Proses Pencairan Uang di Bank Mandiri Paling Lama Berapa Hari

Pencairan Uang di Bank Mandiri – Ada kalanya kita membutuhkan uang dalam waktu cepat, sedangkan uang tersebut sedang tidak ada dalam genggaman. Kalau sudah begitu, pinjaman yang bisa cair dalam waktu singkat jadi dicari-cari.

Bank Mandiri dapat menjadi alternatif saat mencari pinjaman yang dapat cair dalam waktu cepat. Berdasarkan website resminya, proses pencairan pinjaman di Bank Mandiri bisa berlangsung selama 1 hari saja. Pencairan uang pinjaman paling lama adalah 14 hari.

Agar pinjaman di Bank Mandiri cepat cair, pastikan anda sudah memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan. Pastikan pula anda memiliki riwayat kredit yang bersih. Pinjaman tanpa agunan di Bank Mandiri nominalnya mencapai Rp 200 juta atau lebih.

Advertisements

Jangka waktu pengembalian yang disediakan adalah 12 – 60 bulan. Bagi pengguna payroll Mandiri, bunga yang dikenakan sebesar 0,9%.

Bagaimana cara memperoleh pinjaman tanpa agunan di Bank Mandiri? Simak caranya berikut ini.

Pertama, pastikan telah memenuhi syarat individu

Persyaratan yang harus dipenuhi individu untuk mengajukan KTA di Bank Mandiri adalah : Baca Jika Ingin Gadai Sertifikat Tanah di Bank Mandiri Ini Syaratnya

  1. Merupakan WNI dan berdomisili di Indonesia
  2. Berumur minimal 21 tahun
  3. Merupakan pegawai tetap yang sudah bekerja minimal 1 tahun
  4. Berpenghasilan minimal Rp 3 juta

Kedua, lengkapi persyaratan dokumennya

Persyaratan dokumen yang harus dilengkapi adalah :

  1. Formulir aplikasi kredit yang telah diisi dengan benar dan lengkap
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi NPWP (khusus untuk pengajuan kredit dengan nominal diatas Rp 50 juta)
  4. Fotocopy ID Card (apabila ada)
  5. Kartu keluarga (apabila penghasilan merupakan join income suami dan istri)
  6. KTP Suami/Istri (apabila penghasilan merupakan join income suami dan istri)
  7. Slip gaji atau surat keterangan penghasilan paling terakhir (untuk pemohon yang tidak menggunakan fasilitas Mandiri Payroll)
  8. SK pengangkatan pegawai yang diterbitkan instansi masing-masing (apabila pemohon merupakan TNI atau POLRI)

Ketiga, ajukan pinjaman ke Bank Mandiri

Berikut adalah langkah-langkah mengajukan pinjaman di Bank Mandiri :

Advertisements
  1. Pastikan seluruh persyaratan telah siap, jika sudah, maka datangi kantor cabang Bank Mandiri di wilayah anda
  2. Ajukan pinjaman KTA Bank Mandiri, petugas akan meminta anda untuk mengisi formulir pendaftaran
  3. Petugas juga akan melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan syarat pengajuan
  4. Setelahnya, biasanya pemohon diminta untuk menunggu konfirmasi mengenai diterima atau ditolaknya pengajuan pinjaman

Apabila, permohonan pinjaman disetujui, maka akan dilakukan penandatanganan akad kredit. Setelahnya, dilakukan pencairan dana. Dana pinjaman ditransfer secara langsung ke rekening peminjam. Nominal pencairan uang pinjaman ini biasanya sudah dipotong beberapa biaya.

Biaya tersebut adalah :

  1. Biaya asuransi jiwa

Manusia tidak dapat menebak apa yang bisa terjadi, khususnya ketika kredit berlangsung. Untuk memanajemen resiko hal-hal yang tidak diinginkan pada saat kredit, maka nasabah membayarkan biaya asuransi. Premi asuransi saat kredit ini tergantung pada rate perusahaan yang bermitra dengan Bank Mandiri. Baca Ini Syarat Pinjaman Dengan Jaminan Sertifikat Rumah di Bank Mandiri

  1. Biaya provisi

Biaya provisi bisa dibilang merupakan biaya balas jasa kepada bank karena telah meluluskan permohonan kredit nasabah. Di Bank Mandiri, besar biaya provisinya adalah 0,5% dari jumlah kredit untuk pinjaman dibawah Rp 50 juta dan 1% dari jumlah kredit untuk pinjaman diatas Rp 50 juta.

  1. Biaya administrasi

Biaya administrasi adalah biaya yang dibayar atas pelayanan administratif yang diberikan. Besarnya biaya administrasi di Bank Mandiri dibedakan berdasar besar kredit. Untuk pinjaman dibawah Rp 50 juta, biayanya adalah Rp.50.000. Sedangkan untuk pinjaman diatas Rp 50 juta, biayanya adalah Rp.100.000.

Sementara itu, ada beberapa biaya yang dikenakan ke nasabah pada saat kondisi-kondisi tertentu. Biaya itu adalah :

  1. Denda keterlambatan.

Denda keterlambatan adalah biaya lumrah yang dikenakan sewaktu nasabah membayar angsuran melewati tanggal jatuh tempo. Biasanya denda keterlambatan dihitung per hari. Untuk menghindari keterlambatan pembayaran angsuran, nasabah bisa menggunakan fitur pembayaran otomatis yang ada di rekening ATM. Baca Sistem Pencairan KUR Bank Mandiri Pertama Kali Pengajuan

  1. Biaya percepatan pengembalian

Tidak hanya keterlambatan, denda juga dikenakan saat nasabah mengembalikan seluruh pinjaman lebih cepat dari waktu yang ditentukan.

Advertisements
error: