Jika Ingin Gadai Sertifikat Tanah di Bank Mandiri Ini Syaratnya

Dalam kehidupan sehari-hari pasti muncul berbagai permasalahan kehidupan yang mana menuntut setiap orang untuk siap dan dalam keadaan mendesak seperti kebutuhan sekolah, rumah sakit hingga berbagai tahapan kredit yang tidak bisa lagi ditunda.

Apabila anda adalah salah satu orang yang mengalami kondisi serupa maka adalah salah satu alternatif untuk mendapatkan jalan keluar dari permasalahan tersebut yaitu adalah dengan proses peminjaman.

Jenis peminjaman terdapat berbagai macam seperti kredit seperti pinjaman tunai tanpa agunan, pinjaman tunai dengan agunan, dan pinjaman tunai modal usaha. Penggadaian sertifikat tanah merupakan salah satu jenis pinjaman tunai menggunakan sertifikat sebagai agunannya.

Advertisements

Dalam hal ini peminjam bisa mengajukan nominal yang diinginkan dan Lembaga peminjam akan menimbang kembali nilai likuiditas dari bukti aset yang dimiliki.

Lembaga peminjam yang dimaksud merupakan lembaga yang menyediakan jasa peminjaman yang dinaungi oleh negara maupun perorangan. Salah satu lembaga peminjam yang banyak dikenal oleh orang adalah Bank. Contoh bank yang beroperasi di Indonesia adalah Mandiri, BCA, BNI, BTN, BRI dan lain-lain.

Setiap bank memiliki ketentuan dan kebijakan yang berbeda dalam melayani peminjam. Dalam pembahasan kali ini akan dibahas syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi nasabah untuk melakukan penggadaian sertifikat tanah di salah satu bank besar di Indonesia yaitu Bank Mandiri.

Prosedur Gadai Sertifikat Tanah di Bank Mandiri Update

Berikut beberapa hal terkait yang perlu diperhatikan sebelum peminjam menghadap ke bank.

  1. Sumber penghasilan

Sumber penghasilan yang dimaksud adalah pekerjaan yang sedang dijalankan oleh nasabah tersebut. Apakah nasabah merupakan seorang pegawai maupun wiraswasta. Apabila nasabah adalah seorang pegawai maka hal tersebut dapat dibuktikan dengan kepemilikan NPWP atau pernyataan dari kantor bersangkutan.

Sedangkan untuk wiraswasta/ pengusaha akan dibuat slip gaji yang ditandatangani oleh RT setempat beserta bukti foto tempat anda melakukan usaha

  1. Agunan yang diajukan

Jenis agunan apa yang diajukan dapat berupa sertifikat kepemilikan asset seperti sertifikat tanah dan sertifikat rumah. Jenis dan nilai sertifikat ini yang akan menentukan batas maksimal seorang nasabah untuk mengajukan slip peminjaman.

Advertisements

Biasanya setelah dilakukan pengecekan keaslian dokumen, pihak bank akan menjelaskan berapa nilai likuiditas dari sertifikat tersebut. Baca Pengalaman Mengambil Sertifikat Tanah Di Bank BRI Lunas Pinjaman

  1. Pengisian administrasi

Selanjutnya adalah perlengkapan administrasi apa saja yang harus disiapkan agar nasabah tidak bolak-balik untuk mengajukan proses peminjamannya.

  1. Siapkan sertifikat tanah asli
  2. Identitas asli seperti KTP, SIM, Passport dan sejenisnya. Pastikan alamat yang tercantum merupakan tempat tinggal anda saat ini. Apabila alamat sekarang dan identitas berbeda maka perlu disiapkan surat tambahan berupa keterangan domisili dari lingkungan sekitar.
  3. Kartu keluarga asli
  4. Kartu NPWP/ surat rekomendasi atasan yang merupakan keterangan kantor tempat anda bekerja.
  5. Slip gaji yang ditandatangi oleh RT setempat
  6. Pass foto 3 X 4
  7. Rekening bank mandiri jika anda sudah menjadi nasabah tetap di Bank Mandiri

Kenapa harus dokumen asli yang ditunjukkan pada pihak bank? Hal tersebut dikarenakan bank akan melakukan cek keaslian dengan memindai barcode yang terselip pada identitas tersebut. Sehingga identitas palsu dapat dengan mudah diketahui oleh pihak bank terkait.

Lalu bagaimana jika anda sudah terlanjur membawa fotocopy dokumen yang dibutuhkan? Hal tersebut tidak membuktikan apa-apa dari keaslian dokumen yang diinginkan dan pasti anda harus kembali lagi keesokan harinya. Jangan khawatir untuk tidak membawa dokumen copy karena setiap bank pasti memiliki mesin fax untuk keperluan fotocopy.

  1. Survey Bank

Apabila sudah mendapatkan bukti keberadaan anda di kantor lantas apakah bukti tersebut apakah valid? Jawabannya belum tentu. Tim dari bank akan menganalisa lebih lanjut keberadaan tempat anda bekerja. Apakah sumber penghasilan anda ini akan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Apabila dilihat bahwa dalam waktu dekat tempat anda bekerja mengalami kebangkrutan maka kecil kemungkinan penggadaian sertifikat tanah akan disetujui. Baca 5 Rekomendasi Pinjaman Untuk Karyawan Kontrak Hingga 100 Juta

Sedangkan untuk wiraswasta dan pengusaha akan dicek keberadaannya dilapangan dan skala bisnisnya oleh pihak bank terkait. Disitu akan dilakukan validasi apakah nasabah mencantumkan kondisi sebenar-benarnya. Apabila ditemukan indikasi pemalsuan maka otomatis pengajuan akan dibatalkan.

Advertisements
error: