Bisa Gak Ya Pinjaman Dengan Jaminan Sertifikat Rumah Pegadaian

Pegadaian merupakan lembaga penyalur kredit berstatus BUMN Indonesia yang sangat diminati oleh kebanyakan masyarakat dikarenakan kemudahannya bagi berbagai kalangan. Berkembang dari tahun 1901 kini pegadaian telah memiliki berbagai produk kredit sesuai dengan kebutuhan dan golongan nasabah. Tidak dipungkiri bahwa target nasabah dari pegadaian ini sangat beragam mulai dari kalangan menengah kebawah hingga  menengah keatas.

Dalam pengajuan gadai suatu barang dapat dikenali dua istilah yaitu barang diam dan barang bergerak. Barang diam yang dimaksud adalah sertifikat kepemilikan untuk rumah, tanah, lading maupun sawah. Sedangkan barang bergerak merupakan barang-barang yang bisa dipindahkan bentuk fisiknya untuk disimpan selama beberapa waktu di pegadaian.

Hal tersebut berhubungan dengan minat pelelangan yang terjadi di pegadaian. Kebanyakan barang-barang bergerak yang bisa dipindahkan secara fisik dapat dijaga atau dibenahi barangnya sehingga bisa memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari peminjaman yang diajukan. Agar mengenal lebih jauh tentang pegadaian berikut merupakan beberapa program gadai populer yang bisa nasabah dapatkan :

Advertisements
  1. Kredit Gadai Cepat dan Aman

Produk Kredit Gadai Cepat dan Aman (KCA) diperuntukkan bagi semua nasabah dengan mudah, cepat, dan aman dengan kapasitas pinjaman 50 ribu hingga 200 juta lebih bergantung dari bentuk jaminan yang disertakan. Bentuk jaminan yang disertakan tidak terbatas dan bisa diikuti atas kepentingan apapun.

Selain itu nasabah dikenakan tarif bunga per 15 hari tanpa adanya bunga kembali setelah jatuh tempo namun harus melakukan perpanjangan kredit di pegadaian. Serta pengembalian hasil lelang barang yang dilakukan oleh pegadaian. Disini bisa kita tahu bahwa tujuan pelelangan barang gadai adalah mencari pengganti piutang yang tak terbayarkan dari nasabah.

  1. Kredit Angsuran dengan Sistem Gadai

Produk Kredit Angsuran dengan Sistem Gadai diperuntukkan bagi pelaku usaha UMKM guna untuk mengembangkan usaha dengan jaminan berupa emas dan mobil. Kapasitas pinjaman yang diberikan 95% dari valuasi aset dan meliputi nominal 1-250 juta dengan pelunasan peminjaman kredit angsuran perbulan.

  1. Kredit Usaha Rumah Tangga

Produk Kredit Usaha Rumah Tangga (Krista) diperuntukkan bagi sekelompok ibu rumah tangga minimal 3 orang tiap kelompoknya yang berwirausaha dengan kapasitas pinjaman 500 ribu hingga 3 juta dengan jaminan berupa barang elektronik keperluan rumah tangga.

Advertisements

Bisnis yang dilakukan ibu rumah tangga ini bisa usaha skala rumah. Pencairan dilakukan setelah 3 hari dan pelunasan bisa dilakukan kapan saja. Baca 5 Kelebihan Beli EMAS di Pegadaian Secara Tunai

  1. Kredit Perumahan Rakyat

Produk Kredit Perumahan Rakyat (KPR) seringkali kita dengar untuk orang yang ingin melakukan kredit perumahan. Peminjaman ini ditujukan untuk masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah yang membutuhkan uang untuk perbaikan rumah. Pencairan dana tersebut meliputi biaya renovasi dan pembangunan rumah dengan kisaran pinjaman 5-10 juta. Pengembalian dana dapat dilakukan dengan kredit angsuran per bulan.

Masih banyak lagi jenis produk pegadaian yang tersedia untuk berbagai kalangan dengan tujuan peminjaman yang berbeda-beda. Hal tersebut tentu saja bertujuan untuk meringankan beban piutang nasabah yang didominasi oleh rakyat kecil.

Namun ada hal yang harus nasabah tahu tentang persyaratan barang yang dapat digadaikan. Pegadaian hanya menerima surat kepemilikan benda bergerak sehingga sertifikat rumah tidak dapat diikutsertakan dalam proses gadai dalam pergadaian.

Disisi lain kepemilikan benda tidak bergerak ini jika ditelusuri memang cukup rumit kepemilikan dan haknya. Dimana benda ini status kepemilikan sebenernya dapat dimiliki oleh banyak orang seperti sertifikat tanah atau rumah yang masih beratas namakan orang tua.

Dikarenakan pegadaian tidak menerima sertifikat benda tidak bergerak maka jarang sekali didengar mengenai survey pegadaian dan animo masyarakat mengenai pencairan dana yang cepat cukup menyebar. Sistem kebijakan dan target pasar usaha yang sangat efektif. Sehingga banyak kepercayaan masyarakat uang tertuju untuk pegadaian. Baca UPDATE Meminjam Uang di Pegadaian Tanpa Jaminan Bisa Gak

Selain itu pegadaian benda bergerak jauh lebih diminati masyarakat saat pelelangan karena aset berupa tanah dan rumah tidak bisa dicek secara langsung hanya bisa dicek melalui persuratan. Oleh karena itu bagi siapapun yang bermaksud untuk menggadaikan sertifikat tanah alangkah baiknya langsung menuju bank terdekat. Agar tidak kembali dengan tangan hampa karena sebuah penolakan.

Advertisements
error: