Cara Menghitung Bunga Deposito Bank Bri Per Bulannya Update 2018

Setiap bank tentu memiliki caranya masing-masing terkait bagaimana menghitung bunga deposito, termasuk bank bri. Dengan komitmen meningkatkan usaha rakyat dengan bantuan kredit, bri banyak meluncurkan inovasi-inovasi baru, salah satunya adalah layanan dalam bentuk deposito.

Saat ini hal yang banyak ditanyakan adalah terkait cara menghitung bunga deposito bank bri per bulannya.

Sebagaimana yang diketahui bahwa deposito merupakan salah satu alternatif yang banyak digandrungi oleh masyarakat, untuk menyimpan uang. Dengan jangka waktu yang bisa ditentukan sendiri, uang yang Anda depositkan tetap bisa dengan mudah dicairkan.

Advertisements

Mudah Kok Menghitung Bunga Deposito Bank Bri

Cara Menghitung Bunga Deposito Bank Bri Per Bulannya Update

Ada beberapa manfaat yang bisa dinikmati ketika membuka deposito di bank bri. Beberapa manfaat itu antara lain adanya keleluasaan dalam masa penyimpanan. Nasabah bisa menyimpan uangnya dalam jangka waktu sebulan, tiga bulan, enam bulan, atau bahkan dua tahun. Baca Bunga Deposito Bank BRI Simpedes

Selain itu, suku bunga yang kompetitif dirasa mampu memberikan imbalan yang signifikan. Bunga tersebut juga ternyata dapat langsung ditransfer ke rekening pengguna, atau bahkan ke rekening lain.

Advertisements

Selain itu, simpanan dalam bentuk deposito ini dapat dijadikan pemasukan pasif bagi pengguna selama waktu yang ditentukan. Jadi selain menyimpan, Anda dapat sekaligus berinvestasi. Adapun cara menghitung bunga deposito bank bri per bulannya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan paham terkait hal-hal yang berkaitan dengan deposito

Sebagai nasabah yang menggunakan layanan deposito, pastikan Anda memahami terkait hal-hal yang selalu ada dalam penggunaan deposito tersebut.

Seperti halnya yang berkaitan dengan perhitungan bunga deposito antara lain tier atau jumlah minimal yang harus disetor di awal, tenor atau jangka waktu yang diambil, dan pajak yang hanya berlaku pada jumlah dan tenor tertentu saja.

  • Pahami tenor yang disepakati

Jadi, sebagai nasabah juga harus memahami tenor yang disepakati di awal, apakah satu bulan, tiga bulan, enam bulan, atau lebih. Karena tenor ini berkaitan dengan nominal suku bunga deposito. Semakin lama tenor, semakin besar suku bunganya.

  • Cari contoh atau simulasinya

Melalui simulasi, tentu Anda akan lebih cepat paham bagaimana cara menghitung bunga deposito. Misalkan nasabah mengambil tenor 12 bulan dengan tier minimalnya adalah 10.000.000 juta rupiah.

Maka caranya yaitu cukup dengan menggunakan rumus: jumlah setoran x suku bunga per tahun x tenor. Adapun suku bunga deposito untuk bank bri per tahun adalah 5%. Jadi tinggal mengalikan 10.000.000 x 5% x 12/12 = 500.000 untuk setahun. Baca Pinjaman Bank Dbs, Syarat Plus Bunga

Jika ingin mengetahui cara menghitung bunga deposito bank bri per bulannya, tinggal membagi lagi hasil bunga per tahun tersebut dengan jumlah tenor. Jadi 500.000 : 12 akan ketemu hasil 41.666 sekian. Jadi angka tersebut bisa dibulatkan menjadi 41.700 ribu rupiah tiap bulannya.

Advertisements
error: