Syarat Pinjaman Bank BRI Tanpa Agunan

Pinjaman tanpa agunan, adakah ? Mungkin sebagian besar dari masyarakat percaya, bahwa saat meminjam uang harus disertai dengan agunan (masyarakat awam menyebutnya dengan jaminan). Bagi pihak bank, kehadiran agunan sangat penting demi menjaga komitmen nasabah untuk menyelesaikan cicilan.

Bagi anda yang ingin meminjam uang tanpa agunan, Bank BRI mungkin menjadi solusi yang tepat untuk anda.

Perlu kiranya anda mengetahui apa saja yang menjadi persyaratan dalam mengajukan BRIGuna kepada BRI.

Advertisements

Persyaratan yang mesti anda penuhi, antara lain:

  1. Calon debitur berpenghasilan minimum tiga juta rupiah per bulan.
  2. Calon debitur berusia minimal 21 tahun.
  3. Saat pelunasan, usia calon debitur maksimal 65 tahun.
  4. Calon debitur wajib memiliki kartu kredit minimal berjalan selama satu tahun.
  5. Calon debitur memiliki minimum 5 juta rupiah pada limit kredit.

Dokumen yang mesti disiapkan, yaitu:

  1. Identitas diri, berupa: Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) asli, serta Kartu Keluarga (KK) asli.
  2. Dokumen dari perusahaan, berupa: SK pengangkatan pertama asli, SK terakhir, slip gaji, serta surat rekomendasi dari atasan peminjam. Khusus untuk pengajuan pinjaman BRIGuna Purna tidak perlu menyiapkan dokumen perusahaan, namun cukup dokumen pensiun yang berupa: SK pensiun, Daftar Pembayaran Pensiun (Dapem), Kartu Registrasi Induk Pensiun (KARIP), serta buku pensiun.
  3. Dokumen terkait pihak bank, berupa: fotokopi buku tabungan BRITama, pas foto suami/istri bagi yang sudah menikah, formulir permohonan pengajuan pinjaman, serta formulir auto-debet rekening.

Tentang KTA Bank BRI

Bank BRI memiliki produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) bernama BRIGuna. BRIGuna adalah pinjaman yang ditawarkan BRI kepada nasabahnya untuk memenuhi kebutuhan produktif maupun non produkif tanpa menggunakan agunan (jaminan). BRIGuna terdiri dari empat jenis, yakni BRIGuna Karya, BRIGuna Purna, BRIGuna Umum dan BRIGuna Pendidikan. Baca Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah

  1. BRIGuna Karya

BRIGuna Karya adalah fasilitas Kredit Tanpa Agunan atau KTA dari Bank BRI yang diberikan kepada calon debitur/debitur (peminjam) dengan sumber pembayaran (repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap atau fixed income (gaji). BRIGuna Karya cocok untuk karyawan swasta atau PNS, sebab berpenghasilan tetap setiap bulannya.

Advertisements

BRIGuna Karya memfasilitasi kredit tanpa agunan yang kompetitif dengan bunga bervariasi. Untuk pinjaman 12 sampa 24 bulan, bunga cicilan 13% per tahun dengan angsuran tetap. Sedangkan untuk jangka waktu lebih dari 24 bulan hingga 60 bulan, cicilan bunga yang mesti dibayar mulai dari 13,5% per tahun. Baca Tabel Pinjaman Bank BRI untuk TNI POLRI

Sistem pembayaran cicilan yakni pemotongan langsung pada gaji yang masuk di rekening debitur. Kelebihan yang ditawarkan BRIGuna Karya, antara lain: jika anda dimutasi ke daerah lain, anda tidak diwajibkan untuk segera melunasi pinjaman. Selain itu, bunga angsuran tetap sampai jatuh tempo.

  1. BRIGuna Purna

BRIGuna Purna adalah kredit yang diberikan kepada calon debitur/debitur (peminjam) dengan sumber pembayaran (repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap berupa uang pensiun. Kelebihan lain yang diperoleh debitur yakni adanya asuransi jiwa dan pertanggungan cicilan oleh pihak asuransi jika debitur meniggal dunia.

  1. BRIGuna Umum

BRIGuna Umum adalah kredit yang diberikan kepada calon debitur/debitur dengan sumber pembayaran (repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap berupa gaji dengan jangka waktu (tenor) sejak pegawai aktif sampai dengan masa pensiun.

Perlu digarisbawahi debitur harus dapat melunasi tanggungannya saat usia debitur maksimal 75 tahun. Bunga cicilan relatif rendah, yakni berkisar antara 7,2% sampai 10%.

  1. BRIGuna Pendidikan

BRIGuna Pendidikan adalah BRIGuna khusus untuk mahasiswa S2 dan S3 yang sudah memiliki upah atau penghasilan tetap. Adapun maksimum plafond sebesar uang kuliah tunggal (UKT) dan tidak melebihi 250 juta rupiah. Sedangkan jangka waktu kredit (tenor) maksimal pada S2 selama enam tahun dan S3 selama 10 tahun. Baca Tabel Pinjaman Bank BRI untuk PNS

Sistem yang digunakan adalah pemotongan kredit langsung lewat payroll BRI. BRIGuna juga memastikan pelunasan angsuran saat debitur meninggal dunia dijamin oleh pihak asuransi. Pihak suransi juga memberikan klaim sebesar 500 juta rupiah kepada keluarga korban.

Setelah membaca uraian di atas, sudahkah anda memutuskan mengambil pinjaman sesuai dengan kebutuhan anda ?

error: