Syarat Meminjam Uang di Bank BRI

Ada beberapa jenis pinjaman di Bank BRI, baik pinjaman konsumtif dan produktif.

Jika anda meminjam uang untuk keperluan konsumtif, anda dapat meminjam melalui produk BRIGuna yang diluncurkan BRI yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan anda

Persyaratan untuk menjadi debitur pada produk BRIGuna, antara lain: berusia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun saat pelunasan, berpenghasilan minimum 3 juta rupiah per bulan, memiliki kartu kredit minimal telah berjalan selama satu tahun dan memiliki limit lima juta rupiah pada kartu kredit.

Advertisements

Dokumen yang mesti disiapkan, yaitu: KTP, KK, NPWP, dokumen dari perusahaan (misal: SK pengangkatan dan SK terakhir, serta slip gaji) atau dokumen pensiun (SK pensiun, Dapem, KARIP, serta buku pensiun), fotokopi buku tabungan BRITama, pas foto suami/istri (bagi yang sudah menikah), formulir permohonan pengajuan pinjaman, serta formulir auto-debet rekening.

Jika anda seorang pengusaha yang sedang memerlukan uang untuk mengembangkan usaha produk KUR dari Bank BRI bisa menjadi alternatif pilihan. Produk KUR BRI tidak memungut biaya provisi dan administrasi saat pengajuan kredit. Bunga yang ditawarkan pun kompetitif, yakni 7% per tahun atau setara dengan 0,41% flat per bulan.

Tahapan Meminjam Uang di BRI

KUR BRI sendiri terdiri dari KUR Mikro, Ritel dan TKI. Adapun syarat pengajuan KUR Mikro dan Ritel Bank BRI, sebagai berikut:

Baca Pinjaman Ke Berbagai Bank dengan Jaminan Sertifikat Tanah

  1. Individu (perseorangan) yang aktif melakukan usaha produktif dan layak minimal enam bulan.
  2. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB dan Kartu Kredit.
  3. Melampirkan KTP dan KK.
  4. Melampirkan surat izin usaha untuk mengajukan KUR Mikro Bank BRI. Sedangkan untuk pengajuan KUR Ritel Bank BRI melampirkan surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat izin usaha lainnya yang dapat dipersamakan.

Sedangkan persyaratan pengajuan KUR TKI, yakni:

  1. Individu calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan.
  2. Dokumen yang perlu disiapkan, antara lain: KTP dan KK, perjanjian kerja dengan pengguna jasa, perjanjian penempatan, paspor, visa dan persyaratan lain sesuai ketentuan.

Tentang Kredit Konsumtif di BRI

Kredit konsumtif Bank BRI terdiri dari 4 jenis yakni :

Baca Bisakah Gadai Sertifikat Rumah Tanpa Survey

Advertisements
  1. BRIGuna Karya diberikan kepada calon debitur/debitur (peminjam) dengan sumber pembayaran (repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap atau fixed income (gaji). Pinjaman 12-24 bulan bunga yang ditetapkan 13% per tahun, sedangkan di atas 24 hingga 60 bulan bunga yang berlaku mulai 13,5 per tahun. Kelebihan yang ditawarkan BRIGuna Karya, antara lain: jika anda dimutasi ke daerah lain, anda tidak diwajibkan untuk segera melunasi pinjaman. Selain itu, bunga angsuran tetap sampai jatuh tempo.
  2. BRIGuna Purna diberikan kepada calon debitur/debitur dengan sumber pembayaran berasal dari uang pensiun. Kelebihan lain yang diperoleh debitur yakni adanya asuransi jiwa dan pertanggungan cicilan oleh pihak asuransi jika debitur meniggal dunia.
  3. BRIGuna Umum diberikan kepada calon debitur/debitur dengan sumber pembayaran (repayment) berasal dari gaji dengan tenor sejak pegawai aktif sampai dengan masa pensiun. Perlu digarisbawahi debitur harus dapat melunasi tanggungannya saat usia debitur maksimal 75 tahun. Bunga pada BRIGuna Umum berkisar antara 7,2% sampai 10%.
  4. BRIGuna Pendidikan adalah BRIGuna khusus untuk mahasiswa S2 dan S3 yang sudah memiliki upah atau penghasilan tetap. Adapun maksimum plafond sebesar 250 juta rupiah. Tenor maksimal pada S2 selama enam tahun, sementara S3 selama 10 tahun. BRIGuna Pendidikan juga memastikan pelunasan angsuran saat debitur meninggal dunia dijamin oleh pihak asuransi. Pihak suransi juga memberikan klaim sebesar 500 juta rupiah kepada keluarga debitur.

Tentang Kredit Produktif di Bank BRI

            Kredit Usaha Rakyat di Bank BRI terdiri dari 3 jenis yakni KUR Mikro, Ritel, dan TKI. Berikut perbedaannya :

Baca Prosedur Pinjaman Bank DKI untuk PJLP

  1. KUR Mikro Bank BRI memberikan plafondd. Rp 25 juta per debitur. Jenis kredit yang ditawarkan berupa Kredit Modal Kerja (KMK) dengan jangka waktu (tenor) maksimal tiga tahun, sedangkan Kredit Investasi (KI) memiliki tenor maksimal lima tahun.
  2. KUR Ritel Bank BRI memberikan plafond > Rp 25 juta s.d. Rp 500 juta per debitur. KMK yang diberikan memiliki tenor maksimal empat tahun, sementara KI diberikan tenor selama lima tahun. Untuk meminjam uang dari KUR Ritel Bank Mandiri memerlukan agunan sesuai dengan ketentuan bank.
  3. KUR TKI Bank BRI diberikan untuk membiayai keberangkatan calon TKI ke negara penempatan (Singapura, Hongkong, Taiwan, Brunei Darussalam, Jepang, Korea Selatan dan Malaysia) dengan plafondd. Rp 25 juta atau sesuai cost structure yang ditetapkan pemerintah. Tenor maksimal tiga tahun atau sesuai kontrak kerja.
error: