Mengenal Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank dan Kegiatannya

Mengenal Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank dan Kegiatannya

Diposting pada

Lembaga keuangan bukan bank ini  memiliki peranan yang begitu penting dalam perekonomian sebuah negara negara, termasuk juga di Indonesia. Dengan adanya Lembaga keuangan ini, menjadikan setiap konsumsi warga Indonesia berkembang serta  mendorong laju perekonomian Kita semakin meningkat bulan ke bulan.

Kegiatan Lembaga Keuangan Bukan Bank

Ada beberapa kegiatan yang umumnya dilakukan oleh lembaga keuangan ini yang ada di Indonesia. Menurut laman Duwitmu.com, di bawah ini adalah kegiatan yang sering dilakukannya, antara lain:

Advertisements
  1. Mengumpulkan dana dari setiap masyarakat dengan cara mengeluarkan surat-surat berharga.
  2. Menyediakan fasilitas kredit terhadap perusahaan swasta dan juga pemerintah, baik itu dalam jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.
  3. Memiliki peran menjadi penghubung bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia, serta menjadi badan hukum pemerintah dalam pengadaan kredit.
  4. Mengikutsertakan modal semua perusahaan-perusahaan serta penjualan saham yang ada di pasar modal.
  5. Mengerjakan kegiatan usaha lain di bidang keuangan dengan persetujuan para menteri keuangan Republik Indonesia.

Dengan kata lain lembaga keuangan ini ini yaitu badan usaha yang di bidang keuangan yang secara langsung atau tidak langsung bertanggung jawab mengumpulkan dana dari masyarakat lalu menyalurkannya kembali kepada masyarakat.

Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank

Sederhananya lembaga keuangan ini merupakan sebuah badan usaha yang menghimpun sebuah asset dalam bentuk dana dari masyarakat lalu menyalurkannya kembali untuk pendanaan sebuah proyek pembangunan atau disalurkan kembalu kepada masyarakat yang lebih membutuhkan dengan sistem mendapatkan hasil dalam bentuk bunga besar.

Salah satu contoh lembaga keuangan ini  adalah bank. Tidak hanya bank, namun ada juga beberapa lembaga keuangan ini lainnya. Lembaga keuangan ini merupkaan badan usaha yang mengerjakan kegiatan dalam bidang keuangan yang secara langsung atau tidak langsung yang nantinya akan disalurkan ulang kepada masyarakat.

Di Indonesia sendiri ada beberapa lembaga keuanga n bukan bank yaitu perusahaan asuransi, pegadaian, pasar modal, koperasi simpan pinjam, perusahaan sewa guna, pasar uang, dan masih banyak lagi. Dan lembaga keuangan ini juga sudah banyak membantu para masyarakat khususnya yang sedang membutuhkan.

Tujuan dan Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank

Secara garis besar ada beberapa tujuan lembaga keuangan adalah seperti berikut ini:

  1. Memberikan bantuan juga mendorong perkembangan pasar modal dengan membentuk permodalan perusahaan-perusahaan yang memiliki ekonomi rendah.
  2. Menyediakan modal kepada masyarakat yang berekonomi lemah seperti membangun usaha dengan tujuan agar mereka tidak lagi dililit utang dari para rentenir.
  3. Untuk menarik penyedia modal swasta serta memperluas sumber-sumber pembiayaan khususnya bagi kegiatan dunia usaha.
  4. Memperlancar pembangunan ekonomi lewat pasar modal.
  5. Serta menghimpun dana khususnya dengan sistem mengeluarkan kertas berharga lalu diberikan Kembali kepada masyarakat terutama bertujuan untuk membiayai investasi perusahaan.

Secara garis besar lembaga keuangan ini berfungsi untuk membuat perekonomian para rakyat kecil dengan sistem menyalurkan kredit dimana prinsipnya adalah hukum gadai, contohnya ditujukan kepada pedagang kecil, karyawan, nelayan, petani, atau masyarakat yang memiliki ekonomi dibawah dan bersifat konsumtif. Lembgaa ini juga ikut mengambil bagian dalam mencegah kegiatan pinjam-meminjam atau kegiatan riba.

Itulah penjelasan mengenai lembaga keuangan bukan bank. Serta peranan maupun tujuan adanya lembaga keuangan ini yang begitu membantu para masyarakat yang perekonomiannya masih kecil.

Lembaga-lembaga ini juga berperan sesuia dengan ijin yang sudah diberikan oleh menteri keuangan. Jadi aman bagi masyarakat kecil. Jika anda ingin mencoba bertransaksi di lembaga ini anda tidak perlu khawatir karena mereka bertujuan untuk membantu.

IKUTI KAMI DI YOUTUBE

Tinggalkan Balasan