Pengalaman Mengambil Sertifikat Tanah Di Bank BRI Lunas Pinjaman

Mengambil Sertifikat Tanah Di Bank – Pengajuan pinjaman dengan sertifikat tanah di bank sudah tidak asing lagi untuk dilakukan oleh masyarakat saat membutuhkan dana mendadak. Kebutuhan akan dana mendadak ini memang paling aman diselesaikan dengan mengajukan pinjaman dengan jaminan ke bank.

Salah satu bank yang dapat menerima pinjaman dengan jaminan sertifikat tanah ini adalah bank BRI. Bank BRI memiliki program yang memudahkan anda untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat tanah, tanpa harus khawatir dengan keamanan dari sertifikat tanah anda ini.

Sayangnya, ada banyak kekhawatiran dan keraguan dalam masyarakat terkait sulitnya cara mengambil sertifikat tanah di bank BRI yang sudah lunas pinjaman. Apakah sebenarnya yang terjadi dengan rumor ini? Mungkinkan cara mengambil sertifikat tanah di bank BRI ini belum diketahui sehingga prosesnya menjadi sulit untuk sebagian orang.

Advertisements

Jadi untuk anda yang masih ragu karena tidak tahu mengenai prosedur dan ketentuan pengambilan ini, maka pada bagian di bawah ini adalah penjelasan lengkap mengenai cara pengambilan sertifikat tanah yang anda gadaikan di bank BRI.

5 Langkah dalam Cara Mengambil Sertifikat Tanah di Bank BRI yang Sudah Lunas Pinjaman

Pastinya pengambilan sertifikat tanah yang anda gadaikan di bank BRI dapat anda lakukan setelah pinjaman anda lunas. Pelunasan pinjaman dapat anda lakukan dengan mencicil hingga masa tenor, atau dapat juga dengan menutup hutang dalam satu kali pembayaran. Baca Ini Batas Umur Pengajuan Pinjaman Di BRI Jaminan Sertifikat

Bagi anda yang berminat menutup hutang dalam satu kali pembayaran dapat mendatangi bank BRI terlebih dahulu untuk mendapatkan kejelasan mengenai sisa hutang, bunga, dan biaya lain yang harus anda bayarkan.

Jika sudah jelas seluruh hutang pinjaman anda telah lunas, maka anda dapat mengajukan pengambilan sertifikat dengan mengikuti cara yang akan dijelaskan di bawah ini. Ada 5 langkah dalam cara pengambilan sertifikat tanah yang anda jadikan jaminan. Gunakan informasi di bawah ini untuk membantu anda menyiapkan seluruh langkah dan tahapannya dengan baik.

  • Lunasi Seluruh Pinjaman Anda

Pengambilan jaminan berupa sertifikat tanah hanya dapat anda lakukan jika pinjaman anda sudah lunas. Pelunasan ini sangat penting untuk anda lakukan dengan tepat, yaitu dengan menggunakan pelunasan per bulan sesuai perhitungan atau dengan menutup pinjaman sesuai tagihan yang dihitung oleh pihak bank. Selesaikan seluruh proses pelunasan untuk menuju ke tahapan selanjutnya.

Advertisements
  • Siapkan Bukti Pelunasan

Saat anda akan melakukan pelunasan, anda perlu menyiapkan sejumlah uang dan perlu mendatangani berkas yang diperlukan. Jika sudah dibayarkan, maka anda akan mendapati sebuah surat yang berfungsi sebagai bukti pelunasan. Pada tahapan pelunasan ini biasanya anda tidak bisa langsung mengambil jaminan sertifikat tanah yang sudah anda berikan. Baca Siapakah Yang Menentukan Lolos Tidaknya Pinjaman KUR BRI

  • Atur Waktu Pengambilan Sertifikat Tanah

Agar anda dapat mengambil sertifikat tanah setelah pelunasan, biasanya anda harus mengatur waktu pengambilan terlebih dahulu. Alasannya adalah karena sertifikat biasanya tidak disimpan di bank cabang BRI di mana anda mengajukan pinjaman. Agar tetap aman sertifikat tanah anda di suatu tempat lain, sehingga jika anda ingin mengambilnya pastikan untuk mengatur waktu terlebih dahulu.

  • Siapkan Bukti untuk Pengambilan Jaminan

Saat anda sudah mengatur waktu pengambilan, maka anda harus datang ke bank di waktu yang sudah dijanjikan. Bawalah beberapa syarat yang dibutuhkan untuk pengambilan jaminan ini, misalnya adalah KTP dan buku tabungan untuk menjadi bukti identitas anda sebagai pemilik sertifikat tersebut. Jika pengambilan sertifikat ini diwakili oleh orang lain, maka anda harus menyertakan surat kuasa saat pengambilannya.

  • Pengambilan Sertifikat Tanah dan Kelengkapannya

Terakhir, sertifikat tanah sudah siap untuk di ambil di cabang bank BRI di waktu yang sudah dijanjikan. Sertifikat tanah dan beberapa bukti pelunasan dan pengambilan sertifikat juga akan diserahkan kepada anda. Jadi sekarang sertifikat tanah sudah menjadi milik anda kembali dan dapat digunakan sesuai keperluan anda.

Demikian penjelasan lengkap mengenai apa saja cara mengambil sertifikat tanah di bank BRI yang sudah lunas pinjaman. Sekarang anda sudah tahu kan bahwa mengambil sertifikat yang dijadikan jaminan di BRI tidaklah sulit. Baca Begini Tahapan Pengajuan KUR Mandiri Sampai Terima Duit

Asal anda melengkapi seluruh persyaratannya dengan baik, maka anda dapat mengambil sertifikat tanah ini dengan mudah. Jadi jangan ragu lagi dan jika dibutuuhan segera ajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat tanah ini!

Advertisements
error: