UPDATE Meminjam Uang di Pegadaian Tanpa Jaminan Bisa Gak

Pegadaian merupakan suatu badan yang melaksanakan kegiatan keuangan dalam bidang usaha gadai dimana suatu barang berharga digunakan sebagai jaminan untuk pengajuan pinjaman cepat.

Bagi kebanyakan orang yang biasa mengajukan pinjaman di bank pasti sedikit bingung tentang ketentuan peminjaman yang dilakukan di pegadaian dikarenakan peminjaman tidak hanya diperuntukkan untuk sertifikat kepemilikan namun bisa diwakili oleh benda berharga lainnya seperti perhiasan, barang elektronik, perabotan rumah dan barang-barang lain yang memiliki nilai jual.

Pegadaian pada umumnya memiliki aturan main yang cukup berbeda dengan bank dan umumnya lebih diminati oleh masyarakat karena prosesnya yang lebih cepat dan dapat menjangkau berbagai kalangan baik menengah maupun kebawah.

Advertisements

Namun nominal yang diajukan juga terbatas sesuai dengan nilai jaminan yang diajukan. Berikut merupakan kelebihan pegadaian dibandingkan bank.

Prosedur Meminjam uang Di Pegadaian

  1. Dana cepat

Tidak seperti bank yang memerlukan bukti keadaan finansial seseorang untuk mengetahui kapasitas seseorang untuk berkomitmen pada hutangnya pegadaian tidak memberlakukan sistem demikian. Selama peminjam membawa suatu barang jaminan maka pencairan danapun dapat dilakukan.

Pencairan dana dapat dilakukan setelah pihak  pegadaian telah memberikan nilai pada barang berharga yang dimaksud dan uangpun dapat dicairkan dengan segera. Selain itu proses peminjaman uang yang dilakukan dapat dilakukan di angka yang terkecil hingga terbesar sekalipun.

Biasanya masyarakat menjadikan pegadaian sebagai solusi peminjaman uang untuk kebutuhan sehari-hari karena pihak pegadaian menerima jenis barang berharga apapun.

  1. Jenis barang berharga lebih bervarian

Berbeda dengan bank yang mengharuskan gadai dengan agunan yang bernilai besar seperti surat tanah, rumah atau bukti kepemilikan lainnya pegadaian menerima barang elektronik bekas seperti smartphone, televisi, kulkas maupun komputer.

Selain itu pegadaian menerima jenis perhiasan dengan kadar karat berapapun. Selayaknya kita menjual barang bekas pasti valuasinya tidak akan mencapai harga pembelian awal. Namun melalui pegadaian barang-barang tersebut dapat ditebus dan dijadikan hak milik kembali.

  1. Penalti pengembalian dana  

Peminjaman pegadaian merupakan pinjaman jangka pendek tidak seperti bank yang bisa bertahun-tahun. Batas jangka waktu pinjaman biasanya berlaku selama 4 bulan. Dimana uang pinjaman dapat dikredit secara berkala pengembaliannya. Baca 5 Rekomendasi Pinjaman Untuk Karyawan Kontrak Hingga 100 Juta

Advertisements

Namun apabila melewati batas tempo yang ditentukan peminjam wajib untuk melakukan perpanjangan di pegadaian sehingga peminjam harus membayar pokok dan bunga bulanan berdasarkan lamanya waktu setelah jatuh tempo.

Jika bank tidak mewajibkan nasabahnya untuk melampirkan surat berharga justru pegadaian merupakan lembaga yang mewajibkan siapapun untuk membawa barang berharga untuk ditukar dengan uang dalam waktu singkat. Namun kita tidak harus menyertakan jaminan khusus yang bernilai tinggi karena pada dasarnya pegadaian dapat memberikan nilai pada barang apapun yang menurut kita berharga.

Lalu hal yang harus diperhatikan lagi mengenai pegadaian adalah masa pelelangan. Apabila kita tidak memperpanjang masa jatuh tempo maka pihak pegadaian akan menaruh barang kita di list lelang. Namun hal tersebut dilakukan ketika pemilik sama sekali tidak memberi konfirmasi kepada pihak pegadaian selama jangka waktu tertentu.

Selama perpanjangan jatuh tempo barang kita akan disimpan dalam jangka waktu tertentu hingga kita mampu untuk menebus pinjaman beserta bunganya. Pada dasarnya alternatif pemilihan pegadaian merupakan solusi yang baik bagi semua kalangan mengingat pegadaian merupakan perusahaan dibawah pengawasan pemerintah.

Keberadaan pegadaian merupakan solusi bagi rakyat menengah kebawah untuk memberikan uang dengan mudah dan tentunya dengan bunga yang relatif ringan dibandingkan dengan bank.

Seperti slogan pegadaian “Mengatasi masalah tanpa masalah” telah melekat di benak masyarakat karena terbukti pegadaian jitu memberikan solusi bagi orang yang sedang dilanda musibah dan membutuhkan uang dengan cepat. Baca Jika Ingin Gadai Sertifikat Tanah di Bank Mandiri Ini Syaratnya

Selain itu barang-barang yang telah diajukan di pegadaian akan dijaga dengan aman disana sehingga orang-orang tidak perlu khawatir akan nasib barang-barang elektronik yang mereka titipkan dikarenakan barang-barang tersebut nantinya akan dilelang oleh pihak pegadaian.

Dengan mengetahui kelebihan pegadaian dengan bank pasti makin banyak orang yang ingin mencoba alternatif pinjaman uang yang mudah dan merakyat. Tidak ada halangan atau Batasan apapun bagi seseorang untuk mengajukan pinjaman dana dengan cicilan bunga yang ringan. Semua kalangan bisa mencoba!

Advertisements
error: