Cara Simpel Mengetahui Bank dari Nomor Rekening

Mengetahui Bank dari Nomor – Nomor rekening yang diterbitkan oleh bank merupakan kode unik pembeda nasabah satu dengan yang lainnya. Tiap bank memiliki sistem penomorannya masing-masing. Bagaimanakah cara mengetahui bank apa yang menerbitkan sebuah nomor rekening?

Caranya adalah dengan melihat jumlah digit nomor rekening. Sebab, tiap bank menerbitkan nomor rekening dengan jumlah digit yang berbeda-beda. Berikut informasinya :

  1. Nomor rekening Bank BRI : 15 digit
  2. Nomor rekening Bank Mandiri : 13 digit
  3. Nomor rekening Bank BCA : 10 digit
  4. Nomor rekening Bank BNI Syariah : 10 digit
  5. Nomor rekening Bank BTN : 16 digit
  6. Nomor rekening Bank Mandiri Syariah : 10 digit
  7. Nomor rekening OCBN NISP : 12 digit
  8. Nomor rekening Bank Danamon : 10 digit
  9. Nomor rekening Bank Danamon Syariah : 10 digit
  10. Nomor rekening Bank Maybank : 10 digit
  11. Nomor rekening Bank Bukopin Syariah : 10 digit
  12. Nomor rekening Bank Panin Syariah : 10 digit
  13. Nomor rekening Bank CIMB Niaga Syariah : 13 digit
  14. Nomor rekening Bank Sinarmas Syariah : 10 digit
  15. Nomor rekening Bank Jabar Banten Syariah : 13 digit
  16. Nomor rekening Bank Victoria Syariah : 10 digit
  17. Nomor rekening Bank Mega Syariah : 10 digit

Itulah cara mengecek bank dari nomor rekening. Cara paling mudah untuk mengetahui bank yang menerbitkan nomor rekening itu adalah dengan melihat buku tabungan. Saat ini, anda juga bisa mengecek nomor rekening yang kerap digunakan untuk penipuan. Caranya adalah dengan memasukkan nomor rekening itu pada website Cek Rekening.

Advertisements

Nomor rekening sangat penting saat menggunakan transaksi secara elektronik, contohnya saat ada yang hendak transfer ke rekening kita. Kadang, seseorang kehilangan buku tabungan, sedangkan jarang bagi orang untuk mengingat nomor rekening banknya.Baca Ini Surat Yang Harus Dilengkapi untuk Pinjam Uang di Bank BNI

Kalau sudah begitu, bagaimana cara mengetahui nomor rekening? Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor rekening :

  1. Melalui mesin ATM

Untuk mengetahui nomor rekening lewat mesin ATM, caranya adalah memasukkan ATM ke mesin dan memilih menu “mutasi rekening”. Menu tersebut akan menampilkan informasi mengenai nomor rekening serta riwayat transaksi yang pernah dilakukan dengan rekening tersebut.

Advertisements
  1. Melalui internet banking

Cara pengecekan kedua adalah melalui internet banking. Namun, yang dapat menggunakan cara ini adalah yang sudah terdaftar pada internet banking.Baca Proses Pencairan Uang di Bank Mandiri Paling Lama Berapa Hari

  1. Melalui mobile banking

Mobile banking adalah aplikasi perbankan yang membuat nasabah dapat bertransaksi melalui smartphone. Nomor rekening dapat pula dicek melalui aplikasi mobile banking. Namun, sama seperti internet banking, hanya nasabah yang sudah mendaftar pada mobile banking yang dapat menggunakan cara ini.

  1. Melalui Call Center

Tiap bank pasti memiliki layanan Call Center. Call Center dapat melayani berbagai kebutuhan nasabah, salah satunya adalah mengecek nomor rekening. Namun, sebelum menggunakan layanan ini, pastikan anda memiliki pulsa telepon yang mencukupi.

  1. Melalui customer service di bank

Untuk lebih jelasnya, nasabah juga dapat menanyakan nomor rekening pada customer service di bank yang terkait. Disini, nasabah juga bisa sekalian mencetak kembali buku tabungan yang hilang.

  1. Melalui orang-orang yang dengannya pernah bertransaksi perbankan

Transfer adalah transaksi yang lumrah dilakukan antar rekening. Saat lupa dengan nomor rekening sendiri, salah satu cara tercepat mengetahui nomor rekening itu adalah dengan menanyakan pada orang-orang yang kerap melakukan transfer pada rekening kita. Cara ini paling efektif khususnya saat kita membutuhkan informasi nomor rekening itu dalam waktu segera.

Tentunya, kejadian lupa nomor rekening atau kehilangan tabungan tentu tidak ingin dialami oleh siapapun. Karenanya, selalu simpan buku tabungan di tempat yang aman dan tidak dapat dijangkau orang lain. Baca UPDATE Tabel Pinjaman Bank Mandiri Plus Syarat Pengajuan

Ada baiknya membungkus buku tabungan dalam wadah yang tahan air, untuk menghindari resiko-resiko yang tidak diinginkan. Smartphone juga dapat digunakan untuk menyimpan nomor rekening, entah itu pada memo, kontak atau bahkan gambar. Dengan begitu, nomor rekening bisa selalu siap diakses setiap saat dibutuhkan.

Advertisements
error: