Home Kredit Cara Klaim Asuransi Mobil Digelapkan

Cara Klaim Asuransi Mobil Digelapkan

6 min read
0
Cara Klaim Asuransi Mobil Digelapkan

Kesempatan kali ini akan kami jelaskan cara klaim asuransi mobil digelapkan. Memiliki asuransi kendaraan tentu menjadikan Anda mampu tenang ketika terjadi sebuah hal yang tidak dikehendaki terhadap mobil, yaitu kehilangan, pencurian, dan lain sebagainya.

Namun untuk masalah penggelapan terkadang cukup sulit untuk ditangani karena perusahaan asuransi bisa menolak pengajuan klaim yang Anda lakukan. Nah, bagaimana solusinya? Mari kita simak pada ulasan di bawah ini.

Melakukan Klaim Asuransi Pada Kasus Penggelapan Mobil

Penggelapan merupakan sebuah kejadian di mana Anda meminjamkan mobil kepada orang lain, namun ternyata orang yang dipinjamkan mobil malah membawa kabur mobil tersebut. Ketika kasus tersebut terjadi sebenarnya pihak asuransi bisa dan berhak untuk menolak klaim.

Advertisements

Penolakan yang dilakukan oleh pihak asuransi ini sesuai dengan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia Bab II mengenai Pengecualian Pasal 3 ayat 1.2.

Dalam pasal tersebut disebutkan jika dalam pertanggungannya tidak menjamin untuk kerugian, kerusakan serta biaya atas kendaraan bermotor ataupun tanggung jawab secara hukum terhadap pihak ketiga yang mana disebabkan oleh penggelapan lalu penipuan serta hipnotis dan sejenisnya.

Hal inilah yang sering menjadi masalah ketika Anda ingin melakukan klaim atas kasus penggelapan yang dialami. Namun berbeda ketika di dalam penggelapan yang Anda alami ada unsur kekerasan.

Misalnya ada orang yang meminjam mobil Anda, namun tidak diserahkan dan kemudian Anda dipaksa hingga terjadi kekerasan atau perampasan. Hal ini termasuk dalam perbuatan jahat pada asuransi sehingga proses klaim bisa dilakukan. Baca Apa Fungsi Polis Asuransi

Cara Yang Ditempuh Untuk Melakukan Klaim Mobil Karena Penggelapan

Ketika Anda sudah mengerti tentang kasus penggelapan mana yang bisa dilakukan klaim, maka perlu untuk belajar tentang bagaimana cara klaim asuransi mobil digelapkan itu dilakukan. Proses dari klaimnya adalah seperti berikut:

Advertisements
  • Lapor pada pihak kepolisian

Laporkan kejadian hilangnya mobil baik karena pencurian ataupun penggelapan kepada pihak kepolisian. Anda bisa melaporkan secara lengkap tentang bagaimana kejadian tersebut terjadi, ciri dari mobil yang dimiliki, merek mobil, nomor plat, dan sejenisnya.

Hal ini tentunya bisa membantu kepolisian dalam mendalami kasus hilangnya mobil yang Anda alami sehingga penyelidikan lebih mudah. Baca 5 Kelebihan Asuransi Mobil All Risk Sinarmas

  • Lapor kepada pihak leasing atau pihak asuransi

Jika lapor pada pihak kepolisian telah dilakukan, maka selanjutnya Anda harus sesegera mungkin melaporkan pada pihak leasing ketika mobil masih di bawah naungannya atau pihak asuransi ketika Anda memiliki asuransi komprehensif.

Melaporkan ke pihak leasing sendiri juga bertujuan untuk melakukan klaim asuransi atas hilangnya mobil tersebut.

Usahakan untuk sesegera mungkin melakukan laporan kepada pihak leasing ataupun asuransi minimal 3 x24 jam dari waktu kejadian mobil hilang.

  • Persiapkanlah berbagai dokumen penting

Dalam laporan kepada asuransi ataupun leasing pastinya membutuhkan beberapa dokumen. Mempersiapkan dokumen tersebut tentu menjadikan Anda tidak repot nantinya ketika ingin melakukan cara klaim asuransi mobil digelapkan.

Beberapa jenis dokumen penting yang perlu disiapkan antara lain adalah STNK, SIM, KTP, surat keterangan kehilangan dari kepolisian, surat pernyataan kesiapan dilakukan survei asuransi, dan terakhir adalah bukti cicilan terakhir ketika mobil dalam keadaan kredit.

Jika semua proses telah Anda lakukan, maka tinggal berdoa saja supaya mobil bisa selesai ditangani dan mendapatkan ganti rugi. Baca Solusi Motor Kredit Hilang Karena Penipuan

Proses ketika lancar berjalan minimal akan membutuhkan waktu sekitar 14 hari. Semoga dengan langkah yang kami berikan ini mampu membuat Anda mengerti dan memahami bagaimana cara klaim asuransi mobil digelapkan.

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Kredit

Tinggalkan Balasan