STNK Bisa Di Gadaikan Gak Sih Di Bank Maupun Pegadaian

Gadai Stnk motor Mobil – Kebutuhan akan dana yang tidak diduga-duga memang tidak dapat dihindari oleh siapapun dengan alasan apapun. Ada banyak orang yang kemudian terpaksa harus menggadaikan asetnya untuk mencukupi kebutuhan dana tersebut.

Saat akan menggadai, tentunya bank dan pegadaian adalah tempat paling terpercaya untuk menggadai aset. Bank dan pegadaian yang merupakan lembaga keuangan miliki negara lebih stabil, aman, dan memiliki peraturan yang jelas dalam memproses pengajuan pinjaman anda.

Karena itulah banyak orang kemudian memutuskan untuk memproses pinjaman dana ke bank dan pegadaian dan mendatanginya dengan aset yang akan digadai.

Advertisements

Beberapa di antara anda mungkin bertanya-tanya apa aset yang dimiliki yang dapat digadaikan? Ada beberapa aset yang diterima bank dan pegadaian sebagai jaminan gadai. Bisa berupa emas, sertifikat tanah dan bangunan, atau BKPB kendaraan bermotor.

Lalu bagaimana dengan STNK? Apakah STNK bisa digadaikan di bank maupun pegadaian? Penjelasan mengenai hal tersebut akan disampaikan pada bagian di bawah ini. Simak secara lengkap mengenai kemungkinan menggadaikan STNK di bank maupun pegadaian, atau kemungkinan alternatif untuk mendapatkan pinjaman dana.

Kemungkinan dan Cara Gadai STNK dapat Diterima

Secara umum diketahui bank tidak menerima STNK untuk digadaikan sebagai jaminan pinjaman uang. Akan tetapi, anda mungkin mengajukannya ke pegadaian. Memang pegadaian pun tidak secara mudah menerima menggadaikan STNK ini untuk mendapatkan uang. Baca Simulasi Pelunasan Pegadaian Sebelum Jatuh Tempo

Padahal pegadaian tergolong mudah meminjamkan uang untuk jaminan lain selain STNK. Pasalnya STNK bukanlah tanda kepemilikan barang, hanya informasi mengenai atas nama kendaraan dan jenis kendaraan.

Oleh karena itu, walau dapat mengajukan pinjaman gadai STNK di pegadaian akan cukup repot yang perlu anda siapkan. Berikut ini informasi lengkap terkait kemungkinan dan cara gadai STNK dapat diterima.

  • Menyiapkan Fotokopi STNK

Persiapan sebelum anda menggadaikan STNK anda, tentu anda harus memiliki fotokopi dari STNK ini. Seperti diketahui, STNK yang akan digadaikan akan ditahan di pihak pemberi pinjaman hingga pinjaman luna.

Jika anda tidak memiliki STNK tentu akan repot untuk anda membawa kendaraan tersebut berpergian. Jadi pastikan sebelum melakukan pengajuan penggadaian, fotokopi terlebih dahulu STNK anda. Hal ini dilakukan untuk tetap dapat menggunakan fungsi STNK dengan fotokopinya.

Advertisements
  • Menyiapkan Fotokopi KTP

Tidak hanya STNK asli dan fotokopi yang perlu anda siapkan, KTP pun juga diperlukan. KTP dalam pengajuan pinjaman berfungsi sebagai bukti diri yang harus dilengkapi. Anda tidak akan diminta meninggalkan KTP, akan tetapi anda akan meninggalkan bukti fotokopi KTP. Baca Apakah Pegadaian BPKB Motor Tanpa Survey Ke Lokasi?

Selain membawa fotokopi KTP sebagai berkas pengajuan, anda tetap harus membawa KTP yang asli juga. Hal ini dilakukan untuk memroses dan memverifikasi pengajuan dengan sah menggunakan dokumen asli.

  • Membuat Perjanjian Antara Kreditur dan Pegadaian

Selanjutnya yang menjadi pembeda dengan pengajuan gadai lain, pengajuan gadai STNK membutuhkan suatu perjanjian antara kreditur dan pegadaian.

Perjanjian ini berbentuk surat yang bertujuan untuk meminimalisir kesalahpahaman antara kreditur dan pegadaian sebagai pemberi kredit di masa depan. Anda akan melakukan perjanjian di atas materai dan tanda tangan asli, juga disertasi saksi.

Poin-poin dalam surat perjanjian juga menyebutkan bahwa motor memang digadaikan menggunakan STNK dan kondisi motor yang digadaikan jelas tertuang.

  • Mengajukan Pinjaman

Terakhir, pinjaman dengan menggunakan STNK ini seluruh syarat dan ketentuannya anda harus bawa saat mengajukan pinjaman. Pinjaman dapat dilakukan di pegadaian yang menerima dan mempertimbangkan pinjaman gadai dengan STNK.

Jika pinjaman disetujui, maka pegadaian akan memproses pinjaman yang anda butuhkan. Uang yang anda butuhkan pun dapat segera anda gunakan untuk kebutuhan anda. Namun, anda perlu mengetahui dahulu mana pegadaian yang menerima jenis gadai STNK ini. Pasalnya kebanyakan tidak ada yang menerimanya, seperti bank.

Berikut tadi penjelasan lengkap mengenai kemungkinan anda dapat mengajukan STNK sebagai gadai di pegadaian, tetapi tidak dengan bank. Jadi cobalah lakukan beberapa panduan di atas untuk memungkinkan pengajuan pinjaman dengan gadai STNK anda dapat diterima. Baca Ini Lho Tabel Kisaran Harga Gadai BPKB Motor Di Pegadaian

Jika anda memenuhi seluruh ketentuan dari pihak pemberi kredit, tentunya semakin mudah juga pengajuan anda diterima. Atau anda dapat memilih menggunakan jaminan lain untuk alternatif pinjaman menggunakan STNK ini. Semoga anda dapat segera mendapatkan bantuan dana sesuai kebutuhan anda!

Advertisements
error: