Pinjaman Bank BRI Jaminan BPKB

BPKB merupakan dokumen berharga yang menandakan kepemilikan kendaraan bermotor. BPKB dapat dijadikan sebagai jaminan untuk memperoleh dana pinjaman. Salah satu bank yang memiliki pinjaman dengan jaminan BPKB adalah Bank BRI. Di Bank BRI, dana pinjaman ini disebut dengan KKB Refinancing.

KKB Refinancing adalah pinjaman jaminan kendaraan atau BPKB yang menerima segala merk kendaraan bermotor. Dana pinjamannya dapat digunakan untuk keperluan produktif maupun konsumtif.

Tenor pinjamannya mencapai 4 tahun. Jumlah pinjaman yang dicairkan oleh Bank BRI tentu akan disesuaikan dengan nilai kendaraan yang diagunkan.

Advertisements

Syarat-syarat Mengajukan Pinjaman BRI Jaminan BPKB

Untuk mengajukan pinjaman ini, pastikan anda memenuhi persyaratan individu berikut : Baca Berapakah Bunga Pinjaman Bank BRI Per Bulan

  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berumur 21 tahun atau sudah menikah
  • Memiliki rekening BRItama (jika belum, maka harus membuat rekening BRItama)

Sementara persyaratan dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan kredit ini adalah :

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi NPWP
  • Pas foto pemohon dan suami/istri terbaru
  • Surat keterangan gaji atau penghasilan
  • BPKB

Prosedur Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB di Bank BRI

            Berikut adalah prosedur pengajuan pinjaman jaminan BPKB di Bank BRI :

  1. Mendatangi kantor cabang Bank BRI dan mengajukan pinjaman jaminan BPKB.
  2. Mengisi formulir pengajuan pinjaman jaminan BPKB. Pada tahap ini, formulir harus diisi dengan lengkap dan sebenar-benarnya, dengan melampirkan persyaratan dokumen yang telah ditetapkan.
  3. Bank BRI akan menganalisis pengajuan pinjaman jaminan BPKB.
  4. Bank BRI akan melakukan konfirmasi tentang persetujuan atau penolakan pinjaman jaminan BPKB.
  5. Sebelum dana pinjaman jaminan BPKB dicairkan, akan dilakukan penandatanganan perjanjian pinjaman.
  6. Dana pinjaman akan dicairkan ke rekening BRI debitur.

Biaya Pinjaman Jaminan BPKB di Bank BRI

            Dalam pencairan pinjaman, tentu ada biaya yang dikenakan kepada debitur. Adapun biaya yang dikenakan kepada debitur pinjaman jaminan BPKB adalah : Baca Suku Bunga Pinjaman Bank BRI Terbaru

Advertisements
  • Biaya administrasi. Tiap bank memiliki kebijakan tersendiri tentang nilai biaya administrasi yang dikenakan. Biaya ini dikenakan atas proses administrasi yang telah dijalankan oleh bank untuk memproses pinjaman.
  • Biaya notaries. Biaya notaries ini sifatnya opsional. Ada bank yang membebankan biaya notaries kepada debitur. Ada pula yang tidak mematok biaya ini.
  • Biaya asuransi. Biaya asuransi adalah biaya yang nantinya digunakan untuk manajemen resiko di saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Lagi-lagi, tidak seluruh bank menerapkan biaya ini. Sebab itu, sangatlah penting untuk menanyakan dengan detil tentang biaya yang dikenakan pada pinjaman. Asuransi yang diterapkan dalam pinjaman jaminan BPKB adalah asuransi All Risk.
  • Biaya DP (Down Payment). Merupakan sejumlah pinjaman yang dibayarkan terlebih dahulu di awal, sebelum sisa pinjaman yang lain dicairkan.

Di pinjaman jaminan BPKB Bank BRI, tidak dikenakan biaya provisi.

Asuransi Kendaraan dalam Pinjaman Jaminan BPKB di Bank BRI

Asuransi All Risk artinya adalah asuransi yang memberikan pertanggungan berbagai jenis resiko entah besar atau kecil, sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi.

Umumnya, resiko yang termasuk dalam asuransi mobil All Risk adalah tabrakan, terbalik, tergelincir dari jalan, terbentu, perbuatan jahat orang lain, kebakaran, pencurian hingga sambaran petir. Resiko ini dapat ditambah dengan jenis resiko lain seperti kerugian akibat peristiwa pemogokan, kerusuhan sipil, banjir, huru-hara, serta tanggung jawab hukum pada pihak ketiga.

Jenis-jenis Kredit Kendaraan Bermotor di Bank BRI

Selain KKB Refinancing, ada KKB lain yang ada di Bank BRI, yakni untuk pembelian kendaraan bermotor baru/bekas dan sepeda motor. Untuk mengetahui simulasi KKB di Bank BRI, dapat menggunakan alat simulasi kredit kendaraan bermotor di alamat ini.

Untuk kredit kendaraan bermotor baru atau bekas, persyaratan yang harus dipenuhi ialah : Baca Syarat Pinjaman Bank BRI untuk Karyawan Swasta

  • Mengisi formulir aplikasi KKB BRI,
  • Harus memiliki rekening BRItama,
  • Berumur minimal 21 tahun atau sudah menikah,

melampirkan persyaratan dokumen seperti fotokopi KTP, KK, NPWP, pas foto pemohon dan pasangan, surat keterangan gaji, dan lain-lain. Debitur juga diharuskan membayarkan down payment senilai 25%.

error: