Toko Online 1688 Apakah sama dengan Alibaba?

1688.com dan Alibaba.com adalah dua platform e-commerce yang berbeda, meskipun keduanya dimiliki oleh perusahaan yang sama, yaitu Alibaba Group.

Alibaba adalah platform e-commerce terbesar di dunia, dan dikenal sebagai “Amazon-nya China”.

Platform ini didirikan pada tahun 1999 oleh Jack Ma, dan sejak itu telah menjadi pusat perdagangan online terbesar di China dan salah satu yang terbesar di dunia.

Alibaba memiliki beberapa marketplace yang terkenal, termasuk Taobao (yang fokus pada penjualan barang konsumen), Tmall (yang fokus pada merek dan produk berkualitas tinggi), dan AliExpress (yang fokus pada perdagangan internasional).

Sementara itu, 1688 adalah platform B2B (business-to-business) yang juga dimiliki oleh Alibaba Group. Platform ini didirikan pada tahun 2010, dan fokus pada perdagangan grosir.

Tujuan utama 1688 adalah untuk memberikan platform yang aman dan terpercaya bagi pengusaha China untuk melakukan perdagangan dalam negeri.

Meskipun 1688 dan Alibaba berasal dari perusahaan yang sama, kedua platform ini sangat berbeda dalam segi target pasar dan jenis perdagangan yang dilakukan.

Alibaba lebih fokus pada penjualan barang konsumen dan perdagangan internasional, sedangkan 1688 lebih fokus pada perdagangan grosir dalam negeri.

Bagi pengusaha yang mencari pasokan barang dalam jumlah besar di China, 1688 mungkin merupakan platform yang lebih cocok.

Bagi konsumen yang ingin membeli produk konsumen dan merek terkenal, Alibaba adalah platform yang lebih sesuai.

Dalam kesimpulannya, 1688 dan Alibaba adalah platform e-commerce yang berbeda yang dimiliki oleh Alibaba Group.

Kedua platform ini memiliki target pasar dan jenis perdagangan yang berbeda, sehingga penting bagi pengguna untuk memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Bagaimana Cara belanja di 1688

1688 adalah platform e-commerce B2B yang fokus pada perdagangan grosir dalam negeri di China.

Bagi pengusaha atau pelaku bisnis yang ingin melakukan pembelian dalam jumlah besar, 1688 bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pasokan mereka.

Berikut adalah langkah-langkah untuk belanja di 1688:

  1. Buat akun di 1688: Pertama, Anda harus mendaftar akun di 1688. Anda bisa menggunakan email atau nomor telepon untuk mendaftar.
  2. Cari produk yang diinginkan: Setelah membuat akun, Anda bisa mencari produk yang ingin dibeli. 1688 menawarkan berbagai macam produk, mulai dari pakaian, aksesoris, hingga produk elektronik.
  3. Periksa kredibilitas penjual: Sebelum membeli produk, pastikan untuk memeriksa kredibilitas penjual. Anda bisa melihat ulasan dan penilaian dari pembeli lain untuk mengetahui apakah penjual tersebut terpercaya atau tidak.
  4. Tanyakan spesifikasi produk: Pastikan untuk menanyakan spesifikasi produk kepada penjual sebelum membeli. Hal ini akan membantu Anda memastikan bahwa produk yang dibeli sesuai dengan kebutuhan Anda.
  5. Tentukan harga dan jumlah produk: Setelah menentukan produk yang diinginkan, Anda harus menentukan harga dan jumlah produk yang ingin dibeli. Anda bisa melakukan negosiasi harga dengan penjual jika dibutuhkan.
  6. Lakukan pembayaran: Setelah menetapkan harga dan jumlah produk, Anda harus melakukan pembayaran. 1688 menerima berbagai macam metode pembayaran, termasuk transfer bank dan kartu kredit.
  7. Konfirmasi pengiriman: Setelah melakukan pembayaran, pastikan untuk mengkonfirmasi pengiriman dengan penjual. Pastikan juga untuk memberikan alamat pengiriman yang jelas dan detail agar produk bisa dikirim dengan tepat.

Itulah langkah-langkah untuk belanja di 1688. Pastikan untuk selalu memeriksa kredibilitas penjual dan menanyakan spesifikasi produk sebelum membeli.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat melakukan pembelian produk grosir yang dibutuhkan dengan mudah dan aman di 1688.

Apakah 1688 Aman

Sebagai bagian dari Alibaba Group, 1688 berupaya untuk memberikan lingkungan perdagangan yang aman dan terpercaya bagi pengusaha China.

Namun, seperti halnya dengan platform e-commerce lainnya, ada risiko dalam melakukan transaksi di 1688. Beberapa risiko yang mungkin terjadi adalah penipuan, barang palsu atau cacat, dan masalah pengiriman.

Untuk meminimalkan risiko tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat berbelanja di 1688:

Periksa kredibilitas penjual:

Pastikan untuk memeriksa kredibilitas penjual sebelum melakukan pembelian. Periksa ulasan dan penilaian dari pembeli lain untuk memastikan bahwa penjual tersebut terpercaya.

Tanyakan spesifikasi produk:

Pastikan untuk menanyakan spesifikasi produk kepada penjual sebelum membeli. Hal ini akan membantu Anda memastikan bahwa produk yang dibeli sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lakukan negosiasi harga:

Lakukan negosiasi harga dengan penjual jika dibutuhkan. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan harga yang lebih baik dan meminimalkan risiko kelebihan biaya.

Periksa barang saat diterima:

Periksa barang yang diterima saat tiba di tempat Anda. Jika terdapat kerusakan atau barang tidak sesuai, segera hubungi penjual untuk mencari solusi terbaik.

Gunakan jasa escrow:

Jika Anda khawatir tentang pembayaran, gunakan jasa escrow yang disediakan oleh 1688. Jasa escrow akan memegang pembayaran Anda sampai barang diterima dengan baik.

Dengan melakukan tindakan pencegahan seperti ini, Anda dapat meminimalkan risiko dan memastikan bahwa belanja Anda di 1688 aman dan terpercaya.

Pastikan untuk tetap berhati-hati dan memeriksa semua informasi dengan cermat sebelum melakukan pembelian di 1688.

Share

Leave a Comment

Scroll to Top