Cara Lengkap Pinjam Uang di Bank Mandiri Untuk Usaha

Pinjam Uang di Bank Mandiri – Usaha membutuhkan modal yang tidak sedikit. Ketika terdapat peluang usaha namun tidak memiliki modal, salah satu solusi yang dapat diambil ialah meminjam uang di bank. Ada banyak bank yang menawarkan pinjaman uang untuk usaha.

Salah satunya adalah Bank Mandiri. Kredit usaha yang ditawarkan oleh Bank Mandiri disebut dengan Kredit Usaha Rakyat Mandiri. Bagaimanakah cara meminjam uang di Bank Mandiri untuk usaha?

Langkah 1 : Persiapkan Syarat Permohonannya

Untuk meminjam KUR Mandiri, maka harus memenuhi syarat-syarat berikut ini :

Advertisements
  1. Calon pemohon tidak sedang melakukan kredit, kecuali kalau kredit yang dijalani pembayarannya lancar. Jenis kredit yang boleh dijalani saat permohonan KUR Mandiri adalah KUR Mandiri, kredit pemilikan rumah, kartu kredit, kredit kendaraan bermotor, serta resi gudang.
  2. Jika pemohon sudah melunasi kredit di luar KUR Mandiri namun masih mempunyai baki debet kredit produktif, maka harus melampirkan surat keterangan lunas dengan cetakan rekening koran.
  3. Calon pemohon tidak masuk dalam daftar hitam nasional
  4. Calon pemohon minimal berumur 21 tahun atau telah menikah. Maksimal umur pemohon saat melunasi kredit ialah 60 tahun.
  5. Calon pemohon memiliki usaha yang sudah berjalan selama 6 bulan, sifatnya produktif dan layak.

Sementara itu, persyaratan dokumen yang harus dilengkapi adalah :

Baca dulu ya Berapa Lama Proses Pencairan Pinjaman Bank BRI

  1. KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  2. Fotokopi surat nikah (Bagi yang telah menikah)
  3. Surat keterangan usaha
  4. Fotokopi NPWP
  5. Pas foto 4×6 2 lembar
  6. Bukti pelunasan atau pembayaran PBB

Langkah 2 : Ajukan Pinjaman KUR Mandiri di Bank Mandiri

Berikut adalah prosedur pengajuan pinjaman KUR Mandiri :

  1. Datangi Kantor Cabang Mandiri terdekat dengan membawa persyaratan dokumen yang sudah ditentukan.
  2. Petugas akan menanyai keperluan, nyatakan bahwa ingin mengajukan KUR Mandiri. Nantinya petugas akan memberikan formulir yang harus diisi. Isilah formulir dengan lengkap dan benar. Formulir kemudian diberikan kepada petugas dengan persyaratan dokumen yang sudah ditentukan.
  3. Sebelum pinjaman disetujui, pihak Bank Mandiri akan melakukan survey pada usaha yang diajukan kredit. Jika usaha yang dijalankan memenuhi kriteria yang ditetapkan, maka Bank Mandiri dapat menyetujui permohonan pinjaman.
  4. Sebelum pinjaman dicairkan, akan dilakukan penandatanganan surat perjanjian pinjaman. Pinjaman pun dicairkan ke rekening Mandiri.

Baca dulu Proses Pencairan Uang di Bank Mandiri Paling Lama Berapa Hari

Advertisements

Itulah cara meminjam uang di Bank Mandiri untuk keperluan usaha. Di KUR Mandiri, sebenarnya ada beberapa jenis kredit. Penjelasan diatas merupakan penjelasan proses meminjam KUR Mandiri Mikro. Apa itu KUR Mikro? Apa saja jenis KUR Mandiri yang lainnya? Simak informasinya berikut ini :

  1. KUR Mikro

KUR Mikro merupakan pinjaman usaha dengan maksimal pinjaman Rp 25 juta. Karena nominal pinjamannya yang relatif kecil, tidak diperlukan agunan untuk memperoleh KUR Mikro ini. Yang terpenting adalah usaha yang dijalankan benar-benar memenuhi syarat yang ditetapkan.

Jangka waktu pengembalian KUR Mikro ini tergantung pada jenis pembiayaan. Jika dana digunakan untuk modal kerja, maka maksimal kreditnya adalah 3 tahun. Sementara jika dana digunakan untuk pembiayaan investasi, maka paling lama pengembaliannya adalah 5 tahun.

  1. KUR Ritel

KUR Ritel adalah KUR dengan plafon pinjaman mulai lebih dari Rp 25 juta hingga maksimal Rp 200 juta. Sebab nominal pinjamannya yang tergolong besar, kredit ini membutuhkan dokumen agunan dalam pengajuannya.

KUR Ritel ini dapat dikembalikan dalam jangka waktu 3 tahun apabila digunakan untuk modal kerja dan 5 tahun maksimal apabila digunakan untuk investasi.

  1. KUR TKI

KUR TKI ini seperti namanya adalah dana pinjaman yang diperuntukkan bagi calon TKI yang hendak berangkat ke negara penempatan.

Besar pinjamannya maksimal adalah Rp 25 juta per orangnya. KUR TKI ini dapat dikembalikan dalam waktu maksimal 12 bulan atau juga dapat disesuaikan dengan masa kontrak kerja.Baca 5 Syarat Wajib Mengajukan KPR BRI Pemula

  1. KUR Khusus

KUR Khusus merupakan KUR dengan plafon paling tinggi diantara KUR Mandiri yang lainnya. Pinjamannya mulai Rp 25 juta hingga mencapai Rp 500 juta. KUR ini diberikan kepada kelompok yang mengelola perkebunan, peternakan atau perikanan rakyat secara bersama-sama.

error: