Ketahui Ya Pegadaian Tanggal Merah Buka Atau Tutup

Banyak dari kita yang masih bertanya-tanya mengenai  hari operasional dari pegadaian. Sangat memungkinkan bagi siapapun untuk mengalami desakan kehidupan di saat yang tidak tepat Apalagi pegadaian merupakan alternatif solusi bagi masyarakat dalam keadaan darurat. Namun ada beberapa pemahaman dasar yang harus Anda ketahui tentang pegadaian.

Menurut definisi dari wikipedia pegadaian merupakan perusahaan jenis BUMN yang bergerak dalam roda perekonomian dengan sektor bisnis jasa, emas dan pembiayaan. Jenis perusahaan pegadaian tercatat pula sebagai Perseroan Terbatas (PT).

Selayaknya perusahaan yang lain, pegadaian juga menerapkan jam kerja dan jam istirahat pada karyawannya sehingga pada saat-saat tertentu nasabah tidak bisa memproses pengajuan pinjaman.

Advertisements

Kantor pegadaian sendiri terdiri dari kantor pusat dan kantor cabang. Kedua jenis pegadaian ini memiliki jam kerja yang berbeda namun sama-sama tutup pada hari Minggu dan tanggal merah seperti seperti hari besar. Kedua kantor memiliki fungsi yang sama namun ada beberapa preferensi yang mungkin tidak banyak orang tau. Berikut merupakan perbedaan diantara kedua kantor tersebut.

  1. Kantor Pusat Pegadaian

Kantor pusat merupakan merupakan tempat pegadaian yang memiliki kapasitas lebih dalam pelayanan maupun penyimpanan. Biasanya terletak di pusat kota dan memiliki karyawan yang relatif lebih banyak. Sehingga pelayanan yang berlakukan lebih cepat daripada kantor cabang.

Setiap pegadaian memiliki juru taksir yaitu orang yang menetapkan harga jaminan yang diajukan kepada pegadaian. Biasanya barang-barang yang ditaksir merupakan barang non emas dikarenakan emas telah memiliki harga standar sesuai dengan harga yang ada di pasaran.

Selain itu pegawai yang bekerja di kantor pusat biasanya lebih ramah dan berwawasan mengenai berbagai jenis jaminan yang diajukan sehingga harga taksir barang jaminanpun biasanya relatif lebih tinggi beberapa puluh ribu daripada di kantor cabang.

Pelayanan yang dilakukan antara lain pengambilan uang, pengiriman uang, pengambilan barang hingga pengajuan pinjaman. Karena tempatnya yang luas kantor pusat pegadaian dapat menampung lebih banyak barang jaminan daripada dengan kantor cabang. Jam operasional kantor pusat buka dari pukul 07.30 sampai 16.30 dan buka di hari Senin hingga Jumat. Baca Penjelasan Mengenai Gadai Ijazah di Pegadaian UPDATE

Advertisements
  1. Kantor Cabang Pegadaian

Kantor cabang pegadaian terletak di daerah-daerah pelosok dan memberi pelayanan yang sama dengan pegadaian yang berada di pusat. Namun ukuran kantor cabang ini relatif lebih kecil daripada kantor pusat.

Pegawai dari kantor cabang juga sedikit kisaran beberapa orang saja dan biasanya juru taksir di kantor cabang juga datang dari daerah sehingga cukup sulit untuk menembus harga taksir yang tinggi. Jam operasional kantor pusat adalah dari pukul 07.30 sampai 15.00 untuk hari Senin hingga Jumat. Sedangkan hari Sabtu pegadaian masih buka pukul 07.30 sampai 12.30

Kekurangan dari kantor cabang adalah penyimpanan jaminan yang terbatas dan belum tentu aman karena kantor cabang tidak memiliki satpam maupun CCTV di kantornya. Sehingga sebagai nasabah kita harusnya merasa lebih khawatir apabila menitipkan barang di kantor cabang.

Biasanya kebanyakan orang daerah akan datang ke kantor pegadaian cabang sehingga mereka mungkin belum tahu bahwa kantor pusat pegadaian memiliki perbedaan dalam segi pelayanan. Apabila memiliki cukup waktu silahkan mencoba datang ke kantor pusat pegadaian karena Anda akan mengalami pengalaman berbeda dalam proses pengajuan gadai.

Selain sektor finansial pegadaian kini juga memberikan pelayanan ekspedisi seperti pembayaran air, pembayan listrik, pembelian tiket kereta api, pembayaran telepon, pembayaran tv berlangganan dan lain-lain. Sehingga tak heran apabila sekarang pegadaian menjadi relatif ramai karena pelayanan yang terus ditambah fungsinya. Baca Lihat Kisaran Denda Jatuh Tempo Pegadaian Per Harinya

Selain itu pegadaian juga berkiprah di dunia investasi untuk property, balai jasa lelang dan logam mulia. Ada satu program unik bernama mulia di pegadaian yang mana kita melakukan sistem menabung di pegadaian dan jumlah tabungan kita akan dinilai dengan jumlah berat emas.

Animo masyarakat yang cukup baik tentang pegadaian membuat sektor gadai bisa berkembang ke arah lain yang menjadi tren masa kini. Mungkin suatu hari nanti akan mendapati berbagai kebutuhan harian primer dan sekunder Anda yang bisa dilayani disana.

Advertisements
error: