Bisanya 3-7 Kerja Hari Setelah Survey KUR BRI Cair Pengalaman

Ternyata Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah salah satu program pinjaman bank yang paling banyak diminati saat ini. Program KUR ini memungkinkan nasabah yang memiliki usaha untuk dapat mengajukan bantuan pinjaman dana ke bank.

Bantuan pinjaman dana untuk modal usaha ini adalah program dari pemerintah yang penyalurannya bekerja sama dengan beberapa bank persero.

Salah satu bank tersebut adalah bank BRI. Jadi anda sebagai nasabah bank BRI dan ingin mendapatkan KUR, maka dapat mengajukan pinjaman KUR ini ke bank BRI terdekat.

Walau sudah banyak masyarakat yang menanyakan mengenai kemungkinan untuk mendapatkan KUR, ternyata banyak juga masyarakat yang masih bingung mengenai tahapan-tahapan dalam pengajuan KUR ini.

Berbeda dengan program pinjaman dana lain dari bank BRI, KUR BRI membutuhkan survey untuk memastikan bahwa pemohon benar memiliki usaha dan usaha tersebut aktif juga menghasilkan keeuntungan.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan penerima KUR tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh pemerintah penyalurannya.

Survey memiliki peranan penting dalam menentukan apakah pengajuan KUR BRI anda diterima atau tidak. Selain karena merupakan tahapan terakhir dalam pengajuan pinjaman KUR BRI, proses ini pun menjadi syarat terpenting yang harus dipenuhi.

Baca Bisakah Pengambilan Jaminan Di Bank Tanpa Orang Bersangkutan

Nah setelah survey KUR BRI dilakukan dan hasilnya disetujui, barulah uang pinjaman modal yang anda ajukan dapat dicairkan.

Sangat sederhana namun sangat penting fungsinya survey ini. Tapi tahukah anda berapa hari setelah survey KUR BRI uang bisa cair? Jika belum mengetahui informasi tersebut, simaklah penjelasan di bawah ini.

Berapa Hari Setelah Survey KUR BRI Uang Bisa Cair untuk Modal?

Jika anda sudah menyiapkan semua persyaratan dan proses pengajuan pinjaman KUR telah anda sampaikan ke bank BRI, maka anda tinggal menunggu kapan survey dilakukan oleh bank.

Survey ini dilakukan oleh bank tentu secara bertahap, karena ada banyak pemohon KUR lain yang juga menunggu antrian untuk survey.

Proses survey pun akhirnya akan anda lalui dengan mudah. Pastikan untuk melakukan tips berikut ini agar hasil survey usaha anda memuaskan dan permohonan anda dapat disetujui.

Pastikan seluruh dokumen yang dipersyaratkan untuk mengajukan pinjaman KUR ini sudah anda lengkapi semua. Beberapa berkas yang sering terlewat adalah surat izin usaha/ surat keterangan usaha dari kelurahan, nomor pokok wajib pajak (NPWP), dan tanda pembayaran lunas PBB anda.

Jika anda mengikuti wawancara sebagai proses pengajuan, maka pastikan untuk menjawab setiap pertanyaan dengan yakin. Pastikan untuk tidak ragu-ragu dan terbata-bata dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

Anda yang memiliki usaha berupa toko, pastikan untuk meningkatkan stok barang saat survey akan dilakukan oleh pihak bank. Semakin kuat dan aktif usaha anda terlihat, semakin yakin bank untuk memberikan bantuan KUR tadi.

Jika anda sudah mengikuti seluruh tips di atas dan akhirnya permohonan anda disetujui, maka anda perlu menunggu beberapa saat hingga KUR BRI bisa dicairkan. Secara umum diketahui bahwa dalam waktu 7 – 14 hari dana sudah bisa dicairkan.

Namun dalam situasi tertentu, seperti permohonan sudah penuh maka paling lambat dana bisa anda cairkan dalam waktu satu bulan.

Satu bulan adalah waktu yang sangat cukup untuk anda menerima pencairan dana untuk modal usaha dari bank BRI.

Jika sampai satu bulan anda belum menerimanya, maka anda dapat segera menghubungi call center BRI di 14017. Atau jika anda sudah mengenal pegawai BRI yang memroses pengajuan anda, jangan ragu untuk bertanya mengenai perkembangannya.

Tanyakan juga alasan mengapa pencairan dana anda belum turun. Jika ada beberapa syarat yang masih harus dilengkapi, sebaiknya anda segera melengkapinya. Jadi biaya yang anda butuhkan untuk menambah modal dapat segera anda miliki.

Apakah pinjaman BRI bisa langsung cair

Pinjaman BRI dapat langsung cair jika dokumen dan syarat yang diajukan oleh calon peminjam sudah lengkap dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh bank.

Namun, proses ini bergantung pada kebijakan masing-masing cabang BRI dan juga jumlah pinjaman yang diajukan.

Pada umumnya, untuk pinjaman BRI dengan jumlah yang besar atau untuk peminjam baru, proses persetujuan dan pencairan dana bisa memakan waktu lebih lama.

Biasanya, prosesnya membutuhkan waktu beberapa hari kerja untuk menyelesaikan verifikasi dan validasi dokumen, cek keabsahan jaminan, serta proses pencairan dana.

Baca juga: 5 Cara Bayar Shopee Paylater Paling Mudah dan Cepat

Namun, untuk pinjaman BRI kecil atau yang telah memiliki track record sebagai nasabah yang baik, proses persetujuan dan pencairan dana bisa lebih cepat dan bahkan bisa langsung cair.

Penting untuk diingat bahwa kecepatan proses pencairan dana juga bisa dipengaruhi oleh ketersediaan stok dana pada cabang BRI yang bersangkutan.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai berapa hari setelah survey KUR BRI uang bisa dicairkan. Semoga dengan penjelasan yang diberikan di atas, anda dapat mengerti bahwa tidak lama proses pencairan KUR dilakukan di BRI.

Jika tidak ada masalah, siapapun anda yang membutuhkan bantuan modal usaha berhak untuk mendapatkannya. Jangan ragu mengajukan KUR di BRI mulai dari sekarang!

Batas pinjaman KUR BRI?

KUR (Kredit Usaha Rakyat) adalah salah satu program pinjaman dari BRI (Bank Rakyat Indonesia) yang ditujukan untuk membiayai usaha mikro, kecil, dan menengah dengan bunga yang rendah dan syarat yang mudah.

Pada program KUR BRI, batas maksimum pinjaman adalah Rp. 500 juta per debitur.

Namun, perlu dicatat bahwa batas maksimum pinjaman KUR BRI ini tidak berlaku secara mutlak, karena besar kecilnya pinjaman yang disetujui bergantung pada beberapa faktor seperti jenis usaha, kemampuan debitur dalam membayar cicilan, serta analisis kelayakan usaha yang dilakukan oleh BRI.

Baca juga: Jika Pembayaran BPJS Terlambat Segara Lakukan Langkah Ini

Oleh karena itu, untuk mengetahui batas pinjaman yang tepat, sebaiknya Anda langsung menghubungi BRI terdekat atau kantor cabang BRI yang memiliki layanan KUR.

Share

Leave a Comment

Scroll to Top