Syarat Pinjaman Bank BRI untuk Karyawan Swasta

Apabila anda merupakan karyawan swasta dan hendak mengajukan pinjaman, maka Bank BRI dapat menjadi salah satu pilihan. Di Bank BRI, ada pinjaman untuk karyawan swasta yang disebut dengan BRIGuna.

BRIGuna ini adalah pinjaman tanpa agunan. Lalu, apa sajakah persyaratan untuk mengajukan pinjaman karyawan swasta di Bank BRI?

Persyaratan yang mesti anda penuhi, antara lain:

Advertisements
  1. Calon debitur berpenghasilan minimum tiga juta rupiah per bulan.
  2. Calon debitur berusia minimal 21 tahun.
  3. Saat pelunasan, usia calon debitur maksimal 65 tahun.
  4. Calon debitur wajib memiliki kartu kredit minimal berjalan selama satu tahun.
  5. Calon debitur memiliki minimum 5 juta rupiah pada limit kredit.

Dokumen yang mesti disiapkan, yaitu:

  1. Identitas diri, berupa: Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) asli, serta Kartu Keluarga (KK) asli.
  2. Dokumen dari perusahaan, berupa: SK pengangkatan pertama asli, SK terakhir, slip gaji, serta surat rekomendasi dari atasan peminjam. Khusus untuk pengajuan pinjaman BRIGuna Purna tidak perlu menyiapkan dokumen perusahaan, namun cukup dokumen pensiun yang berupa: SK pensiun, Daftar Pembayaran Pensiun (Dapem), Kartu Registrasi Induk Pensiun (KARIP), serta buku pensiun.
  3. Dokumen terkait pihak bank, berupa: fotokopi buku tabungan BRITama, pas foto suami/istri bagi yang sudah menikah, formulir permohonan pengajuan pinjaman, serta formulir auto-debet rekening.

Setelah menyiapkan perssyaratan tersebut, apakah yang harus dilakukan?

Setelah seluruh persyaratan lengkap, kunjungi kantor cabang Bank BRI yang ada di lingkungan anda. Ajukan Kredit BRIGuna. Nantinya petugas akan menjelaskan dan memastikan anda memahami BRIGuna. Baca Potongan ATM Bulanan Bank BRI Simpedes

Setelahnya petugas akan meminta anda untuk mengisi formulir pengajuan kredit. Isilah formulir dengan lengkap dan benar. Petugas pun akan meminta persyaratan administrasi, untuk diverifikasi. Disini, anda mesti menunggu.

Bank BRI kemudian akan memberikan konfirmasi tentang penolakan atau penerimaan kredit. Jika pengajuan diterima, maka akan dilakukan penandatanganan akad kredit bersama notaris. Barulah kemudian dana pinjaman dapat dicairkan. Berapa lama waktu pencairan dana BRIGuna? Kredit ini dicairkan kira-kira dalam waktu 14 hari.

Advertisements

Namun, ingat bahwa saat pencairan dana pinjaman, tidak semua dana yang anda ajukan di awal dicairkan. Ini karena bank secara umum memotong dana pinjaman dengan biaya-biaya, seperti : Baca Suku Bunga Pinjaman Bank BRI Terbaru

  • Biaya administrasi. Biaya ini dikenakan atas proses administrasi yang telah dijalankan oleh bank untuk memproses pinjaman.
  • Biaya provisi. Biaya ini disebut-sebut sebagai dana balas budi kepada bank sebab telah meluluskan pengajuan kredit.
  • Biaya notaries. Biaya notaries ini sifatnya opsional. Ada bank yang membebankan biaya notaries kepada debitur. Ada pula yang tidak mematok biaya ini.
  • Biaya asuransi. Biaya asuransi adalah biaya yang nantinya digunakan untuk manajemen resiko di saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Fitur Kredit BRIGuna

BRIGuna Karya adalah fasilitas Kredit Tanpa Agunan atau KTA dari Bank BRI yang diberikan kepada calon debitur/debitur (peminjam) dengan sumber pembayaran (repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap atau fixed income (gaji). BRIGuna Karya cocok untuk karyawan swasta atau PNS, sebab berpenghasilan tetap setiap bulannya.

BRIGuna Karya memfasilitasi kredit tanpa agunan yang kompetitif dengan bunga bervariasi. Untuk pinjaman 12 sampa 24 bulan, bunga cicilan 13% per tahun dengan angsuran tetap. Sedangkan untuk jangka waktu lebih dari 24 bulan hingga 60 bulan, cicilan bunga yang mesti dibayar mulai dari 13,5% per tahun.

Sistem pembayaran cicilan yakni pemotongan langsung pada gaji yang masuk di rekening debitur. Kelebihan yang ditawarkan BRIGuna Karya, antara lain: jika anda dimutasi ke daerah lain, anda tidak diwajibkan untuk segera melunasi pinjaman. Selain itu, bunga angsuran tetap sampai jatuh tempo.

Berapakah suku bunga BRIGuna? Untuk saat ini, belum ada informasi resmi dari Bank BRI tentang suku bunga BRIGuna. Namun, terdapat informasi tentang Suku Bunga Dasar Kreditnya, yakni 12,5%. Baca Download Formulir Pinjaman BRI Disini

Perlu diketahui bahwa Suku Bunga Dasar Kredit berbeda dengan suku bunga. SBDK masih merupakan angka yang dijadikan dasar penetapan suku bunga kepada nasabah. Dalam SBDK ini belum diperhitungkan tentang komponen perkiraan premi resiko. Komponen perkiraan premi resiko ini tentu berbeda-beda tiap nasabah. Besarnya suku bunga akhir akan ditentukan berdasar SBDK dengan premi resiko per debitur.

error: