Syarat Gadai Bpkb Motor di Pegadaian 3-7 Hari Bisa cair

Syarat Gadai Bpkb Motor di Pegadaian 3-7 Hari Bisa cair

Gadai BPKB di Pegadaian adalah salah satu layanan gadai yang disediakan oleh PT Pegadaian (Persero) kepada masyarakat.

Gadai BPKB adalah cara untuk mendapatkan pinjaman dengan jaminan kendaraan bermotor yang dimiliki. Prosesnya relatif cepat dan mudah, karena BPKB kendaraan dijadikan jaminan untuk pinjaman yang diberikan.

Untuk mengajukan gadai BPKB di Pegadaian, Anda perlu membawa dokumen-dokumen seperti BPKB kendaraan, STNK, KTP, dan dokumen lain yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

Setelah mengajukan permohonan, Pegadaian akan mengevaluasi kendaraan dan menentukan besarnya pinjaman yang dapat diberikan.

Jika Anda setuju dengan persyaratan pinjaman, Anda dapat menandatangani perjanjian dan menerima pinjaman yang diberikan oleh Pegadaian.

Baca juga: Simulasi Pelunasan Pegadaian Sebelum Jatuh Tempo Update

Syarat gadai bpkb motor di pegadaian

Berikut adalah beberapa persyaratan umum untuk mengajukan gadai BPKB motor di Pegadaian:

  1. BPKB Motor asli dan fotokopi
  2. STNK asli dan fotokopi
  3. KTP pemilik kendaraan asli dan fotokopi
  4. Minimal usia 21 tahun dan memiliki pekerjaan tetap atau usaha yang stabil
  5. Motor yang digadaikan harus dalam kondisi baik dan memiliki nilai yang cukup untuk dijadikan jaminan pinjaman
  6. Tidak sedang digunakan sebagai jaminan di tempat lain

Persyaratan ini dapat berbeda-beda tergantung pada kebijakan Pegadaian di masing-masing daerah.

Baca juga: Simulasi Kredit Emas Pegadaian, Angsuran, Bunga Update

Bisakah gadai bpkb motor di pegadaian tanpa usaha

Mengajukan gadai BPKB motor di Pegadaian, biasanya dibutuhkan persyaratan memiliki pekerjaan tetap atau usaha yang stabil sebagai jaminan.

Beberapa Pegadaian mungkin juga menyediakan layanan gadai BPKB motor tanpa syarat usaha, tergantung pada kebijakan masing-masing cabang.

Perlu diingat bahwa pengajuan gadai BPKB motor tanpa syarat usaha mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi bagi pihak Pegadaian.

Kemungkinan persyaratan dan syarat pinjaman lainnya yang harus dipenuhi, seperti jaminan tambahan atau persyaratan pembayaran yang lebih ketat.

Baca juga: Cara Gadai Emas di Pegadaian Tanpa Surat, Bisakah??

Gadai bpkb motor di pegadaian apakah motor ditahan

Ketika Anda mengajukan gadai BPKB motor di Pegadaian, motor yang dijadikan jaminan tidak ditahan oleh Pegadaian.

Tapi hanya berupa BPKB asli dari kendaran tersebut beserta dokumen pendukung lainnya.

Setelah Anda melunasi pinjaman dan membayar semua bunga dan biaya yang diperlukan, maka Pegadaian akan mengembalikan BPKB yang dijadikan jaminan.

Sebelum itu, sebaiknya pastikan bahwa Anda membayar pinjaman sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Baca juga: Cara Ikut Arisan Emas Pegadaian Untuk Investasi Jangka Panjang

Estimasi cicilan gadai motor pegadaian

Cicilan gadai motor di Pegadaian akan ditentukan berdasarkan besarnya pinjaman dan jangka waktu pinjaman yang dipilih oleh pihak peminjam.

Besarnya pinjaman yang dapat diberikan oleh Pegadaian berkisar antara 30% hingga 80% dari nilai jaminan BPKB kendaraan, dengan jangka waktu pinjaman yang dapat dipilih antara 1 hingga 36 bulan.

Besarnya cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya akan tergantung pada besarnya pinjaman, jangka waktu pinjaman, dan tingkat bunga yang berlaku pada saat pengajuan pinjaman.

Selain itu, pihak Pegadaian juga akan menetapkan biaya administrasi dan biaya lainnya yang harus dibayarkan oleh pihak peminjam.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cicilan gadai motor di Pegadaian, Anda dapat mengunjungi cabang Pegadaian terdekat atau mengakses situs web resmi Pegadaian.

Baca juga: Bunga Pegadaian Syariah Kisaran Berapa Ya Update

Apabila telat membayar angsuran

Jika Anda telat membayar angsuran pada pinjaman gadai motor di Pegadaian, maka akan dikenakan denda keterlambatan sebesar 1% per bulan dari jumlah angsuran yang belum dibayar.

Selain itu, bunga pinjaman yang berlaku juga tetap berjalan dan akan terus bertambah sesuai dengan jangka waktu pinjaman yang telah disepakati.

Jika keterlambatan pembayaran terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka Pegadaian berhak untuk menjual kendaraan yang dijadikan jaminan melalui lelang untuk melunasi hutang Anda.

Gadai bpkb motor di pegadaian dapat berapa

Besarnya pinjaman yang dapat diberikan oleh Pegadaian melalui gadai BPKB motor dapat bervariasi, tergantung pada nilai jaminan BPKB kendaraan Anda dan kebijakan internal Pegadaian.

Secara umum, besarnya pinjaman yang dapat diberikan oleh Pegadaian berkisar antara 30% hingga 80% dari nilai jaminan BPKB kendaraan.

Sebagai contoh, jika nilai jaminan BPKB kendaraan Anda sebesar Rp 20 juta, maka Pinjaman yang dapat diberikan oleh Pegadaian berkisar antara Rp 6 juta hingga Rp 16 juta.

Besarnya pinjaman yang dapat diberikan oleh Pegadaian dapat berbeda-beda tergantung pada kondisi kendaraan Anda, tahun kendaraan, merek dan model kendaraan, serta permintaan pasar untuk jenis kendaraan yang dijadikan jaminan.

Baca juga: Cara Aktivasi Pegadaian Mobile Waktu Instal Pertama Kali

Apakah gadai bpkb motor tanpa survey

Pegadaian akan melakukan survei pada kendaraan yang akan dijadikan jaminan gadai BPKB motor untuk menilai nilai kendaraan dan menentukan besarnya pinjaman yang dapat diberikan.

Survei kendaraan dilakukan untuk memastikan kondisi kendaraan dan menentukan nilai jaminan yang akurat.

Oleh karena itu, tidak mungkin melakukan gadai BPKB motor tanpa survei terlebih dahulu.

Survei kendaraan dilakukan secara profesional oleh pihak Pegadaian atau pihak yang ditunjuk oleh Pegadaian untuk memastikan nilai kendaraan yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Survei ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa kendaraan yang digadai adalah kendaraan yang legal dan sah, serta tidak terlibat dalam tindak kejahatan seperti pencurian atau penipuan.

Baca juga: Harga Pulsa di Pegadaian Lebih Murah atau Mahal Ya?

Tarif angsuran bulanan gadai BPKB motor di Pegadaian

Tarif angsuran bulanan gadai BPKB motor di Pegadaian akan bervariasi tergantung pada besarnya pinjaman, jangka waktu pinjaman, dan suku bunga yang berlaku pada produk gadai BPKB motor.

Sebagai gambaran umum, suku bunga Pinjaman BPKB motor di Pegadaian biasanya berkisar antara 1,89% hingga 2,25% per bulan, tergantung pada produk dan ketentuan yang berlaku.

Sebagai contoh, jika Anda meminjam uang sebesar Rp 10 juta dengan suku bunga 2% per bulan dan jangka waktu pinjaman selama 12 bulan, maka Anda akan membayar angsuran bulanan sebesar Rp 927.500 per bulan.

Angsuran bulanan ini sudah termasuk biaya bunga dan denda keterlambatan pembayaran.

Baca juga: Tahapan Cara Beli Emas Di Pegadaian Batangan Maupun Per Gram

Cara gadai BPKB motor lewat apliasi Pegadaian Digital

Berikut ini adalah cara untuk melakukan gadai BPKB motor melalui aplikasi Pegadaian Digital:

  1. Unduh aplikasi Pegadaian Digital di Google Play Store atau App Store.
  2. Buka aplikasi Pegadaian Digital dan pilih menu “Gadai”.
  3. Pilih jenis produk gadai BPKB motor yang ingin Anda ajukan, lalu masukkan informasi kendaraan seperti merek, tipe, dan tahun kendaraan.
  4. Isi data diri Anda, nomor telepon, dan alamat email yang valid.
  5. Masukkan nominal pinjaman yang Anda inginkan, lalu pilih jangka waktu pinjaman yang sesuai dengan kemampuan Anda.
  6. Unggah dokumen yang diperlukan seperti BPKB, STNK, dan KTP.
  7. Setelah semua data terisi dan dokumen terunggah dengan benar, klik “Ajukan”.
  8. Tunggu proses verifikasi data dan pengajuan pinjaman yang akan dilakukan oleh pihak Pegadaian.
  9. Setelah pengajuan disetujui, Anda dapat mengambil uang pinjaman dengan cara datang langsung ke kantor Pegadaian atau memilih untuk mendapatkan uang melalui transfer bank.

Dalam melakukan pengajuan gadai BPKB motor melalui aplikasi Pegadaian Digital, pastikan untuk mengisi semua data dengan benar dan melampirkan dokumen yang diperlukan dengan lengkap dan valid.

Baca juga: Cek Tagihan Pegadaian Via HP Secara Mudah (Pengalaman)

Cara gadai BPKB motor di outlet Pegadaian

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggadai BPKB motor di outlet Pegadaian:

  1. Pastikan Anda membawa dokumen kendaraan seperti BPKB, STNK, dan KTP asli dan fotokopi.
  2. Datang ke outlet Pegadaian terdekat yang melayani gadai BPKB motor.
  3. Serahkan dokumen kendaraan dan berikan informasi tentang kendaraan seperti merek, tipe, tahun, dan kondisi kendaraan.
  4. Pihak Pegadaian akan mengecek dokumen dan kondisi kendaraan Anda dan memberikan penawaran pinjaman berdasarkan nilai kendaraan yang dijadikan jaminan.
  5. Jika Anda setuju dengan penawaran tersebut, tandatangani perjanjian gadai dan terima uang pinjaman Anda.
  6. Anda harus membayar angsuran pinjaman sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.
  7. Jika Anda telah melunasi pinjaman, Anda dapat mengambil kembali dokumen kendaraan yang telah dijaminkan.

Baca juga: Nominal Top Up Grab di Pegadaian Update

Jangan lupa untuk membaca dengan teliti perjanjian gadai dan tarif yang berlaku sebelum menandatanganinya. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kebingungan, jangan ragu untuk bertanya pada petugas Pegadaian.

Share

Leave a Comment

Scroll to Top