Syarat Pinjaman Dana Dengan Jaminan Sertifikat Rumah Di Bank Mandiri Syariah

Kini produk bank syariah telah menjamur di kalangan masyarakat. Banyak sekali orang yang mulai beralih dari bank konvensional menjadi bank syariah tak terkecuali Bank Mandiri. Bank Mandiri Syariah merupakan salah satu cabang Bank Syariah yang cukup besar di Indonesia karena cabang-cabang kasnya yang sudah menyebar di berbagai penjuru Indonesia.

Meskipun bukan bank dengan konsep syariah yang benar-benar murni bank tersebut telah berhasil membuat pelayanan yang unggul dengan margin administrasi paling rendah daripada bank syariah lainnya di Indonesia.

Konsep utama yang diusung oleh Bank Syariah Mandiri adalah memberikan pinjaman dana dengan jaminan sertifikat rumah tanpa riba atau bunga namun bank syariah tersebut menerapkan konsep berupa murbahah yang mana pihak bank secara transparan memberikan laporan keuntungan yang didapatkan bank dan membagi hasil dengan pemilik aset. Baca Bisa Gak Ya Pinjaman Dengan Jaminan Sertifikat Rumah Pegadaian

Advertisements

Hubungan nasabah dan bank juga terlihat sangat berbeda antara bank konvesional dan syariah dimana bank syariah memperlakukan nasabah sebagai mitra penanam modal untuk keberlangsungan transaksi perbankan sedangkan bank konvesional hanya memberlakukan hubungan debitur dan kreditur.

Hukum Pinjam Di Mandiri syariah

Berbeda pula dengan bank konvesional yang menganut hukum perdata dan perdana di Indonesia, hukum yang diterapkan pada bank syariah merupakan hukum syariah islam yang berdasar pada Al – Quran dan Hadits sert fatwa MUI. Berikut jenis hukum syariah yang dilakukan antara lain:

  • Al – mudhabarah yaitu istilah yang dipakai untuk konsep bagi hasil antara pengelola dan pemilik modal
  • Al – musyarakah yaitu istilah yang memiliki makna akad yang terjadi di bank adalah bentuk dari musyawarah bukan seluruhnya adalah kewenangan yang ditetapkan oleh bank
  • Al – ijarah merupakan istilah yang dipakai untuk sewa menyewa jasa maupun modal
  • Al – wakalah merupakan istilah yang menyangkut keagenan dalam arti bank syariah adalah wadah dan lembaga yang harus dihormmati dan ditaati.

Bicara tentang riba, menurut masyarakat yang beragama islam hukum riba adalah haram dikarenakan tidak ada perjanjian yang adil antara untung dirasakan bersama dan rugi ditanggung bersama. Bank konvesional mentiadakan aturan tersebut yang mana pihak bank telah mematok bunga yang akan dibagi ke nasabah tanpa tahu usaha apa yang dilakukan bank dan berapa jumlah keuntungan yang sebenarnya.Baca UPDATE Syarat Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Lain

Advertisements

Selain mengajukan sertifikat rumah sebagai jaminan pihak bank juga menerima pengajuan pinjaman tanpa jaminan yang disebut sebagai Kredit Tanpa Agunan meskipun prosesnya lebih lama. Selama pengajuan akan di tanya uang pinjaman tersebut untuk keperluan apa.

Apakah keperluan konsumtif dan lainnya sehingga bunga yang dikenakan dapat menyesuaikan. Berikut merupakan persyaratan yang harus disiapkan sebelum datang ke bank dan mengajukan pinjaman,

  1. Identitas seperti KTP, passport maupun SIM
  2. Akta nikah apabila sudah beristri
  3. Kartu keluarga
  4. Surat keterangan usaha RT/ RW apabila nasabah menjalankan suatu usaha
  5. Slip gaji dari perusahaan
  6. Nomor NPWP
  7. Sertifikat Rumah Asli
  8. Pajak Bumi dan Bangunan

Yang perlu kit ketahui selain dikenakan biaya administrasi yang sangat murah pihak bank juga mengenakan nilai 100% harga penjualan properti dan bagi hasil usaha sebagai biaya pemberian modal. Hal tersebut sangatlah menguntungkan dari nasabah sehingga banyak nasabah yang berpindah dari bank konvesional ke syariah karena prinsipnya yang mengutamakan keadilan dan kejujuran.

Layaknya pengajuan dana pinjaman yang lain pihak bank akan melakukan survey terlebih dulu terhadap aset yang digadaikan. Biasanya rumah yang berada di kawasan rawan banjir dan jalan-jalan kecil akan kesulitan untuk mendapatkan persetujuan dari Bank Mandiri Syariah dikarenakan tidak memenuhi keinginan pasar. Baca Solusi Jika Ingin Gadai Sertifikat Atas Nama Orang Tua Sendiri

Selain itu jika nasabah adalah pengusaha pihak bank akan datang ke tempat usaha dan melakukan pengecekan atas kualitas dan kondisi kehalalan jenis usaha apakah akan bertahan dalam waktu yang lama atau tidak, apakah jenis tersebut cukup menghasilkan dan memiliki potensi untuk berkembang.

Setelah dilakukan survey oleh pihak bank terkait nasabah harus menunggu hasil dari survey tersebut. Jika disetujui maka nasabah akan dipanggil oleh Bank Mandiri Syariah untuk melakukan ijab qobul serta penjelasan perjanjian bersama tentang angsuran kredit terkait.

Advertisements
error: