Home Siapakah Yang Menentukan Lolos Tidaknya Pinjaman KUR BRI

Siapakah Yang Menentukan Lolos Tidaknya Pinjaman KUR BRI

7 min read
0
Siapakah Yang Menentukan Lolos Tidaknya Pinjaman KUR BRI

Pinjaman KUR BRI – Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah program yang dicanangkan pemerintah untuk membantu para pemilik usaha mendapatkan bantuan modal penguatan usaha. Usaha ada sangat banyak jenisnya dalam masyarakat, akan tetapi untuk yang layak mendapatkan KUR adalah Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK).

Artinya usaha jenis UMKMK ini berhak mendapatkan pinjaman insvestasi dari pemerintah dan diatur dalam suatu kebijakan ekonomi. Informasi mengenai kemungkinan usaha anda mendapatkan bantuan KUR tentu membuat anda penasaran ingin tahu bagaimana caranya.

Namun kebanyakan dari anda mungkin belum tahu jelas mengenai keseluruhan informasi KUR ini. Termasuk mengenai bank yang menyediakan program KUR dan bagaimana agar pengajuan dapat lolos.

Advertisements

Pertama-tama perlu diketahui bahwa pengajuan program KUR dapat dilakukan di bank-bank yang bekerja sama dengan pemerinta (persero). Salah satu bank tersebut adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Sebagai salah satu bank yang tersebar hingga ke seluruh pelosok Indonesia, BRI memang sangat efektif membantu penyaluran program KUR dari pemerintah ini. BRI sendiri menamakan programnya menjadi KUR BRI dan siapapun anda yang memiliki UMKMK dapat mengajukan permohonan bantuan modalnya. Baca Syarat Pengajuan Pinjaman Bank DKI Jaminan Sertifikat

Syarat Pinjaman KUR BRI Bagi Individu

Jika anda tertarik untuk melakukan pengajuan, sebaiknya anda sudah menyiapkan berkas-berkas berikut ini dahulu.

  • Bukti identitas diri pemohon, lampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang jelas dan untuk membantu proses verifikasi bawalah juga KTP asli anda.
  • Bukti kekeluargaan, lampirkan fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • Bukti anda memiliki usaha yang aktif dan menghasilkan keuntungan. Jika anda memiliki usaha seperti koperasi, maka bukti ini biasanya berupa SIUP. Sedangkan untuk anda yang hanya memiliki usaha tanpa SIUP, maka bukti dapat berupa surat keterangan dari kelurahan.
  • Jenis KUR Mikro membutuhkan agunan (jaminan). Anda dapat melampirkan slip gaji jika anda bekerja selain berusaha, atau bisa juga berupa BPKB.
  • Jenis KUR lain untuk TKI membutuhkan bukti paspor, visa, surat keterangan penempatan kerja, dan berbagai syarat pelengkap lainnya.

Seluruh berkas yang disebutkan di atas akan menentukan apakah pengajuan KUR BRI anda lolos atau tidak. Lolos atau tidaknya pengajuan KUR BRI anda ini memang harus melalui suatu prosedur dahulu. Seperti yang sudah disebutkan ada sejumlah berkas tadi yang harus anda siapkan.

Advertisements

Setelah itu ke mana berkas-berkas ini harus anda bawa? Apakah bagian tersebut yang menjadi penentu lolos tidaknya pinjaman KUR BRI anda? Jika anda ingin mengetahui informasi lebih lanjutnya, cobalah simak penjelasan lengkapnya berikut ini. Baca Ketahui Tahapan Proses Pencairan Kredit BNI Fleksi

Siapakah yang Menentukan Lolos Tidaknya Pinjaman KUR BRI?

Berkas-berkas yang sudah anda persiapkan akan di bawah ke suatu bagian di BRI. Bagian ini adalah bagian yang akan melakukan verifikasi, evaluasi, dan analisa mengenai apakah pemohon layak mendapatkan bantuan KUR BRI? Tahukah anda apa bagian tersebut?

Bagian dikenal dengan nama BRI UMKMK atau bagian di bank BRI yang bertugas melayani seluruh permohonan KUR untuk UMKMK. Hasil analisa bahkan tidak cukup, biasanya bagian ini juga akan melakukan survey UMKMK secara langsung. Setelah diputuskan bahwa UMKMK yang melakukan permohonan KUR layak menerima bantuan, maka perjanjian pinjaman akan ditandatangani.

Setelah perjanjian ditandatangani, maka pemohon wajib membayar cicilan pinjaman hingga lunas. Tenang saja karena bunga dari pinjaman KUR ini sangat rendah. Bunga per bulan dari pinjaman KUR rata-rata untuk setiap jenis KUR yang berbeda adalah 0,41% per bulan atau 9% per tahun.

Bunga yang sangat terjangkau dan tidak ada biaya tambahan lainnya yang mengkhawatirkan. Jadi pastikan untuk mencoba mengajukan KUR jika memang anda merasa membutuhkan suntikan modal untuk usaha yang anda miliki.

Seluruh penjelasan di atas sudah mengemukakan bahwa siapakah yang menentukan lolos tidaknya pinjaman KUR BRI adalah bagian dalam bank itu sendiri. Tidak perlu anda khawatir tidak lolos, jika semua syarat terpenuhi dan usaha anda memang aktif dan menghasilkan keuntungan. Baca Persyaratan Pinjaman Bank BNI Syariah untuk Modal Usaha 10- 50 Juta

Segera lakukan permohonan pinjaman KUR BRI sekarang juga, dan berikan modal tambahan untuk usaha anda menjadi lebih kuat dan lebih banyak menghasilkan keuntungan. Semoga usaha anda kembali berjalan lancar dan lebih hebat lagi dari kondisi sebelumnya dengan bantuan dari pemerintah melalui program KUR BRI ini!

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In 

Tinggalkan Balasan