Pegadaian Lewat Jatuh Tempo, Apa Barang Gadai Hilang?

Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum mengetahui peraturan Pegadaian apabila lewat jatuh tempo, karena terbukti masih ada banyak orang yang khawatir barangnya akan hilang terjual atau dilelang apabila sudah melewati jatuh tempo.

Namun ada juga yang santai-santai saja ketika sudah melewati jatuh tempo dan kemudian komplain karena barangnya sudah dilelang.

Karena hal inilah menjadi sangat penting untuk mengetahui mengenai peraturan yang berlaku di Pegadaian mengenai hal ini demi untuk kebaikan anda sendiri juga.

Advertisements

Dengan mengetahui hal semacam ini maka kita bisa mengantisipasi sejak dini apabila akan melakukan gadai di Pegadaian baik itu emas maupun BPKB kendaraan bermotor, sehingga barang kita tidak sampai dilelang oleh pegadaian.

Peraturan Pegadaian Bila Lewat Jatuh Tempo

Sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini lebih memilih untuk menggadaikan barang berharga mereka apabila membutuhkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit namun diperlukan secepat mungkin. Baca Membuka Tabungan Emas Pegadaian

Memang kebutuhan manusia sebenarnya hanya sandang, pangan, papan. Akan tetapi ada juga beberapa kebutuhan seperti renovasi rumah, pernikahan, maupun pengobatan yang harus segera dipenuhi.

Dan salah satu jalan yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah dengan menggadai barang berharga mereka, meskipun bila tidak memiliki barang untuk digadai bisa juga dengan menggunakan kredit bank.

Advertisements

Namun sebagian besar masyarakat Indonesia lebih memilih gadai di Pegadaian yang dinilai lebih aman karena merupakan lembaga milik negara yang berpihak pada rakyat.

Dari beberapa survey yang kami lakukan, banyak sekali orang di Indonesia yang belum tahu apa yang akan terjadi apabila mereka sampai lewat jatuh tempo ketika gadai barang di Pegadaian.

Padahal menurut kami sangat penting untuk mengetahui peraturan yang diberlakukan oleh Pegadaian mengenai jatuh tempo tersebut. Baca Gadai Emas Tanpa Surat

Sebagai seorang yang akan menggadai barangnya sudah barang tentu mereka akan mempertanyakan keamanan akan kembalinya barang yang mereka gadai, jadi seharusnya orang mengetahui secara persis peraturan Pegadaian mengenai hal tersebut.

Untuk sementara ini Pegadaian menerapkan pemberitahuan secara bertahap apabila orang yang menggadaikan barangnya di Pegadaian dan belum membayar atau melunasi sampai melewati jatuh tempo yang sudah diperjanjikan.

Untuk langkah awal biasanya Pegadaian akan memberitahukan kepada orang yang menggadaikan barang bahwa jatuh tempo sudah dekat.

Setelah itu akan anda pemberitahuan lagi dari pihak Pegadaian apabila sudah melewati jatuh tempo dan ada peringatan bahwa masih ada masa tenggang selama 1 sampai 2 minggu.

Dan apabila sampai melewati masa tenggang tersebut barulah pihak Pegadaian akan melelang barang yang digadai tersebut. baca Gadai Emas Antam Di Pegadaian

Untuk menghindari barang yang anda gadai itu dilelang oleh Pegadaian,maka jangan sampai melewati masa tenggang yang diberikan oleh pihak Pegadaian setelah lewat jatuh tempo masa pinjaman anda.

Advertisements
error: