Bisakah Jika Ingin Melunasi KUR di Tahun Terakhir

Bisakah Jika Ingin Melunasi KUR di Tahun Terakhir

Diposting pada

KUR (Kredit Usaha Rakyat) ialah kredit yang diberikan bank dengan tujuan mengembangkan usaha dengan bantuan di bidang permodalan. Dalam menjalani kredit, tiap orang pasti ingin mencari cara pembayaran yang mudah. Beberapa orang kadang ingin melunasi KUR pada tahun terakhir. Namun, mungkinkah untuk melunasi KUR di tahun terakhir?

Ternyata, saat ini belum ada KUR bank yang dapat dilunasi pada tahun terakhir. Seluruh KUR yang ada di perbankan saat ini menggunakan sistem angsuran. Jadi, debitur diharuskan membayarkan angsuran setiap bulannya pada tanggal jatuh tempo.

Advertisements

Apabila debitur tidak segera membayarkan angsuran KUR tepat pada waktunya, tentu akan dikenakan denda keterlambatan atau bahkan mengalami penyitaan barang agunan. Tentu tidak ada debitur yang menghendaki hal tersebut. Apalagi kalau mengingat tujuan awal debitur meminjam uang, yakni sebagai modal usaha. Niat ingin menambah penghasilan, tetapi malah barang agunan yang menjadi korban…

Sebenarnya, ada beberapa perusahaan pembiayaan online yang menyediakan pinjaman cepat. Pinjaman cepat ini dapat dilunasi di waktu jatuh tempo, tanpa mengangsur sama sekali. Umumnya, perusahaan pembiayaan ini beroperasi secara online. Baca Apakah KUR di BRI Sangatlah Susah Cair

Perusahaan pembiayaan ini umumnya memiliki ciri syarat yang diperlukan untuk mendaftar sangat mudah, bisa cair dalam waktu yang cenderung cepat, namun mengenakan bunga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan bank konvensional. Dana pinjamannya rata-rata berkisar antara Rp 1 juta sampai belasan juta. Plafon pinjaman yang kecil ini maklum-maklum saja, sebab tidak dibutuhkan agunan untuk memperolehnya.

Tentang KUR (Kredit Usaha Rakyat)

KUR (Kredit Usaha Rakyat) adalah kredit yang ditujukan kepada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Tidak sembarang UMKM yang memperoleh KUR. Bank biasanya akan melakukan survey usaha terlebih dahulu sebelum menyetujui pinjaman dana.

Pada prinsipnya, usaha yang berkemungkinan besar memperoleh KUR ini ialah usaha yang punya prospek berkembang namun selama ini mengalami kesulitan mengakses modal.  Hampir seluruh bank yang ada di Indonesia punya produk KUR ini.

Salah satu bank yang menawarkan KUR ialah Bank BRI. Bagaimana rincian produknya? Untuk mengetahuinya, simak informasi berikut ini : Baca Berapa Lama Pengajuan KUR BRI Untuk Pertama Kali

Bank BRI memiliki berbagai jenis KUR yang ditujukan untuk berbagai jenis kebutuhan. Di BRI, ada KUR Mikro, KUR Ritel dan KUR TKI. KUR Mikro ditujukan untuk usaha yang masih kecil. Sementara KUR Ritel ditujuan untuk usaha yang sudah cukup berkembang.

Sementara KUR TKI ditujukan untuk membiayai pemberangkatan TKI ke negara penempatan. Jumlah pinjaman yang dapat dicairkan di KUR Bank BRI ini dapat mencapai Rp 500 juta. Bunga yang dikenakan ialah sebesar  7% per tahun atau 0,41% per bulan.

Syarat pengajuan KUR Mikro adalah :

  1. Perorangan atau individu yang memiliki usaha yang produktif dan layak
  2. Minimal telah melaksanakan usaha secara aktif selama 6 bulan
  3. Tidak sedang menerima kredit dari bank lain, kecuali kredit konsumtif seperti kredit pemilikan rumah (KPR), kredit kendaraan bermotor (KKB) dan kartu kredit
  4. Persyaratan administrasi yang dibutuhkan adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), serta surat ijin usaha

Persyaratan untuk mengajukan KUR Ritel adalah :

  1. Perorangan atau individu yang memiliki usaha yang produktif dan layak
  2. Minimal telah melaksanakan usaha secara aktif selama 6 bulan
  3. Tidak sedang menerima kredit dari bank lain, kecuali kredit konsumtif seperti kredit pemilikan rumah (KPR), kredit kendaraan bermotor (KKB) dan kartu kredit
  4. Mempunyai Surat Ijin untuk Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) ataupun surat ijin usaha lain yang setara

Baca Sistem Pencairan KUR Bank Mandiri Pertama Kali Pengajuan

Persyaratan untuk mengajukan KUR TKI adalah :

  1. Perorangan atau individu calon TKI yang hendak berangkat bekerja di negara penempatan TKI
  2. Persyaratan administrasi yang diperlukan adalah kartu identitas berupa KTP serta Kartu Keluarga, surat perjanjian kerja dengan pengguna jasa, surat perjanjian penempatan, passport, visa, dan persyaratan lainnya sesuai dengan ketentuan.
  3. KUR TKI melayani TKI dengan tujuan negara penempatan seperti Singapura, Taiwan, Hongkong, Brunei, Korea Selatan, Jepang, dan Malaysia.

 

Tinggalkan Balasan