Gadai Emas Tanpa Surat Bisa Ga?? (Pengalaman Sendiri)

Bisa dibilang sangat banyak orang di Indonesia yang ingin gadai emas, tapi apakah bisa gadai emas tanpa surat?

Memang gadai emas untuk memenuhi kebutuhan mendadak dan mendesak di kalangan masyarakat Indonesia sudah sangat lazim dilakukan.

Karena bagi sebagian besar masyarakat Indonesia gadai emas merupakan langkah paling aman untuk bisa mendapatkan uang segar untuk memenuhi beberapa kebutuhan yang mendesak. Kebutuhan manusia memang pada dasarnya hanya sandang, pangan, papan.

Advertisements

Akan tetapi sekarang ini ada kebutuhan mendesak seperti misalnya renovasi rumah, biaya pernikahan, dan biaya pengobatan.

Beberapa kebutuhan tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit, sehingga langkah gadai emas sering dijadikan jalan untuk memenuhinya.

Gadai Emas Tanpa Surat Bisa Ga?? (Pengalaman Sendiri)

 

Mungkinkah Gadai Emas Tanpa Surat?

Mungkin kita semua sudah mengetahui bahwa pegadaian merupakan sebuah lembaga milik pemerintah yang menyediakan pembiayaan dengan menggunakan agunan atau biasa disebut gadai.

Namun pembiayaan ini memiliki keunggulan yang bisa dibilang cukup besar dibandingkan dengan bank, karena memang ini merupakan lembaga pemerintah yang sudah pasti akan lebih berpihak kepada masyarakat.

Hal ini juga akan mempengaruhi beberapa kebijakan pegadaian yang tidak mungkin memberatkan masyarakat seperti halnya pada bank.

Advertisements

Di pegadaian sendiri ada beberapa barang yang bisa digadaikan mulai dari emas sampai ke BPKB kendaraan bermotor, sehingga ada banyak sekali barang yang bisa digadai sesuai dengan kepunyaan masyarakat dan persyaratannya pun sangat simpel dan mudah untuk diajukan. Baca Gadai BPKB Motor 1 Jam cair

Ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai pegadaian itu sendiri, karena menurut pendapat kami pertanyaan semacam ini sering diajukan karena kebanyakan orang mengalaminya.

Pertanyaannya adalah mungkinkah emas tanpa surat bisa digadaikan? Menurut pandangan kami cukup banyak masyarakat yang mengalami kehilangan surat emas yang sebenarnya cukup penting ini.

Memang surat emas itu sendiri sangatlah sederhana, sehingga banyak orang yang mungkin kurang memperhatikan dan kemudian menghilangkannya.

Lalu ada juga yang mungkin menemukan emas di jalan entah dapat dari mana, lalu mereka ingin menggadaikannya untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Akan tetapi sementara ini peraturan di pegadaian adalah dengan menyertakan surat emas untuk bukti kepemilikan dan menunjukkan nilai emas tersebut.

Meskipun berdasarkan peraturan diminta untuk menyertakan surat emas, namun beberapa kabar sempat terdengar bahwa bisa saja menggadaikan emas tanpa perlu menyertakan surat emas.

Akan tetapi biasanya nilai pinjaman yang bisa diambil tidak sebanyak yang seharusnya, karena berdasarkan peraturan nilai pinjaman maksimal adalah 92% dari nilai emas tersebut.

Jadi apabila tanpa menyertakan surat emas kemungkinan besar akan di bawah 90% dari nilai emas tersebut. Baca Yak Membuka Tabungan Emas Pegadaian

Ini merupakan kabar yang cukup baik mengingat peraturan dari Pegadaian yang semacam itu. Jadi mungkin itu merupakan salah satu resiko bila ingin menggadai emas tanpa surat.

Advertisements
error: