Cara Kerja di Australia Lulusan SMA Cukup Siapkan Ini

Australia merupakan salah satu negara yang menawarkan banyak peluang kerja bagi lulusan SMA dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Bekerja di Australia bisa memberikan pengalaman, pengetahuan, dan gaji yang menarik. Namun, tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan di Australia, terutama jika Anda tidak memiliki keterampilan atau kualifikasi yang sesuai.

Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik sebelum melamar pekerjaan di Australia.

Berikut adalah beberapa tips dan strategi yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan peluang Anda bekerja di Australia sebagai lulusan SMA.

Biaya hidup di Australia

secara umum, biaya hidup di Australia tergolong tinggi dibandingkan dengan negara-negara lain. Berikut adalah perkiraan biaya hidup di Australia per bulan tahun 2023 yang bisa dijadikan acuan:

Biaya hidup di Australia

Tempat tinggal:

Biaya sewa tempat tinggal di Australia tergantung pada jenis, lokasi, dan fasilitas yang ditawarkan. Rata-rata, biaya sewa asrama kampus adalah AUD 11.000 hingga 22.000 per tahun. Biaya sewa homestay adalah AUD 235 hingga 325 per minggu. Biaya sewa apartemen satu kamar di pusat kota berkisar dari AUD 1.500 hingga 2.600 per bulan.

Tagihan utilitas:

Biaya tagihan utilitas seperti listrik, air, gas, dan internet juga tergantung pada pemakaian dan penyedia layanan. Rata-rata, biaya tagihan utilitas per bulan adalah AUD 200 hingga 300.

Makan dan minum:

Biaya makan dan minum di Australia juga bervariasi tergantung pada pilihan makanan, tempat makan, dan frekuensi makan. Rata-rata, biaya belanja bahan makanan per bulan adalah AUD 300 hingga 500. Biaya makan di restoran atau kafe berkisar dari AUD 15 hingga 30 per orang per kali makan.

Transportasi:

Biaya transportasi di Australia tergantung pada jenis transportasi, jarak tempuh, dan zona tarif. Rata-rata, biaya transportasi umum per bulan adalah AUD 100 hingga 200. Biaya bensin per liter adalah AUD 1,5 hingga 2. Biaya sewa mobil per hari adalah AUD 50 hingga 100.

Komunikasi:

Biaya komunikasi di Australia tergantung pada penyedia layanan, paket yang dipilih, dan pemakaian. Rata-rata, biaya telepon seluler per bulan adalah AUD 30 hingga 50.

Hiburan dan rekreasi:

Biaya hiburan dan rekreasi di Australia tergantung pada pilihan aktivitas, tempat, dan frekuensi. Rata-rata, biaya tiket bioskop per orang adalah AUD 15 hingga 20. Biaya tiket masuk museum atau taman nasional per orang adalah AUD 10 hingga 30. Biaya olahraga atau kebugaran per bulan adalah AUD 50 hingga 100.

Jadi, total perkiraan biaya hidup di Australia per bulan tahun 2023 adalah:

Untuk mahasiswa yang tinggal di asrama kampus: AUD 1.500 hingga 2.500 atau setara dengan Rp14.957.250 hingga Rp24.928.750.

Untuk pekerja yang tinggal di apartemen satu kamar di pusat kota: AUD 2.150 hingga 4.000 atau setara dengan Rp21.436.125 hingga Rp39.860.000.

Cara Kerja di Australia Lulusan SMA Memperkaya Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi dan paling banyak digunakan di Australia. Jika Anda ingin bekerja di Australia, Anda harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, baik lisan maupun tulisan.

Cara Kerja di Australia Lulusan SMA Cukup Siapkan Ini

Anda bisa memperkaya bahasa Inggris Anda dengan berbagai cara, seperti membaca buku, menonton film, mengikuti kursus online, atau berlatih dengan teman atau keluarga yang fasih berbahasa Inggris.

Selain itu, Anda juga harus memiliki sertifikat bahasa Inggris yang diakui secara internasional, seperti IELTS atau TOEFL.

Sertifikat ini akan membuktikan bahwa Anda memiliki kemampuan bahasa Inggris yang memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemberi kerja atau pemerintah Australia.

Mencari Lowongan Pekerjaan

Ada banyak cara untuk mencari lowongan pekerjaan di Australia, seperti melalui situs web karir, media sosial, agen rekrutmen, atau kenalan.

Anda harus mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat, dan keterampilan Anda. Juga harus memperhatikan syarat dan kriteria yang diminta oleh pemberi kerja, seperti pengalaman kerja, pendidikan, visa, atau lisensi.

Jika Anda merasa memenuhi syarat dan kriteria tersebut, Anda bisa mengirimkan lamaran Anda melalui email atau aplikasi online yang disediakan oleh pemberi kerja.

Syarat kerja di Australia

Visa kerja adalah izin resmi yang diberikan oleh pemerintah Australia untuk memasuki dan tinggal di negara tersebut untuk tujuan bekerja.

Ada beberapa jenis visa kerja yang bisa Anda ajukan, tergantung pada kualifikasi, durasi, dan jenis pekerjaan yang Anda inginkan.

Beberapa contoh visa kerja adalah Working Holiday Visa, Temporary Skill Shortage Visa, Employer Nomination Scheme Visa, atau Skilled Independent Visa.

Memahami dan menguasai bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi dan paling banyak digunakan di Australia. Jika Anda ingin bekerja di Australia, Anda harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, baik lisan maupun tulisan.

Anda harus memiliki sertifikat bahasa Inggris yang diakui secara internasional, seperti IELTS atau TOEFL. Nilai minimal IELTS yang dibutuhkan adalah 4,5.

Memiliki bank Australia

Bank Australia adalah lembaga keuangan yang menyediakan layanan perbankan di Australia. Jika Anda bekerja di Australia, Anda harus memiliki rekening bank Australia untuk menerima gaji dari pemberi kerja Anda.

Anda bisa membuka rekening bank Australia dengan menunjukkan dokumen identitas, seperti paspor, visa, atau surat keterangan kerja.

Memiliki sertifikat dan mengikuti pelatihan

Sertifikat dan pelatihan adalah bukti bahwa Anda memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan bidang atau profesi yang Anda tekuni.

Jika Anda bekerja di Australia, Anda harus memiliki sertifikat dan pelatihan yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Beberapa contoh sertifikat dan pelatihan yang dibutuhkan adalah sertifikat komputer, sertifikat memasak, sertifikat mengemudi, atau sertifikat merawat hewan.

Anda harus memiliki Tax File Number (TFN)

TFN adalah nomor identifikasi pajak yang diberikan oleh Australian Taxation Office (ATO) kepada setiap wajib pajak di Australia.

Jika Anda bekerja di Australia, Anda harus memiliki TFN untuk membayar pajak penghasilan dari gaji Anda.

Anda bisa mengajukan TFN secara online atau melalui kantor pos dengan menunjukkan dokumen identitas, seperti paspor, visa, atau surat keterangan kerja.

Memiliki pengalaman Kerja

Pengalaman kerja adalah riwayat pekerjaan yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Jika Anda bekerja di Australia, Anda harus memiliki pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Pengalaman kerja akan membantu Anda menunjukkan kemampuan dan kompetensi Anda kepada pemberi kerja.

Pendidikan terakhir minimal SMA atau sarjana

Pendidikan terakhir adalah tingkat pendidikan formal tertinggi yang pernah Anda selesaikan. Jika Anda bekerja di Australia, Anda harus memiliki pendidikan terakhir minimal SMA atau sarjana, tergantung pada persyaratan pekerjaan yang Anda lamar.

Pendidikan terakhir akan membantu Anda mendapatkan pengakuan atas kualifikasi pendidikan Anda di Australia.

Dokumen pribadi, seperti KTP, SKCK, KK, akte lahir

Dokumen pribadi adalah dokumen resmi yang berisi informasi pribadi tentang diri Anda. Jika Anda bekerja di Australia, Anda harus memiliki dokumen pribadi yang lengkap dan valid untuk keperluan administrasi dan legalitas.

Dokumen pribadi juga akan membantu Anda membuktikan identitas dan status Anda sebagai warga negara Indonesia.

Menyesuaikan Diri dengan Budaya Kerja Australia

Budaya kerja di Australia mungkin berbeda dengan budaya kerja di Indonesia. Sebagai lulusan SMA yang ingin bekerja di Australia, Anda harus menyesuaikan diri dengan budaya kerja yang ada di sana.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah:

Berkomunikasi dengan sopan dan jelas.

Gunakan bahasa Inggris yang formal dan baku saat berbicara dengan atasan atau klien. Hindari menggunakan bahasa slang atau singkatan yang tidak umum dipahami.

Menghormati keragaman dan inklusivitas.

Australia adalah negara multikultural yang terdiri dari berbagai etnis, agama, ras, dan orientasi seksual. Anda harus menghargai dan menghormati perbedaan yang ada di tempat kerja. Jangan melakukan diskriminasi, pelecehan, atau intimidasi terhadap siapa pun.

Bekerja dengan profesional dan bertanggung jawab.

Tunjukkan bahwa Anda adalah pekerja yang kompeten, disiplin, dan berdedikasi. Lakukan tugas dan tanggung jawab Anda dengan baik dan tepat waktu. Jika Anda mengalami kesulitan atau masalah, segera minta bantuan atau saran dari atasan atau rekan kerja Anda.

Bersikap ramah dan kooperatif

Bangun hubungan yang baik dengan atasan dan rekan kerja Anda. Berikan salam, senyum, dan ucapan terima kasih saat berinteraksi dengan mereka. Bekerja sama dengan tim dan berkontribusi dalam mencapai tujuan bersama.

Mengasah Keterampilan

Untuk bekerja di Australia sebagai lulusan SMA, Anda harus memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh pemberi kerja.

Keterampilan ini bisa berupa keterampilan teknis atau keterampilan lunak. Keterampilan teknis adalah keterampilan yang berkaitan dengan bidang atau profesi tertentu, seperti mengoperasikan komputer, memasak, mengemudi, atau merawat hewan.

Keterampilan lunak adalah keterampilan yang berkaitan dengan sikap atau perilaku seseorang di tempat kerja, seperti komunikasi, kerjasama, adaptasi, atau pemecahan masalah.

Anda bisa mengasah keterampilan Anda dengan berbagai cara, seperti mengikuti kursus online, pelatihan, seminar, workshop, magang, atau relawan.

Dengan memiliki keterampilan yang baik, Anda akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan di Australia dan meningkatkan karir Anda di sana.

Kesimpulan

Bekerja di Australia sebagai lulusan SMA bisa menjadi pilihan yang menarik bagi Anda yang ingin mendapatkan pengalaman, pengetahuan, dan gaji yang menarik. Namun, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum melamar pekerjaan di Australia.

Beberapa tips dan strategi yang bisa Anda terapkan adalah memperkaya bahasa Inggris, mencari lowongan pekerjaan, mempersiapkan dokumen penting, menyesuaikan diri dengan budaya kerja Australia, dan mengasah keterampilan.

Dengan menerapkan tips dan strategi ini, Anda akan lebih siap untuk bekerja di Australia sebagai lulusan SMA.

Share

Leave a Comment

Scroll to Top