Rumus Menghitung Pelunasan Dipercepat KSM Mandiri

KSM Mandiri adalah salah satu produk pinjaman tanpa agunan dari Bank Mandiri yang ditujukan untuk pegawai yang memiliki penghasilan tetap atau profesi tetap.

Berbagai keuntungan, seperti suku bunga kompetitif, proses cepat dan mudah, biaya kredit ringan, limit kredit sampai dengan Rp1.5 miliar, jangka waktu sampai dengan 15 tahun, dan tanpa agunan.

Namun, bagaimana jika Anda ingin melakukan pelunasan dipercepat KSM Mandiri sebelum jatuh tempo? Apakah Anda akan dikenakan penalti atau denda?

Berapa besar penalti atau denda yang harus Anda bayar? Apa saja syarat dan prosedur yang harus Anda lakukan? Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Pelunasan Dipercepat KSM Mandiri

Rumus Menghitung Pelunasan Dipercepat KSM Mandiri

Pelunasan dipercepat KSM Mandiri adalah pembayaran seluruh sisa pokok hutang KSM Mandiri sebelum jatuh tempo.

Pelunasan dipercepat KSM Mandiri dapat dilakukan oleh debitur yang memiliki alasan tertentu, seperti mendapatkan dana tambahan dari sumber lain, ingin mengurangi beban bunga, ingin mengganti pinjaman dengan pinjaman lain yang lebih murah, atau ingin mengakhiri hubungan kredit dengan Bank Mandiri.

Pinalti dan Denda Dipercepat KSM Mandiri

Pelunasan dipercepat KSM Mandiri akan dikenakan penalti atau denda oleh Bank Mandiri.

Penalti atau denda ini merupakan kompensasi bagi Bank Mandiri atas kerugian yang timbul akibat debitur tidak melanjutkan pembayaran angsuran sesuai dengan perjanjian awal.

Penalti atau denda ini juga bertujuan untuk menghindari praktik arbitrase bunga oleh debitur yang sering berganti-ganti pinjaman dari bank yang satu ke bank yang lain.

Besar penalti atau denda pelunasan dipercepat KSM Mandiri tergantung pada jenis pelunasan yang dilakukan oleh debitur.

Baca juga: Tabel Cicilan KSM Mandiri 10 Sampai 1 Milyar

Ada dua jenis pelunasan yang dapat dilakukan oleh debitur, yaitu:

Pelunasan sebagian: yaitu pembayaran sebagian dari sisa pokok hutang KSM Mandiri. Pelunasan sebagian akan dikenakan penalti sebesar 4% dari jumlah yang dilunasi.

Pelunasan keseluruhan: yaitu pembayaran seluruh sisa pokok hutang KSM Mandiri. Pelunasan keseluruhan akan dikenakan penalti sebesar 8% dari baki yang dilunasi.

Selain penalti, debitur juga harus membayar bunga cicilan terakhir sesuai dengan jumlah hari dalam bulan tersebut.

Misalnya, jika debitur melakukan pelunasan keseluruhan pada tanggal 15 Januari 2023 dengan sisa pokok hutang Rp100 juta dan bunga cicilan Rp2 juta per bulan, maka debitur harus membayar:

  • Penalti = 8% x Rp100 juta = Rp8 juta
  • Bunga = Rp2 juta x 15/31 = Rp967.742
  • Total = Rp8 juta + Rp967.742 = Rp8.967.742

Baca juga: Pengajuan KSM Mandiri via Livin Mandiri Lebih Cepat Cair

Prosedur Pelunasan Dipercepat KSM Mandiri

Syarat dan prosedur pelunasan dipercepat KSM Mandiri adalah sebagai berikut:

  • Debitur harus mengajukan permohonan pelunasan dipercepat kepada Bank Mandiri melalui cabang terdekat atau melalui aplikasi Livin’ by Mandiri atau website aplikasi Mandiri KSM.
  • Debitur harus melampirkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti formulir aplikasi pelunasan dipercepat, fotokopi KTP, fotokopi NPWP (untuk limit di atas Rp50 juta), dan bukti pembayaran angsuran terakhir.
  • Bank Mandiri akan melakukan verifikasi dan validasi terhadap permohonan dan dokumen debitur.
  • Akan menginformasikan jumlah penalti, bunga, dan total yang harus dibayar oleh debitur.
  • Debitur harus melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah yang ditentukan oleh Bank Mandiri melalui transfer atau setoran tunai ke rekening Bank Mandiri.
  • Bank Mandiri akan mengeluarkan surat keterangan lunas dan menghapus data kredit debitur dari sistem.

Baca juga: Berapa Lama Proses Top Up KSM Mandiri?

Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan terbaik untuk keuangan Anda.Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Share

Leave a Comment

Scroll to Top