Font Size Digunakan Untuk? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Font size adalah ukuran huruf yang digunakan dalam teks. Font size dapat mempengaruhi tampilan dan keterbacaan teks, serta memberikan kesan tertentu kepada pembaca.

Font size biasanya diukur dalam satuan piksel (px), poin (pt), atau em. Kita akan membahas tentang fungsi dan cara menggunakan font size yang tepat untuk berbagai keperluan.

Berapa ukuran font pada umumnya?

Ukuran font pada umumnya tergantung pada jenis dan tujuan dari teks yang ditulis. Ukuran font biasanya diukur dalam satuan piksel (px), poin (pt), atau em.

Berikut adalah beberapa contoh ukuran font yang sering digunakan untuk berbagai keperluan:

Font Size Digunakan Untuk? Berikut Penjelasan Lengkapnya

  1. Untuk teks web, ukuran font standar adalah 16 px atau 1 em. Namun, ukuran font ini dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna atau desain web.
  2. Untuk teks cetak, ukuran font standar adalah 12 pt. Namun, ukuran font ini dapat bervariasi tergantung pada jenis kertas, jenis font, dan jarak antara baris.
  3. Untuk surat resmi, ukuran font yang harus digunakan bervariasi tergantung jenis surat yang dibuat. Misalnya, untuk surat dinas, sebaiknya menggunakan ukuran font 12 pt. Untuk surat undangan, sebaiknya menggunakan ukuran font 14 pt. Untuk surat perjanjian, sebaiknya menggunakan ukuran font 10 pt. Untuk surat izin, sebaiknya menggunakan ukuran font 11 pt.
  4. Untuk makalah, ukuran font standar adalah 12 pt untuk teks utama dan subjudul, serta 10 pt untuk kutipan dan catatan kaki. Jenis font yang sering digunakan untuk makalah adalah Times New Roman.

Fungsi Font Size

Font size memiliki beberapa fungsi, antara lain:

Membuat hierarki teks

Font size dapat digunakan untuk membedakan tingkat pentingnya teks, misalnya judul, subjudul, paragraf, dan catatan kaki.

Secara umum, semakin besar font size, semakin penting teks tersebut. Hal ini dapat membantu pembaca untuk mengidentifikasi struktur dan topik utama dari teks.

Meningkatkan keterbacaan teks

Font size yang sesuai dengan ukuran layar dan jarak pandang dapat memudahkan pembaca untuk membaca teks tanpa mengalami kesulitan atau kelelahan mata.

Font size yang terlalu kecil dapat menyebabkan teks sulit dibaca, sedangkan font size yang terlalu besar dapat mengganggu alur baca.

Mengatur ruang kosong

Font size dapat mempengaruhi jumlah ruang kosong (white space) yang ada di antara dan di sekitar teks. Ruang kosong dapat memberikan efek visual yang menarik, sekaligus memberikan jeda dan napas bagi pembaca.

Font size yang lebih besar cenderung membutuhkan lebih banyak ruang kosong daripada font size yang lebih kecil.

Menyampaikan pesan dan emosi.

Font size dapat digunakan untuk menekankan atau mengurangi intensitas dari pesan atau emosi yang ingin disampaikan oleh penulis.

Misalnya, font size yang besar dapat digunakan untuk menunjukkan pentingnya, urgensi, atau kegembiraan dari suatu informasi, sedangkan font size yang kecil dapat digunakan untuk menunjukkan ketidakpastian, keraguan, atau kesedihan.

Cara Menggunakan Font Size

Untuk menggunakan font size dengan baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

Menyesuaikan dengan konteks.

Font size yang digunakan harus sesuai dengan konteks dan tujuan dari teks tersebut. Misalnya, jika teks tersebut ditujukan untuk media cetak, maka font size harus cukup besar agar mudah dibaca dari jarak dekat.

Jika teks tersebut ditujukan untuk media digital, maka font size harus cukup fleksibel agar dapat disesuaikan dengan ukuran layar yang berbeda-beda.

Menggunakan kontras yang cukup.

Font size yang digunakan harus memiliki kontras yang cukup dengan warna latar belakang dari teks tersebut. Kontras yang rendah dapat menyebabkan teks sulit dibedakan dan dibaca, sedangkan kontras yang terlalu tinggi dapat menyebabkan silau dan sakit mata.

Menghindari penggunaan font size yang ekstrem.

Font size yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat mengganggu keseimbangan dan harmoni dari tampilan teks secara keseluruhan. Font size yang ekstrem juga dapat menimbulkan kesan negatif bagi pembaca, misalnya tidak profesional, tidak serius, atau tidak sopan.

Menggunakan variasi font size dengan bijak.

Font size dapat digunakan untuk membuat variasi dalam teks, misalnya untuk membuat judul, subjudul, kutipan, atau penekanan. Namun, penggunaan variasi font size harus dilakukan dengan bijak dan konsisten, agar tidak menimbulkan kebingungan atau kekacauan bagi pembaca.

Kesimpulan

Font size adalah salah satu elemen penting dalam desain teks. Font size dapat digunakan untuk berbagai fungsi, seperti membuat hierarki teks, meningkatkan keterbacaan teks, mengatur ruang kosong, dan menyampaikan pesan dan emosi.

Untuk menggunakan font size dengan baik, kita perlu menyesuaikan dengan konteks, menggunakan kontras yang cukup, menghindari penggunaan font size yang ekstrem, dan menggunakan variasi font size dengan bijak. Dengan demikian, kita dapat membuat teks yang menarik, informatif, dan persuasif.

Share

Leave a Comment

Scroll to Top