Kalau Jaminan Sertifikat 1 Hektar Di bank BRI ,Cairnya Berapa Ya?

Pengajuan pinjaman ke bank BRI dengan jaminan sertifikat merupakan salah satu solusi kebutuhan dana anda yang paling efektif. Tanpa menunggu waktu lama, jika sertifikat tanah anda dan syarat lainnya lengkap maka pinjaman yang anda ajukan dapat segera cair. Namun terkadang beberapa orang penasaran ingin tahu terlebih dahulu berapa dana yang bisa cair dari sertifikat yang dijadikan agunan dalam suatu pinjaman.

Jika anda ingin mengetahui berapa besar dana yang bisa cair dari pinjaman yang anda ajukan dengan agunan, maka ada beberapa hal penting yang perlu anda ketahui dari program pinjaman bank tersebut terlebih dahulu.

Misalnya adalah bagaimana bank tersebut menghitung besar pinjaman, cicilan, hingga ketentuan lainnya. Ternyata jika anda sudah mengetahui berbagai ketentuan dari bank tersebut, maka dengan mudah anda dapat mengira-ngira ada di kisaran harga berapa jaminan sertifikat anda dihargai untuk pinjaman.

Advertisements

Salah satu bank yang memberikan pinjaman dengan jaminan sertifikat adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Pengajuan pinjaman dengan sertifikat di bank BRI diketahui sangat cepat prosesnya dan tidak rumit syaratnya. Anda dapat menggadaikan jenis sertifikat rumah ataupun tanah untuk mendapatkan pinjaman dari Bri.

Namun sudahkah anda tahu berapa besar pinjaman yang mungkin diberikan? Jika anda belum tahu, apakah anda penasaran ingin mengetahuinya? Misalnya pernahkah anda bertanya-tanya kalau jaminan sertifikat 1 hekat di bank BRI cairnya berapa ya? Baca Ini Contoh Membuat Surat Agunan Pinjaman Ke Berbagai Bank

Pertimbangan Dalam Menentukan Besar Pinjaman Dana Cair Berapa di BRI

Anda tentu berhak mengetahui berapa besar dana yang dapat cair dari sertifikat yang anda jadikan agunan. Diketahui bahwa setiap bank memiliki pertimbangan yang berbeda-beda dalam menentukan berapa dana pinjaman yang dapat cair dari sertifikat yang digadaikan.

Berikut ini akan coba dijelaskan beberapa pertimbangan yang dilakukan oleh BRI untuk menentukan besar pinjaman yang disetujui. Jika anda tertarik dengan besar pinjaman yang anda coba perhitungkan, maka anda dapat segera mengajukan pinjaman dana ke BRI ini.

  • Besar Dana Cair Antara 70 – 80% Harga Aset

Jika anda menggadaikan sertifikat di bank BRI, maka anda dapat mengajukan pinjaman hingga 70 – 80% dari taksiran harga aset. Dengan kata lain jika aset anda berharga taksiran Rp500.000, maka besar pinjaman maksimal yang bisa anda dapatkan adalah Rp350.000 sampai Rp400.000.

Advertisements
  • Besar Penghasilan Pemohon

Selain dilihat dari harga aset anda, besar pinjaman yang dapat cair dari pengajuan anda di BRI ditentukan juga oleh besar penghasilan anda. Penghasilan pemohon dinilai sebagai besar kemampuan anda membayar pinjaman hingga 30%. Baca Begini Tahapan Pengajuan KUR Mandiri Sampai Terima Duit

Jadi walaupun besar pinjaman anda sesuai aset bisa mencapai Rp300.000, namun jika penghasilan anda hanya Rp3.000.000, maka 30% cicilan maksimal yang mampu anda bayar hanya Rp1.000.000.

  • Lokasi dan Strategis Atau Tidak Rumah/ Tanah dalam Sertifikat

Terakhir, lokasi dan strategis atau tidak aset bersertifikat anda juga dapat menentukan besar pinjaman yang dapat cair. Semakin strategis lokasi aset anda, maka semakin besar juga dana pinjaman yang dapat anda cairkan di bank BRI.

Simulasi Perhitungan Berapa Pinjaman Dana Cair Berapa di BRI

Lalu bagaimana jika anda masih penasaran dengan perhitungan besar pinjaman dana cair berapa di BRI? Misalkan anda memiliki sertifikat 1 hektar berapa bisa cair dana yang anda ajukan? Tentunya hal ini bergantung dengan berapa harga per meter persegi dari tanah atau rumah bersertifikat yang anda gadaikan sebelumnya.

Berikut ini akan coba disimulasikan perhitungan berapa pinjaman dana cair di bank BRI, jika sertifikat yang anda gadaikan adalah sertifikat 1 hektar tanah.  Mari misalkan tanah anda memiliki harga per meter persegi sebesar Rp300.000, maka besar pinjaman maksimal yang dapat anda ajukan adalah sebagai berikut:

Harga Per Meter Persegi              = Rp300.000

Harga 1 Hektar Tanah                     = Rp3.000.000.000

Harga Taksiran Tanah                     = Rp2.000.000.000

70% Harga Taksiran                         = Rp1.400.000.000

80% Harga Taksiran                         = Rp1.600.000.000

Jadi kira-kira besar pinjaman yang dapat anda ajukan adalah Rp1.400.000.000 – Rp1.600.000.000. Hal ini bergantung lagi dengan besar penghasilan anda. Baca Siapakah Yang Menentukan Lolos Tidaknya Pinjaman KUR BRI

Untuk beberapa penghasilan yang tidak terlalu tinggi, bank BRI memberikan putusan plafon pinjaman hanya sampai Rp200.000.000. Jadi pastikan untuk melengkapi persyaratan mengenai penghasilan dan syarat-syarat lain untuk mendapatkan nilai besar pinjaman cair yang lebih besar

Advertisements
error: