Ini Batas Umur Pengajuan Pinjaman Di BRI Jaminan Sertifikat

Pengajuan pinjaman ke bank manapun pasti ada syarat yang harus anda penuhi. Berbagai persyaratan atau ketentuan ini untuk dibuktikan anda memenuhinya biasa akan dilengkapi dengan berkas dokumen. Jadi memang tidak semua orang dapat dengan mudah memenuhi persyaratan tersebut dan akhirnya mendapat pekerjaan.

Anda yang ingin mencoba mengajuan pinjaman dengan jaminan sekalipun, jika ada syarat yang lain yang tidak dipenuhi maka tentu tidak bisa untuk mengajukan pinjaman ini.

Ada banyak perkataan di masyarakat bahwa pinjaman dengan jaminan pasti akan disetujui oleh pihak bank. Nyatanya pernyataan ini tidak dibenarkan. Ada beberapa kasus di mana walaupun jaminan dan berkas serta syarat yang lain lengkap, tapi ada satu saja syarat yang tidak memenuhi maka pengajuan pinjaman tidak akan diproses.

Advertisements

Apakah anda tahu apa saja syarat-syarat tersebut? Sebelum lebih lanjut, marilah simak penjelasan di bawah ini mengenai apa saja syarat pengajuan di BRI dengan jaminan sertifikat rumah misalnya.

Syarat Pengajuan Di BRI

Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon untuk mengajukan pinjaman di BRI dengan sertifikat rumah: Baca Siapakah Yang Menentukan Lolos Tidaknya Pinjaman KUR BRI

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Bukti Usaha/ Slip Gaji
  • Fotokopi Rekening BRI
  • Fotokopi Legalitas Agunan
  • Fotokopi Buku Nikah/ Akta Nikah

Ternyata setelah menyimak penjelasan di atas diketahui bahwa ada syarat batas umur pengajuan BRI dengan jaminan sertifikat rumah. Sudah pernahkah anda mendengar ini sebelumnya? Tidak tanggung-tanggung, tidak hanya batas umur minimal tetapi juga ada batas umur maksimal untuk anda dapat mengajukan pinjaman.

Agar anda tidak bertanya-tanya dari mana batas umur pengajuan di BRI dengan jaminan sertifikat tersebut dirumuskan, maka berikut ini akan dijelaskan mengenai alasannya.

Alasan Batas Umur Pengajuan di BRI dengan Jaminan Sertifikat Dirumuskan

Tak ada satu hal pun yang terjadi tanpa alasan, termasuk juga keputusan untuk memberikan batasan umur pemohon pengajuan pinjaman dengan gadai sertifikat di bank. Begitu juga dengan batasan umur dari bank BRI yang merumuskan pemohon harus berusia miminal 21 tahun saat awal pinjaman dan maksimal 60 tahun saat pelunasan. Apa yang menjadi penyebabnya? Simak alasannya berikut ini.

Advertisements

Syarat Batas Minimal 21 Tahun

Alasan pertama akan menjelaskan mengapa batas umur minimal untuk pengajuan pinjaman di BRI adalah 21 tahun ini dihubungkan dengan status umur dari rumusan hukum. Pada Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer) diketahui bahwa ada aturan mengenai batasan umur seseorang sudah sah secara hukum untuk melakukan suatu perjanjian.

Pada pasal 330 KUHPer tepatnya dirumuskan bahwa umur 21 adalah umur yang cukup dewasa untuk mendatangani suatu perjanjian perdata secara dewasa. Baca Begini Tahapan Pengajuan KUR Mandiri Sampai Terima Duit

Jadi karena pinjaman di bank BRI adalah pinjaman yang diatur dan dilindungi oleh KUHPer, maka pemohon harus memenuhi syarat sah untuk menandatangani perjanjian. Perjanjian perdata dapat ditandatangani minimal ketika anda berusia 21 tahun. Jadi saat anda sudah mendapatkan pinjaman dan akan menandatangani surat perjanjian pinjaman, saat itu anda wajib berusia minimal 21 tahun.

Syarat Batas Maksimal 60 Tahun

Lalu bagaimana dengan syarat batas maksimal 60 tahun? Apakah ada di KUHPer bahwa setelah 60 tahun seseorang tidak sah lagi menandatangani surat perjanjian perdata? Sayangnya tidak ada.

Jadi apa penyebabnya mengapa bank-bank merumuskan syarat batas umur maksimal ini? Bukan hanya bank BRI yang merumuskan syarat mengenai batas umur maksimal. Seluruh bank memiliki syarat yang sama walau batasnya berbeda. Apa alasannya?

Hal ini sebenarnya tidak memiliki sumber yang pasti. Hanya saja menurut informasi pada pinjaman jenis KPR, diketahui bahwa batas usia maksimal tersebut dihubungkan dengan bagaimana produktifitas seseorang untuk dapat menghasilkan uang guna membayar cicilan pinjamannya.

Seseorang yang berusia lebih dari 60 tahun saat akhir pinjaman, tentu memiliki kemungkinan sudah tidak produktif lagi dan tidak berpenghasilan cukup untuk menyelesaikan pinjaman. Oleh karena itu pastikan untuk memenuhi syarat umur agar pengajuan anda tidak ditolak. Baca Kalau Jaminan Sertifikat 1 Hektar Di bank BRI ,Cairnya Berapa Ya?

Berikut tadi penjelasan mengenai batas umur pengajuan di BRI dengan jaminan sertifikat serta alasannya. Ternyata ada alasan dibalik setiap rumusan mengenai persyaratan bukan. Jadi jangan ragu untuk memenuhi semua persyaratan dan mengira persyaratan tersebut tidak akan dipertimbangkan jika kurang-kurang sedikit. Nyatanya, karena alasan umur saja pengajuan pinjaman anda dapat ditolak mentah-mentah. Jadi berhati-hatilah!

Advertisements
error: