Syarat Pinjaman Bank BRI untuk Karyawan

Bank BRI merupakan bank yang kerap menjadi tujuan masyarakat dalam mencari pinjaman. Ada beberapa pinjaman yang terdapat di Bank BRI, termasuk pinjaman untuk karyawan. Pinjaman untuk karyawan di Bank BRI adalah KTA (Kredit Tanpa Agunan) BRI.

Bagaimanakah syarat untuk mengajukan pinjaman untuk karyawan Bank BRI? Berikut adalah persyaratan individu yang harus dipenuhi :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI),
  2. Berusia minimal 21 tahun saat pemohonan, berusia maksimal 65 tahun pada saat pengembalian,
  3. Memiliki penghasilan minimal 3 juta rupiah/bulan
  4. Harus memiliki rekening di Bank BRI

Sementara persyaratan dokumen yang dibutuhkan adalah :

Advertisements
  1. Fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  2. Fotocopy KK (Kartu Keluarga)
  3. Fotocopy NPWP
  4. Pas foto ukuran 4×6 cm
  5. Surat keterangan penghasilan
  6. Dokumen asli SK pengangkatan pertama dan terakhir atau SK pensiun (bagi karyawan)
  7. Fotocopy rekening tabungan atau giro selama 3 bulan terakhir
  8. Fotocopy laporan keuangan 2 tahun terakhir (bagi pengusaha atau wiraswasta)

Prosedur Pengajuan Kredit di Bank BRI

Setelah seluruh persyaratan lengkap, kunjungi kantor cabang Bank BRI yang ada di lingkungan anda. Ajukan Kredit BRIGuna. Nantinya petugas akan menjelaskan dan memastikan anda memahami BRIGuna.

Setelahnya petugas akan meminta anda untuk mengisi formulir pengajuan kredit. Isilah formulir dengan lengkap dan benar. Petugas pun akan meminta persyaratan administrasi, untuk diverifikasi. Disini, anda mesti menunggu. Baca Tabel Pinjaman Bank Mandiri Jaminan Sertifikat Rumah

Bank BRI kemudian akan memberikan konfirmasi tentang penolakan atau penerimaan kredit. Jika pengajuan diterima, maka akan dilakukan penandatanganan akad kredit bersama notaris. Barulah kemudian dana pinjaman dapat dicairkan. Berapa lama waktu pencairan dana BRIGuna? Kredit ini dicairkan kira-kira dalam waktu 14 hari.

Tentang KTA Bank BRI

BRIGuna terdiri dari empat jenis, yakni BRIGuna Karya, BRIGuna Purna, BRIGuna Umum dan BRIGuna Pendidikan. Apakah perbedaan dari keempat BRIGuna itu?

  1. BRIGuna Karya

BRIGuna Karya adalah fasilitas Kredit Tanpa Agunan atau KTA dari Bank BRI yang diberikan kepada calon debitur/debitur (peminjam) dengan sumber pembayaran (repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap atau fixed income (gaji). BRIGuna Karya cocok untuk karyawan swasta atau PNS, sebab berpenghasilan tetap setiap bulannya.

Advertisements

BRIGuna Karya memfasilitasi kredit tanpa agunan yang kompetitif dengan bunga bervariasi. Untuk pinjaman 12 sampai 24 bulan, bunga cicilan 13% per tahun dengan angsuran tetap. Sedangkan untuk jangka waktu lebih dari 24 bulan hingga 60 bulan, cicilan bunga yang mesti dibayar mulai dari 13,5% per tahun. Baca Tabel Pinjaman Bank Mandiri Jaminan Sertifikat Rumah

Sistem pembayaran cicilan yakni pemotongan langsung pada gaji yang masuk di rekening debitur. Kelebihan yang ditawarkan BRIGuna Karya, antara lain: jika anda dimutasi ke daerah lain, anda tidak diwajibkan untuk segera melunasi pinjaman. Selain itu, bunga angsuran tetap sampai jatuh tempo.

  1. BRIGuna Purna

BRIGuna Purna adalah kredit yang diberikan kepada calon debitur/debitur (peminjam) dengan sumber pembayaran (repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap berupa uang pensiun. Kelebihan lain yang diperoleh debitur yakni adanya asuransi jiwa dan pertanggungan cicilan oleh pihak asuransi jika debitur meniggal dunia.

  1. BRIGuna Umum

BRIGuna Umum adalah kredit yang diberikan kepada calon debitur/debitur dengan sumber pembayaran (repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap berupa gaji dengan jangka waktu (tenor) sejak pegawai aktif sampai dengan masa pensiun.

Perlu digarisbawahi debitur harus dapat melunasi tanggungannya saat usia debitur maksimal 75 tahun. Bunga cicilan relatif rendah, yakni berkisar antara 7,2% sampai 10%.

  1. BRIGuna Pendidikan

BRIGuna Pendidikan adalah BRIGuna khusus untuk mahasiswa S2 dan S3 yang sudah memiliki upah atau penghasilan tetap. Adapun maksimum plafond sebesar uang kuliah tunggal (UKT) dan tidak melebihi 250 juta rupiah. Sedangkan jangka waktu kredit (tenor) maksimal pada S2 selama enam tahun dan S3 selama 10 tahun. Baca Syarat Meminjam Uang di Bank BRI

Sistem yang digunakan adalah pemotongan kredit langsung lewat payroll BRI. BRIGuna juga memastikan pelunasan angsuran saat debitur meninggal dunia dijamin oleh pihak asuransi. Pihak asuransi juga memberikan klaim sebesar 500 juta rupiah kepada keluarga korban.

error: