Segini Biaya Keterlambatan kredivo Hari dan Perbuan

Kredivo adalah sebuah platform fintech yang menyediakan layanan kredit instan tanpa jaminan untuk berbagai keperluan seperti belanja online, cicilan, dan pinjaman tunai.

Layanan ini didirikan di Indonesia pada tahun 2016 oleh Akshay Garg dan Umang Rustagi dan sejak itu telah berkembang pesat di Indonesia.

Kredivo memanfaatkan teknologi dan data analitik untuk menilai risiko kredit dan memberikan keputusan kredit instan dalam hitungan menit, tanpa perlu jaminan atau dokumen yang rumit.

Kredivo juga memiliki berbagai fitur seperti pembayaran tagihan, transaksi cicilan tanpa kartu kredit, dan kemampuan untuk membeli produk-produk di toko online tertentu dan membayar secara cicilan.

Jenis denda pinjaman kredivo

Kredivo memiliki beberapa jenis denda atau biaya tambahan yang mungkin dikenakan jika terdapat keterlambatan atau kegagalan dalam pembayaran tagihan atau cicilan.

Berikut adalah beberapa denda atau biaya tambahan yang mungkin dikenakan oleh Kredivo:

  1. Denda keterlambatan: Jika pembayaran tagihan atau cicilan dilakukan melebihi jatuh tempo yang telah ditentukan, maka akan dikenakan denda keterlambatan yang biasanya berkisar antara 1-3% per bulan dari jumlah tagihan atau cicilan yang belum dibayar.
  2. Biaya administrasi: Kredivo juga dapat mengenakan biaya administrasi bulanan, yang biasanya sekitar 5-10% dari total tagihan atau cicilan.
  3. Biaya penalti: Kredivo dapat mengenakan biaya penalti jika ada kesalahan dalam pembayaran atau pelanggaran lainnya terhadap syarat dan ketentuan yang telah disepakati.

Namun, denda atau biaya tambahan tersebut akan bervariasi tergantung pada kebijakan Kredivo dan ketentuan yang telah disepakati dalam perjanjian kredit atau cicilan.

Baca juga: Pengalaman Saya Telat Bayar Cicilan Motor fif Bisa Merugikan

Cara menghitung denda kredivo

Denda Kredivo tergantung pada jenis kredit atau cicilan yang Anda miliki. Secara umum, Kredivo mengenakan denda keterlambatan sekitar 1-3% per bulan dari jumlah tagihan atau cicilan yang belum dibayar.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menghitung denda Kredivo:

  1. Cek jumlah tagihan atau cicilan yang belum dibayar.
  2. Cek tanggal jatuh tempo pembayaran.
  3. Hitung jumlah hari keterlambatan dengan mengurangi tanggal pembayaran dari tanggal jatuh tempo.
  4. Hitung denda keterlambatan dengan mengalikan jumlah tagihan atau cicilan yang belum dibayar dengan persentase denda yang ditentukan oleh Kredivo dan kemudian dibagi dengan 12 bulan. Misalnya, jika denda keterlambatan adalah 2% per bulan dan jumlah tagihan yang belum dibayar adalah Rp 1.000.000,-, maka denda keterlambatan per bulan adalah Rp 20.000,- (2% x Rp 1.000.000,-), dan denda keterlambatan per hari adalah sekitar Rp 667,- (Rp 20.000,- : 30 hari).
  5. Hitung total denda keterlambatan dengan mengalikan denda keterlambatan per hari dengan jumlah hari keterlambatan.

Penting untuk dicatat bahwa Kredivo dapat mengenakan biaya tambahan lainnya seperti biaya administrasi atau biaya penalti jika terjadi keterlambatan atau pelanggaran syarat dan ketentuan lainnya.

Baca juga: Jika Pembayaran BPJS Terlambat Segara Lakukan Langkah Ini

Berapa denda kredivo jika telat 3 hari

Secara umum, Kredivo mengenakan denda keterlambatan sekitar 1-3% per bulan dari jumlah tagihan atau cicilan yang belum dibayar.

Namun, sebagai contoh umum, jika denda keterlambatan yang dikenakan oleh Kredivo adalah 2% per bulan dan jumlah tagihan yang belum dibayar adalah Rp 1.000.000,-,

Maka denda keterlambatan per bulan adalah Rp 20.000,- (2% x Rp 1.000.000,-) dan denda keterlambatan per hari adalah sekitar Rp 667,- (Rp 20.000,- : 30 hari).

Jadi, jika Anda telat 3 hari, maka denda keterlambatan yang dikenakan sekitar Rp 2.001,- (Rp 667,- x 3 hari).

Baca juga: Wajib Tau: Biaya Keterlambatan Shopee Paylater VS Shopee Pinjam

Telat bayar kredivo 1 bulan

Sebagai contoh, jika denda keterlambatan yang dikenakan oleh Kredivo adalah 2% per bulan dari jumlah tagihan atau cicilan yang belum dibayar dan jumlah tagihan atau cicilan yang belum dibayar adalah Rp 1.000.000,-,

Maka denda keterlambatan per bulan adalah sebesar Rp 20.000,- (2% x Rp 1.000.000,-) dan biaya administrasi bulanan sekitar 5-10% dari total tagihan atau cicilan.

Jadi, jika Anda telat membayar cicilan Kredivo selama 1 bulan, maka Anda mungkin akan dikenakan denda keterlambatan sebesar Rp 20.000,- dan biaya administrasi bulanan sekitar 5-10% dari total tagihan atau cicilan.

perlu diingat bahwa besarnya denda keterlambatan dapat berbeda-beda tergantung pada jenis kredit atau cicilan Anda dan perjanjian kredit atau cicilan yang telah disepakati dengan Kredivo.

Selain itu, terlambat membayar cicilan juga dapat berdampak pada skor kredit Anda dan dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk mendapatkan kredit di masa depan.

Baca juga: Di Mana Mencari Kredit HP Tanpa DP Online?

Untuk menghindari denda Kredivo, sebaiknya Anda membayar cicilan atau tagihan tepat waktu dan membaca dengan cermat perjanjian kredit atau cicilan yang telah disepakati dengan Kredivo untuk mengetahui ketentuan-ketentuan yang berlaku.

Share

Leave a Comment

Scroll to Top