Syarat Pinjam Uang di Panin Bank Dengan Agunan Sertifikat Rumah

Penggunaan rumah sebagai jaminan kredit atau pinjaman sudah bukan hal yang asing. Apa syarat pinjam uang di panin bank dengan agunan sertifikat rumah? Sebelum menelusuri persyaratan yang dibutuhkan, calon peminjam harus mengetahui jenis kredit yang akan diambil serta bunga yang harus dibayarkan.

Selain itu, kredit dengan jaminan rumah lebih bersifat pinjaman produktif. Di Bank Panin, salah satu tipe kredit untuk bisnis adalah Kredit Serba Guna yang dapat dimanfaatkan untuk ekspansi usaha.

Persyaratan untuk mendapatkan kredit tersebut dapat dilihat pada penjelasan berikut ini.

  • Identitas diri

Seluruh kredit atau pinjaman dari Panin Bank pasti akan menyertakan identitas diri sebagai syarat utama yang harus dipenuhi. Identitas diri terdiri dari KTP, SIM, kartu keluarga, dan surat domisili.

Advertisements

KTP dan KK sebenarnya sudah cukup untuk proses kredit, namun bank juga memerlukan identitas dari istri atau suami calon peminjam untuk keperluan verifikasi. Untuk kredit serba guna, calon nasabah harus menyertakan akta nikah, cerai, atau perjanjian pisah harta.

  • Slip gaji atau penghasilan

Kredit atau pinjaman dibedakan berdasarkan individu dan bisnis. Untuk individu, slip gaji menjadi keharusan untuk dilampirkan sebagai syarat utama kredit tersebut. Slip gaji atau surat pernyataan tentang penghasilan membantu bank untuk menentukan apakah akan menyetujui jumlah uang yang diajukan.

Syarat pinjam uang di panin bank dengan agunan sertifikat rumah lain bagi bisnis, perusahaan, dan korporasi adalah laporan rugi laba. Bank harus memastikan bahwa perusahaan tersebut memiliki potensi di masa depan, terutama dalam hal pembayaran kredit.

  • Kepemilikan rumah

Syarat lain yang tidak kalah penting adalah surat kepemilikan rumah yang dibuktikan melalui sertifikat yang sah. Bank akan menyimpan sertifikat tersebut sebagai jaminan dan akan dikembalikan setelah semua hutang telah lunas. Bukti kepemilikan rumah harus jelas, baik itu sebagai hak guna atau hak kepemilikan lahan.

Perlu diketahui bahwa nama yang tertera dalam sertifikat tersebut tidak harus nama calon peminjam. Jika menggunakan sertifikat milik orang lain, bank mewajibkan untuk melampirkan surat kuasa serta identitas lengkap dari pemilik sah rumah.

  • Rekening tiga bulan

Rekening Koran yang dimaksud adalah data tabungan calon peminjam. Bank Panin tidak mengharuskan nasabah untuk melampirkan rekening dari Bank Panin. Namun, mereka dapat menggunakan rekening dari tabungan bank lain selama telah dimilikinya lebih dari tiga bulan. Data dari rekening ini juga terkait dengan pendapatan yang diterima diluar slip gaji.

Setelah mengetahui segala persyaratan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan semua dokumen. Syarat pinjam uang di panin bank dengan agunan sertifikat rumah harus dipenuhi secara lengkap untuk memperbesar peluang dalam pengajuan kredit. Oleh karena itu, cek ulang sebelum pengajuan dengan teliti.

Advertisements

Suku Bunga KPR Bank Panin Kisaran Berapa Persen

KPR dan suku bunganya tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk mengetahui suku bunga yang akan diterima, calon peminjam harus melengkapi persyaratan. Suku bunga kpr bank panin kisaran berapa persen? Sebagai salah satu bank nasional, Bank Panin juga menjadi sumber pembiayaan KPR. Banyak orang yang ingin mengetahui tingkat suku bunga yang diberikan bank tersebut untuk kredit kepemilikan rumah.

Berdasarkan informasi dari website resmi bank Panin, suku bunga untuk KPR dimulai dari 5,88 persen yang berlaku per April 2018. Angka tersebut cukup rendah dibanding dengan beberapa bank lain yang juga menyediakan kredit untuk rumah.

Perlu diperhatikan, suku bunga itu merupakan yang paling minimum. Untuk mendapatkan perhitungan suku bunga secara nyata, Bank akan menyesuaikan dengan persyaratan, jumlah kredit, serta periode dari KPR tersebut.

Mengapa suku bunga sangat penting? Setiap kredit atau pinjaman dari Bank Panin akan memiliki suku bunga. Peminjam harus melunasi angsuran tiap bulan sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan. Angsuran terdiri dari pinjaman ditambah dengan perhitungan bunga lalu disesuaikan dengan jumlah bulan yang harus diangsur.

Semakin lama pinjaman, suku bunga cenderung lebih besar, meski hal ini tidak bersifat absolut. Selain itu, bank juga akan memperhitungkan kondisi finansial dari calon peminjam sebelum resmi menerima pengajuan kreditnya.

Hal lain terkait suku bunga kpr bank panin kisaran berapa persen adalah kisaran dari suku bunga itu sendiri. Ada ketentuan yang menerangkan suku bunga minimal dari KPR. Ketentuan tersebut sangat penting karena menjamin bank tidak memberikan bunga berlebihan.

Selain itu, suku bunga minimum juga sebagai perlindungan bagi industri keuangan. Ada perhitungan tersendiri sehingga bunga tersebut ditetapkan untuk kelangsungan industri kredit terutama KPR.

Untuk mengetahui suku bunga dan angsuran, calon peminjam dapat melihat pada tabel cicilan KPR bank panin. Selain itu, Bank Panin juga menyediakan kalkulator yang khusus untuk perhitungan KPR.

Anda cukup mengunjungi website resmi lalu mencantumkan jumlah uang yang akan dipinjam, periode kredit, dan bunga. Kalkulator merupakan alat simulasi sebelum secara resmi mengajukan KPR. Tabel akan menyertakan jumlah angsuran yang harus dibayar pada tingkat bunga tertentu.

KPR pada Bank Panin memiliki beberapa keunggulan. Yang pertama, KPR dapat digunakan untuk pembiayaan lain selain rumah seperti tanah, kavling, apartemen, dan sejenisnya. Bank Panin memiliki kantor cabang di banyak kota sehingga dapat mudah menghubungi secara langsung.

Selain itu, calon peminjam dapat bertanya tentang suku bunga kpr bank panin kisaran berapa persen. Tentu saja, Bank akan menjelaskan dengan detail semua hal terkait KPR dari persyaratan, proses pengajuan, hingga pembayaran angsuran.

Advertisements
error: