Cara Melaporkan Akun Facebook yang di Hack

Akun facebook yang di hack adalah akun yang diambil alih oleh orang lain atau virus tanpa sepengetahuan atau izin pemiliknya.

Akun yang di hack dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti mengirim spam, menipu teman, mengubah informasi pribadi, atau bahkan menghapus akun.

Cara melaporkan akun facebook yang di hack tergantung pada kondisi akun tersebut, apakah masih bisa diakses atau tidak.

Melaporkan Akun Facebook yang di Hack

Jika akun masih bisa diakses, langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah:

  1. Mengubah kata sandi dan informasi keamanan akun, seperti email dan nomor telepon.
  2. Meninjau aktivitas login dan keluar dari semua perangkat yang terhubung dengan akun.
  3. Memeriksa dan menghapus aplikasi atau permainan yang mencurigakan yang terhubung dengan akun.
  4. Menghapus atau memperbaiki postingan, komentar, pesan, atau tautan yang tidak dikirim oleh pemilik akun.
  5. Memberitahu teman dan keluarga bahwa akun telah di hack dan meminta mereka untuk tidak mengklik tautan atau pesan dari akun tersebut.

Jika akun tidak bisa diakses, langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah:

Cara Melaporkan Akun Facebook yang di Hack

  1. Mengunjungi situs www.facebook.com/hacked dan mengklik tombol “Akun Saya Dibobol”.
  2. Mengikuti instruksi yang diberikan untuk memulihkan akun, seperti memasukkan email atau nomor telepon, menjawab pertanyaan keamanan, atau meminta bantuan dari teman.
  3. Jika tidak berhasil memulihkan akun, mengisi formulir permintaan bantuan dan memberikan informasi sebanyak mungkin, seperti email, nama lengkap, tanggal lahir, foto profil, dan bukti identitas.
  4. Menunggu balasan dari tim dukungan facebook dan mengikuti langkah-langkah selanjutnya yang diberikan.

Apakah akun facebook yang hilang bisa kembali?

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba, tergantung pada penyebab akunmu hilang. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  • Jika akunmu masih bisa diakses, kamu bisa mengubah kata sandi dan informasi keamanan akunmu untuk mencegah pembobolan. Kamu juga bisa meninjau aktivitas login dan menghapus aplikasi atau postingan yang mencurigakan.
  • Akunmu tidak bisa diakses karena lupa kata sandi, email, atau nomor telepon, kamu bisa mencoba login dengan sistem account recovery. Kamu bisa meminta kode keamanan melalui email, SMS, atau akun Google yang terhubung dengan akun Facebook-mu.
  • Jika akunmu tidak bisa diakses karena dibajak, dihapus, atau disanksi oleh Facebook, kamu bisa mengunjungi situs www.facebook.com/hacked dan mengikuti instruksi yang diberikan. Kamu juga bisa mengisi formulir permintaan bantuan dan memberikan informasi sebanyak mungkin untuk memverifikasi identitasmu.

Baca juga : Cara Melaporkan Suami Nikah Siri Kesini Lapornya

Yang menyebabkan akun kena hack

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan akun Facebook kena hack oleh orang lain atau virus. Berikut adalah beberapa penyebab umum yang perlu Anda ketahui:

Penggunaan password yang lemah

Jika Anda menggunakan password yang mudah ditebak, seperti nama, tanggal lahir, atau nomor telepon, Anda berisiko kehilangan akun Anda. Password yang lemah dapat dengan mudah ditembus oleh hacker dengan menggunakan teknik brute force atau menebak-nebak.

Penggunaan aplikasi atau situs penipu

Beberapa aplikasi atau situs yang menawarkan fitur menarik, seperti melihat siapa yang mengunjungi profil Anda, dapat menjadi jebakan untuk mencuri data akun Anda. Aplikasi atau situs tersebut dapat meminta Anda untuk memberikan izin akses, email, atau password akun Anda.

Baca juga : Cara Melaporkan Perbuatan Tidak Menyenangkan ke Polisi

Phishing

Phishing adalah teknik yang digunakan oleh hacker untuk membuat situs palsu yang menyerupai situs asli, seperti Facebook.

Tujuannya adalah untuk menipu Anda agar memasukkan email atau password akun Anda di situs palsu tersebut. Biasanya, situs palsu tersebut dikirimkan melalui email, pesan, atau tautan yang mengiming-imingi hadiah atau promo.

Penggunaan Wi-Fi publik yang tidak aman

Jika Anda mengakses Facebook melalui Wi-Fi publik yang tidak memiliki enkripsi atau proteksi, Anda berisiko kehilangan data akun Anda. Hacker dapat mengintip lalu lintas data yang Anda kirimkan atau terima melalui Wi-Fi publik tersebut dan mencuri informasi penting, seperti email atau password.

Penggunaan komputer atau perangkat yang terinfeksi malware

Malware adalah perangkat lunak jahat yang dapat mengganggu, merusak, atau mencuri data dari komputer atau perangkat Anda. Jika komputer atau perangkat Anda terinfeksi malware, hacker dapat mengendalikan atau memantau aktivitas Anda, termasuk mengakses akun Facebook Anda.

Baca juga : Cara Melaporkan BPNT yang Tidak Cair Pengalamanku

Demikian beberapa penyebab yang dapat menyebabkan akun Facebook kena hack. Untuk mencegah hal ini terjadi, ada beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan, seperti:

  1. Menggunakan password yang kuat dan berbeda untuk setiap akun.
  2. Tidak memberikan izin akses, email, atau password akun Anda kepada aplikasi atau situs yang tidak terpercaya.
  3. Tidak mengklik tautan atau pesan yang mencurigakan dari orang yang tidak dikenal.
  4. Menggunakan VPN atau jaringan pribadi saat mengakses Facebook melalui Wi-Fi publik.
  5. Memindai dan membersihkan komputer atau perangkat Anda dari malware secara berkala.

Cara mendapatkan kode login Facebook tapi nomor sudah tidak aktif

Ada beberapa cara untuk mendapatkan kode login Facebook jika nomor telepon yang terdaftar sudah tidak aktif. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba:

Baca juga : Cara Melaporkan Rentenir ke Polisi ini Prosedurnya

  • Biarkan Facebook mengirimkan kode konfirmasi meskipun nomor Anda sudah tidak aktif lagi.
  • Gunakan kode recovery yang mungkin tersimpan saat Anda mengaktifkan Two-Factor Authentication.
  • Login di perangkat yang sering digunakan. Setiap kali pengguna berhasil login ke sebuah perangkat dengan browser tertentu, Facebook akan memberikan notifikasi apakah Anda ingin mengingatnya atau tidak. Jika Anda klik ‘Ya’ maka Anda tidak perlu menunggu kode konfirmasi lagi.
  • Mengirimkan laporan masalah ke Facebook.

Semoga cara-cara di atas dapat membantu Anda untuk mendapatkan kode login Facebook anda kembali.

Share

Leave a Comment

Scroll to Top