yang sesuai dengan prinsip syariah, jika Anda memilih layanan PNM Mekaar Syariah.

Prinsip syariah adalah aturan-aturan yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah yang mengatur segala aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bidang ekonomi dan bisnis.

Usaha yang sesuai dengan prinsip syariah adalah usaha yang tidak melanggar larangan Allah dan Rasul-Nya, seperti riba (bunga), gharar (ketidakpastian), maysir (spekulasi), zulm (kezaliman), dan haram (terlarang).

Contoh usaha yang tidak sesuai dengan prinsip syariah adalah usaha yang berhubungan dengan min-uman ke-r-as, j-u-d-i, r-o-k-o-k, babi, dan lain-lain.

Baca Juga: Melunasi Kredit Motor Sebelum Waktunya

Jika usaha Anda tidak sesuai dengan prinsip syariah, maka Anda tidak memenuhi syarat untuk menjadi nasabah PNM Mekaar Syariah.

Bersedia mengikuti skema pembiayaan

Syarat ketujuh untuk menjadi nasabah PNM Mekaar adalah Anda harus bersedia mengikuti skema pembiayaan yang ditawarkan oleh PNM Mekaar.

Skema pembiayaan yang ditawarkan oleh PNM Mekaar adalah sebagai berikut:

  1. Pembiayaan modal usaha tanpa agunan dengan plafon mulai dari Rp2 juta hingga Rp20 juta.
  2. Jangka waktu pembiayaan maksimal 50 minggu atau 12 bulan.
  3. Suku bunga atau margin flat sebesar 0,75 persen per bulan untuk PNM Mekaar konvensional dan 0,95 persen per bulan untuk PNM Mekaar Syariah.
  4. Angsuran mingguan yang dibayarkan melalui pertemuan kelompok atau transfer bank.
  5. Pencairan dana melalui rekening bank atau tunai di kantor cabang PNM.
  6. Penambahan plafon pembiayaan setelah melunasi angsuran sebelumnya secara tepat waktu.

Baca Juga: 4 Penyebab Pinjaman di Akulaku Tidak Lolos Verifikasi

Jika Anda tidak bersedia mengikuti skema pembiayaan yang ditawarkan oleh PNM Mekaar, maka Anda tidak memenuhi syarat untuk menjadi nasabah PNM Mekaar.

Apakah ada biaya administrasi untuk menjadi nasabah PNM Mekaar?

Biaya administrasi untuk menjadi nasabah PNM Mekaar adalah biaya yang dikenakan oleh PNM untuk mengurus proses persiapan dan pencairan pembiayaan modal usaha tanpa agunan bagi para perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro.

Untuk menjadi nasabah PNM Mekaar bervariasi tergantung pada jenis layanan yang dipilih, yaitu PNM Mekaar konvensional atau PNM Mekaar Syariah, serta plafon pembiayaan yang diinginkan.

Biaya administrasi untuk menjadi nasabah PNM Mekaar dibayarkan sekali saat pencairan dana pertama kali, dan tidak dikenakan lagi untuk pencairan dana berikutnya.

Baca Juga: Ini Syarat Pengajuan Pinjaman di PNM ULaMM

Dihitung berdasarkan persentase dari plafon pembiayaan yang diterima, yaitu 5 persen untuk nasabah baru dan 10 persen untuk nasabah lama.

Dan tidak termasuk biaya lain yang mungkin timbul, seperti biaya transfer bank, biaya penarikan ATM, atau biaya Agen46.

Share

Leave a Comment

Scroll to Top