Sistem Pencairan KUR Bank Mandiri Pertama Kali Pengajuan

KUR Bank Mandiri merupakan kredit dari Mandiri untuk usaha rakyat yang layak namun belum bankable. Bagaimanakah sistem pencairan KUR Bank Mandiri? Pencairan KUR Bank Mandiri bisa dilakukan secara tunai atau transfer ke rekening nasabah.

Jumlah pinjaman yang dicairkan sudah dikurangi dengan biaya administrasi maupun provisi. Sebelum KUR Bank Mandiri dicairkan, akan dilakukan penandatangan akad kredit oleh nasabah dan pihak Bank Mandiri.

Tentang KUR Mandiri

KUR Mandiri dapat menjadi kredit pilihan untuk mengembangkan usaha atau bahkan untuk pembiayaan akomodasi pemberangkatan TKI. Sebab, ada beberapa jenis KUR Mandiri yang memenuhi berbagai jenis kebutuhan, termasuk kebutuhan akomodasi pemberangkatan TKI.

Advertisements

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis KUR Mandiri : Baca Begini Tahapan Pengajuan KUR Mandiri Sampai Terima Duit

  1. KUR Mikro

KUR Mikro memiliki plafon mencapai Rp 25 juta, masa pengembalian maksimalnya adalah 2 tahun.

  1. KUR Ritel

KUR Ritel memiliki plafon diatas Rp 25 juta hingga Rp 200 juta. Jangka waktu pengembalian maksimalnya adalah 3 tahun (untuk kredit moda kerja) serta 5 tahun (untuk kredit investasi).

  1. KUR Penempatan TKI

KUR ini diperuntukkan bagi TKI yang hendak berangkat ke negara tujuan. Maksimal plafonnya adalah Rp 25 juta. Jangka waktu pengembaliannya maksimal adalah 12 bulan, atau menyesuaikan dengan masa kontrak kerja.

  1. KUR Khusus

Dibandingkan jenis KUR Mandiri lain, KUR Khusus memiliki limit kredit paling tinggi, yakni diatas Rp 25 juta hingga Rp 500 juta. Bedanya dengan KUR yang lain adalah KUR ini diperuntukkan bagi kelompok usaha di bidang perkebunan, peternakan atau perikanan rakyat.

Bunga yang dikenakan pada KUR Mandiri adalah bunga efektif 7% per tahun. Nilai tersebut tentu tergolong rendah, mengingat sulitnya menemui kredit dengan bunga di bawah 10%. Perlu diketahui bahwa KUR Mandiri ini membutuhkan agunan dalam pengajuannya. Tidak ada persyaratan khusus tentang agunan bagi KUR Mikro serta KUR Penempatan TKI.

Sementara untuk KUR Ritel syaratnya adalah tanah, bangunan maupun kendaraan bermotor yang kepemilikannya dibuktikan dengan dokumen agunan. Nilai agunan untuk KUR Mandiri ini nilainya minimal adalah 70% dari nominal pinjaman yang diajukan.

Advertisements

Syarat Pengajuan KUR Mikro serta KUR Ritel

            Berikut adalah syarat pengajuan KUR Mikro dan KUR Ritel : Baca Syarat Pinjaman Dana Dengan Jaminan Sertifikat Rumah Di Bank Mandiri Syariah

  1. Pemohon minimal berumur 21 tahun atau telah menikah (yang dibuktikan dengan KTP, KK atau surat nikah)
  2. Pemohon maksimal berumur 60 tahun ketika kredit lunas
  3. Pemohon memiliki usaha layak dan produktif yang sudah berjalan selama minimal 6 bulan
  4. Pemohon KUR dibolehkan sedang menerima kredit dari penyalur yang sama, atau jenis kredit pemilikan rumah, kendaraan bermotor ataupun resi gudang. Syaratnya, seluruh kredit tersebut kolektibilitasnya harus lancar.
  5. Pemohon tidak masuk di daftar hitam Bank Indonesia

Syarat Pengajuan KUR Penempatan TKI

Berikut adalah syarat pengajuan KUR Penempatan TKI

  1. Pemohon yang merupakan calon TKI berumur minimal 21 tahun, usia 18 tahun dimungkinkan, namun harus menyertakan surat ijin untuk bekerja di luar negeri dari suami, istri, orangtua atau wali
  2. Pemohon tidak termasuk dalam daftar hitam Bank Indonesia
  3. Jika sedang menerima pembiayaan, maka kolektibilitas kredit pemohon harus lancar
  4. Pemohon mempunyai perjanjian kontrak kerja TKI minimal selama 2 tahun

Itulah syarat pengajuan KUR Mandiri. Dokumen yang perlu disiapkan untuk pengajuan KUR Mandiri antara lain KTP, KK, akta nikah, surat ijin usaha, dan dokumen agunan.

Proses pengajuan KUR Mandiri hingga cair

Berikut adalah proses pengajuan KUR Mandiri hingga pencairan dana :

Baca dulu Ini Syarat Pinjaman Dengan Jaminan Sertifikat Rumah di Bank Mandiri

  1. Tentukan jenis KUR Mandiri yang hendak dipinjam
  2. Siapkan persyaratan yang diperlukan dalam KUR Mandiri
  3. Datangi kantor cabang Bank Mandiri di daerah anda, ajukan KUR Mandiri
  4. Petugas akan menjelaskan skema kredit yang anda ajukan. Kemudian anda diharuskan mengisi formulir pembiayaan, selain itu petugas akan meminta persyaratan dokumen
  5. Anda kemudian diminta untuk menunggu persetujuan dari Bank Mandiri. Proses ini bisa berlangsung sampai beberapa hari.
  6. Jika disetujui, akan dilakukan penandatanganan akad kredit, selain itu anda akan diminta menyerahkan barang agunan.
  7. Pencairan dana pun bisa dilakukan.
Advertisements
error: