Syarat Pengajuan KPR Bank Muamalat Bagi Pemula Individu dan Karyawan

Pengajuan KPR Bank Muamalat – Bank Muamalat merupakan bank dengan prinsip syariah pertama di Indonesia serta menjadi pelopor munculnya berbagai bank syariah saat ini. Bank ini juga memberikan beberapa layanan simpanan maupun pinjaman yang dapat dimanfaatkan.

Bagi Anda yang sedang butuh pinjaman dana, mungkin bisa menggunakan layanan KPR yang ditawarkan. Lalu bagaimana syarat pengajuan KPR Bank Muamalat bagi pemula individu dan karyawan?

Terdapat dua jenis pilihan akad perbankan syariah yang tersedia pada layanan KPR Muamalat ini, yaitu akad kerjasama sewa atau masyarakah mutanaqishah dan akad jual-beli atau murabahah. Pilihan akad tersebut tentunya dapat Anda sesuaikan dengan keperluan, seperti pembangunan rumah, ruko, apartemen, atau keperluan properti lainnya.

Advertisements

Namun, tidak semua orang bisa menggunakan layanan ini, karena ada ketentuan nasabah yang berlaku. Agar proses pinjaman Anda berlangsung mudah, perlu perhatikan beberapa syarat pengajuan KPR Bank Muamalat bagi pemula individu dan karyawan seperti berikut:

Prosedur Plus Syarat Pengajuan KPR Bank Muamalat

  1. Pemohon merupakan nasabah perorangan.
  2. Nasabah minimal berusia 21 tahun dan maksimal 55 tahun untuk karyawan, atau maksimal 60 tahun jika bekerja sebagai wiraswasta. Usia minimal tersebut berlaku saat pengajuan pinjaman, sedangkan usia maksimal berlaku sampai jatuh tempo pelunasan biaya.
  3. Memiliki tabungan Bank Muamalat Indonesia untuk kemudahan biaya angsuran tiap bulannya, karena akan langsung diproses dari rekening tersebut.
  4. Nasabah Bank Muamalat memiliki pekerjaan sebagai karyawan tetap dengan masa kerja minimal 1 tahun atau jika bekerja sebagai karyawan kontrak, minimal telah bekerja selama 2 tahun. Selain itu, layanan ini juga bisa dinikmati oleh wiraswasta atau professional.
  5. Status nasabah tidak boleh terdaftar pada kasus pembiayaan bermasalah.

Setelah memahami ketentuan nasabah diatas, maka Anda perlu menyiapkan berbagai berkas administrasi pada saat pengajuan KPR. Berkas-berkas tersebut antara lain: Baca Bunga Deposito Cimb Niaga

  1. Fotokopi KTP.
  2. Fotokopi KK.
  3. Fotokopi NPWP.
  4. Fotokopi buku tabungan atau statement giro 3 bulan terakhir.
  5. Surat keterangan kerja dan slip gaji asli, khusus untuk nasabah karyawan.
  6. Jika nasabah sudah menikah, maka wajib melampirkan surat nikah.
  7. Mengisi formulir permohonan pinjaman.
  8. Fotokopi IMB, PBB, sertifikat lainnya.
  9. Khusus bagi nasabah wiraswasta atau professional, ada beberapa berkas tambahan yaitu, fotokopi dokumen SITU/SIUP/TDP, izin usaha, akta pendirian, SKDU, laporan usaha, serta laporan keuangan.

Demikianlah ulasan mengenai syarat pengajuan KPR Bank Muamalat bagi pemula individu dan karyawan Layanan KPR dari Bank Muamalat ini pastinya dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi berbagai keperluan keluarga, khususnya untuk masalah biaya properti.

Tonton Video di bawah.

Sistem pembiayaannya juga tanpa riba, karena menggunakan prinsip syariah, sehingga dijamin lebih aman. Selain itu, angsuran yang dibayar tiap bulan juga sangat terjangkau serta dengan proses pembayaran yang mudah. Anda bisa datang langsung ke kantor cabang terdekat untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya.

Tabel Angsuran Pinjaman Bank Muamalat Lengkap Dengan Bunga Per Bulan

Sebagai salah satu bank yang menawarkan layanan pinjaman kepada para nasabahnya, Bank Muamalat juga memberikan kemudahan dalam pembiayaan angsurannya. Angsuran ini dapat dilakukan setiap bulannya, dalam jangka waktu yang telah disepakati. Baca Syarat Pinjam Uang di Panin Bank

Advertisements

Besar angsuran juga berbeda, tergantung pada jumlah dana yang dipinjam. Berikut merupakan penjelasan mengenai tabel angsuran pinjaman Bank Muamalat lengkap dengan bunga per bulan yang terbaru saat ini.

Di Bank Muamalat sendiri, juga memberikan beberapa jenis layanan pinjaman, seperti kredit pemilik rumah (KPR) yang diperuntukkan untuk pembiayaan properti, muamalat multiguna yang bertujuan untuk melengkapi pembiayaan pendidikan, pernikahan, kepemilikan kendaraan bermotor, renovasi maupun perlengkapan rumah.

Serta layanan muamalat pensiun yang khusus menangani masalah pembiayaan kemudian hari seperti biaya umroh, pernikahan anak, pendidikan anak, renovasi rumah, dan pembelian kendaraan bermotor. Agar dapat memilih pinjaman yang tepat, ada baiknya Anda memahami tabel angsuran pinjaman Bank Muamalat lengkap dengan bunga per bulan.

Sistem Pinjaman Bank Muamalat

Dengan menerapkan sistem syariah dan tanpa riba, Bank Muamalat juga menawarkan suku bunga yang kecil, yaitu hanya 5%. Anda bisa mengajukan pinjaman dana hingga 2 miliyar dalam kurun waktu kredit yang dibagi menjadi 3 periode, yaitu kredit 5 tahun, 10 tahun, dan 15 tahun.

Besarnya dana yang dapat diajukan memiliki rentang sebesar 25 juta rupiah. Semakin cepat waktu angsuran yang Anda pilih, maka semakin besar juga jumlah cicilan yang harus dibayar setiap bulannya.

Besarnya suku bunga yang ditawarkan tersebut bersifat tidak tetap. Artinya, bisa saja terjadi kenaikan atau penurunan bunga sewaktu-waktu, karena Bank Mualamat mengacu pada suku bunga yang digunakan oleh Bank Indonesia. Tentunya, jika terjadi perubahan, maka tabel angsuran tiap bulan juga ikut berpengaruh dan harus menyesuaikan dengan suku bunga yang sedang berlaku.

Tabel angsuran tersebut dapat digunakan sebagai acuan untuk jumlah cicilan yang akan Anda bayar. Anda dapat melakukan perhitungan sederhana dengan menggunakan layanan kalkulator KPR, yang bisa diakses lewat website resmi Bank Muamalat. Baca Syarat Pengajuan Pinjaman Bank DKI

Perhitungan ini dijadikan sebagai referensi dan/atau simulasi untuk mengetahui besarnya angsuran. Dengan mengetahui jumlah cicilan lebih awal, Anda bisa memperkirakan berapa jumlah dana yang seharusnya dipinjam, sesuai jangka waktu yang disepakati untuk melunasi biaya itu agar tidak terjadi kesulitan pembiayaan di kemudian hari. Perkiraan ini juga sangat penting, agar kemampuan finansial Anda tetap berjalan normal meskipun harus melakukan cicilan tersebut.

Jika sudah memahami tabel angsuran pinjaman Bank Muamalat lengkap dengan bunga per bulan, dan mampu menghitung asumsi cicilan per bulannya, kini Anda sudah bisa menentukan layanan pinjaman apa yang tepat untuk keperluan. Pilihlah layanan yang tepat, serta jumlah dana dan waktu pelunasan dengan bijak. Segera konsultasikan hal ini dengan pihak Bank Mualamat di kota Anda.

Advertisements
error: