Bisakah Pengambilan Jaminan Di Bank Tanpa Orang Bersangkutan

Pinjaman dengan menggunakan jaminan atau agunan setelah lunas tentu anda harus datang kembali ke bank untuk mengambil jaminan tersebut. Tentu berbagai persyaratan harus anda penuhi untuk pelunasan dan pengambilan jaminan. Hal ini pun berlaku untuk pinjaman dengan jaminan yang anda miliki di bank BRI.

Anda perlu mengambil jaminan ketika sudah melunasi pembayaran pinjaman. Biasanya proses pengambilan jaminan di bank BRI ini akan dibuat janji khusus pada tanggal tertentu. Anda dapat datang di tanggal yang dijanjikan setelah pelunasan tersebut untuk mengambilnya.

Sayangnya, sering kali waktu yang dijanjikan dari bank untuk mengambil jaminan tidak sesuai dengan waktu luang anda. Bisa saja di tanggal yang dijanjikan anda sudah terlanjur memiliki janji, pekerjaan penting, atau berbagai urusan lainnya.

Advertisements

Lalu apa yang harus anda lakukan untuk mengatasinya? Tentu pilihan yang paling umum dilakukan adalah mencari pengganti untuk mengambil jaminan. Namun apakah boleh mengambil jaminan di bank BRI tanpa orang yang bersangkutan? Jika mungkin, bagaimana caranya?

Ternyata untuk cara pengambilan jaminan di bank BRI tanpa orang yang bersangkutan masih bisa dilakukan. Hal ini mengingat memang ada banyak situasi di mana seseorang tidak dapat mengambil sendiri jaminan pinjamannya karena berbagai alasan. Dalam kondisi seperti ini tentu anda harus mencari pengganti untuk mengambil, dan berikan surat kuasa pengambilan kepadanya. Baca Ini Contoh Membuat Surat Agunan Pinjaman Ke Berbagai Bank

Surat kuasa ini harus dibuat dengan ketentuan tertentu dan dilengkapi juga dengan syarat-syarat lainnya. Agar anda tidak kebingungan mengenai cara pengambilan jaminan di  bank BRI tanpa orang yang bersangkutan ini, maka cobalah simak penjelasan lengkapnya berikut.

Tahapan Cara Pengambilan Jaminan di Bank BRI dengan Surat Kuasa

Seperti dijelaskan sebelumnya, orang yang menggantikan anda harus ada untuk mengambil jaminan di bank BRI. Tidak hanya itu saja, ada beberapa persyaratan juga yang harus di bawa oleh orang yang mewakili anda.

Jadi agar anda lebih mudah menyiapkan wakil anda untuk mengambil jaminan pinjaman, maka berikut ini akan dijelaskan mengenai panduan tahapannya untuk anda mengerti. Cobalah ikuti panduan ini dan segera ambil jaminan pinjaman anda setelah lunas, walau harus diwakili orang lain.

Advertisements
  1. Pilih Orang Terpercaya untuk Mewakili Anda

Tahap pertama adalah tahap yang terkesan sederhana, namun tidak boleh anda lakukan tanpa pertimbangan. Pertama pastinya anda perlu memilih orang terpercaya untuk mewakili anda. Akan lebih baik jika orang yang mewakili anda adalah suami/istri, anak jika sudah dewasa, atau saudara yang anda percaya. Baca Begini Tahapan Pengajuan KUR Mandiri Sampai Terima Duit

  1. Buatkan Surat Kuasa Pengambilan dari Anda

Setelah menemukan orang yang tepat untuk mewakili anda mengambil jaminan ini, maka selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah membuat surat kuasa. Sudah banyak berbagai contoh surat tersedia untuk anda ikuti.

Pastinya, dalam surat kuasa harus termuat informasi mengenai pemberian kuasa dari anda kepada wakil untuk mengambil jaminan pinjaman anda di bank BRI dengan alamat dan waktu yang lengkap.

  1. Bawa Syarat Lain yang Dibutuhkan

Ternyata ada beberapa syarat juga yang harus dibawa oleh wakil anda tersebut untuk mengambil jaminan. Pastinya wakil harus membawa buku tabungan dan KTP anda, serta KTP dirinya sendiri. Jika memiliki hubungan kekeluargaan dalam satu Kartu Keluarga (KK), maka anda dapat memintanya juga membawa KK tersebut.

  1. Datangi Bank BRI Sesuai Jadwal yang Ditentukan

Saat semua syarat lain sudah lengkap, anda dapat mendatangi bank BRI sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Wakil anda harus menyampaikan bahwa dirinya mewakili anda dibuktikan dengan surat kuasa dan syarat-syarat lainnya yang sudah dibawa. Hal ini akan sangat membantu proses verifikasi.

  1. Jaminan Pinjaman Anda Sudah Kembali Menjadi Milik Anda

Setelah proses verifikasi dan penandatanganan serah terima lainnya sudah selesai, maka jaminan pinjaman anda akan segera diberikan. Wakil anda sudah menerima jaminan tersebut dan dapat segera menyampaikannya pada anda. Jadi setelah itu resmi hutang anda telah lunas dan aset anda telah menjadi milik anda kembali. Baca Kalau Jaminan Sertifikat 1 Hektar Di bank BRI ,Cairnya Berapa Ya?

Berikut tadi penjelasan mengenai 5 tahapan cara pengambilan jaminan di bank BRI tanpa orang yang bersangkutan. Tahapan yang sama sekali tidak rumit dan sulit jika anda sudah melengkapi seluruhnya sejak dulu. Jadi pastikan untuk mencobanya segera dan dapatkan kembali jaminan pinjaman anda sebelum terlalu lama ditinggal di bank!

Advertisements
error: