Bisakah Kredit Mobil Syariah Tanpa DP

Down Payment alias uang muka ialah syarat yang lumrah diterapkan dalam kredit mobil syariah. Down Payment bisa jadi hal yang menghalangi seseorang untuk mengajukan kredit mobil syariah. Bisakah kredit mobil syariah tanpa DP?

Sayangnya, untuk saat ini belum ada bank syariah yang melayani kredit mobil tanpa DP. Umumnya bank syariah maupun konvensional mengharuskan debitur membayarkan DP dahulu. Namun begitu, sebenarnya ada banyak bank syariah yang mengenakan DP yang tergolong ringan.

Berikut adalah beberapa kredit mobil syariah yang dapat menjadi referensi sebelum mengajukan kredit.

Advertisements
  1. Bank BNI Syariah

BNI Syariah mempunyai kredit mobil yang disebut dengan BNI Oto iB Hasanah. Disebut-sebut, DP kredit mobil di BNI Syariah ini tergolong ringan. Persyaratannya pun tergolong mudah, yakni fotokopi KTP, KK, NPWP, surat keterangan penghasilan, dan fotokopi rekening koran selama 3 bulan terakhir.

Di BNI Syariah, plafon kreditnya mulai Rp 5 juta sampai Rp 1 milyar yang dapat dikembalikan dalam waktu 5 tahun. Pembayaran kreditnya pun dapat dibayarkan di Bank BNI konvensional.

  1. Bank Muamalat

Kredit mobil di Bank Muamalat disebut dengan Pembiayaan iB Muamalat Multiguna. Ya, pembiayaan ini dapat pula digunakan untuk keperluan konsumtif lain. Syarat yang diminta untuk mengajukan kredit ini hampir sama dengan kredit syariah pada umumnya.

Hanya saja, calon debitur harus menyertakan surat rekomendasi dari HR ataupun atasan langsung, serta harus lulus kelancaran BI checking selama 6 bulan terakhir. Plusnya, jika pembiayaan tidak mencapai 50 juta, maka tidak perlu menyertakan agunan. Uang muka kredit mobil ini pun tergolong ringan. Baca Biaya Tarik Mobil Leasing Kisaran Berapa ya?

  1. Bank BCA Syariah

Bank BCA Syariah juga punya kredit kendaraan bermotor yang disebut KKB iB. Sama-sama menerapkan akad murabahah, anda juga dapat mengembalikan pinjaman sampai waktu 5 tahun.

Untuk mengajukan kredit mobil BCA syariah, syarat yang harus dipenuhi antara lain : fotokopi KTP pemohon dan pasangan, Kartu Keluarga, akta nikah atau cerai, NPWP, dan fotokopi rekening koran selama 3 bulan terakhir.

  1. Bank Mandiri Syariah

Bank Mandiri melayani kredit kendaraan bermotor yang disebut dengan BSM Oto. BSM Oto merupakan pembiayaan mobil dari Mandiri Syariah yang sudah bekerja sama dengan kurang lebih 3000 dealer di seluruh Indonesia.

Advertisements

Baik mobil baru atapun bekas dapat dibeli dengan kredit ini. Pembiayannya mencapai waktu 5 tahun. Kelebihan dari BSM Oto yang tidak dimiliki oleh kredit mobil syariah lainnya adalah, kredit ini dapat diajukan secara kolektif dengan rekan kerja dan dikoordinir oleh instansi tempat nasabah bekerja.

  1. Bank BTN Syariah

BTN iB merupakan pembiayaan kendaraan roda empat atau dua dari Bank BTN Syariah. Sama seperti kredit-kredit mobil syariah pada umumnya, pinjaman di Bank BTN Syariah dapat dikembalikan sampai 5 tahun saja. Baca Pegadaian Mobile Apk, Unduh Secara Cepat Disini

Untuk mengajukan kredit mobil syariah di Bank BTN, caranya cukup mudah, yakni menyiapkan dokumen persyaratan, menyerahkan seluruh persyaratan kepada Bank BTN Syariah, setelah Bank BTN Syariah memverifikasi dan sesuai maka pengajuan kredit akan disetujui.

Dengan begitu dilakukanlah akad pembiayaan dimana calon debitur membayarkan uang DP yang sudah ditentukan dan pencairan kredit pun dilakukan.

  1. Bank BRI Syariah

Bank BRI Syariah melayani kredit mobil dengan uang muka mulai 30%. Nama produknya adalah KKBSyariah iB. Ada 2 akad kredit yang diterapkan di kredit ini, yakni akad murabahah (jual beli) dan akad wakalah. Akad wakalah berarti nasabah melimpahkan perwakilan kepada Bank BRI Syariah untuk membeli mobil dari penjual atau dealer.

Setelahnya berlakulah akad murabahah, artinya bank menginformasikan tentang margin perolehan yang didapatnya kepada nasabah. Barulah kemudian dilaksanakan kesepakatan tentang margin perolehan tersebut.

Plafon pinjaman kredit mobil Bank BRI Syariah adalah Rp 50 juta dan maksimal Rp 1 miliar. Pembiayaannya dapat dikembalikan sampai 5 tahun. Sementara untuk mobil bekas, masa kreditnya bisa kurang dari itu, karena ditentukan dari usia mobil. Baca Kelebihan Panin Finance Kredit Mobil, Mudah Dengan Suku Bunga Rendah

Maksimum usia mobil bekas saat jatuh tempo adalah 8 tahun terhitung dari bulan penerbitan BPKB.  Selain membeli mobil baru dan bekas, KKBSyariah iB ini dapat pula digunakan untuk take over atau pengalihan pembiayaan kendaraan bermotor dari bank lain.

error: