Berkas Apa Saja Untuk Gadai Sertifikat Rumah Di Pegadaian

Gadai Sertifikat Rumah Di Pegadaian – Pernahkah anda merasa bingung saat akan menggadaikan sertifikat rumah? Pertama mungkin anda akan bingung mengenai akan menggadaikan sertifikat rumah di mana baiknya.

Apakah lebih baik gadai sertifikat rumah di bank atau di pegadaian? Jika anda sudah memilih menggadaikan di pegadaian misalnya, maka anda juga akan bingung untuk kedua kalinya. Kebingungan ini biasanya terkait dengan berkas apa saja untuk gadai sertifikat rumah di pegadaian yang harus anda siapkan.

Anda tentu tidak ingin pengajuan pinjaman anda dengan gadai sertifikat tidak disetujui karena syarat yang tidak lengkap. Oleh sebab itu penting untuk anda mengetahui berbagai macam berkas yang harus anda siapkan.

Advertisements

Pegadaian sebagai salah satu pemberi pinjaman dana dengan gadai sertifikat tidak meminta banyak persyaratan. Persyaratan-persyaratan yang diajukan misalnya adalah persyaratan yang standar dan bisa anda siapkan dengan mudah.

Namun tetap saja jika anda belum mengetahuinya terlebih dahulu, sangat sulit untuk anda menyiapkannya dengan lengkap. Anda perlu mempelajari dan mengetahui dengan jelas apa saja berkas tersebut, namun tidak mengetahui di mana harus mencari tahu informasinya?

Informasi mengenai berkas apa saja untuk gadai sertifikat rumah di pegadaian yang perlu anda siapkan, dapat anda ketahui melalui informasi langsung di pegadaian. Datanglah ke pegadaian terdekat dan tanyakan secara lengkap seluruh syarat berkas tersebut. Baca Siapakah Yang Menentukan Lolos Tidaknya Pinjaman KUR BRI

Namun jika anda tidak memiliki kesempatan untuk mencari tahu langsung ke pegadaian tidak menjadi masalah. Pada bagian di bawah ini akan disebutkan apa saja berkas yang perlu anda siapkan tersebut dan bagaimana anda dapat melengkapinya sesegera mungkin untuk mengajukan pinjaman. Simak seluruh penjelasannya pada bagian di bawah ini.

5 Berkas untuk Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Ada banyak masyarakat yang ternyata masih bingung mengenai apa saja yang harus disiapkan untuk menggadaikan sertifikat rumah di pegadaian. Berkas-berkas ini memang sedikit membingungkan untuk anda yang baru pertama kali mencoba menggunakan manfaat.

Namun anda perlu mempelajarinya agar tidak salah dalam menyiapkan berkas dan jadi bolak-balik untuk pergi mengurusnya. Membantu anda agar lebih mudah mengajukan gadai sertifikat rumah di pegadaian, maka berikut ini 5 berkas yang wajib anda siapkan.

Advertisements
  1. KTP Asli dan Fotokopi

Berkas pertama yang wajib anda bawa saat pengajuan adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP). Anda akan meninggalkan fotokopinya di pegadaian, namun sebaiknya anda tetap membawa yang asli untuk berjaga-jaga. Baca Begini Tahapan Pengajuan KUR Mandiri Sampai Terima Duit

Identitas anda dibutuhkan untuk melakukan kroscek mengenai di mana anda tinggal. Semakin dekat lokasi anda dengan pegadaian, maka semakin menguntungkan.

  1. Kartu Keluarga Asli dan Fotokopi

Selanjutnya, anda juga penting untuk menyiapkan kartu keluarga. Kartu keluarga ini pun hanya fotokopinya yang perlu anda tinggalkan di pegadaian. Namun untuk kebutuhan kroscek yang tidak bisa diduga, sebaiknya anda tetap membawa berkas aslinya. Berkas asli KK ini dibutuhkan untuk melihat apakah pemohon menggadaikan sertifikat yang memiliki hak waris.

  1. Sertifikat Rumah Asli (Agunan)

Tentu jika anda mengajukan pinjaman dengan agunan sertifikat rumah, maka sertifikat rumah yang asli harus anda bawa saat pengajuan.

Anda harus meninggalkan sertifikat rumah ini di pegadaian. Namun untuk jaga-jaga sebaiknya anda membuat beberapa kopian dari sertifikat, sewaktu-waktu anda membutuhkannya.

  1. Formulir Pengajuan Gadai

Pegadaian memiliki formulir yang harus diisi pemohon pinjaman, apapun jenis pinjaman yang anda ajukan. Formulir tersebut berisi berbagai informasi yang harus anda lengkapi seperti nama, alamat, besar pinjaman, tujuan pinjaman, dan tentunya tanda tangan. Jadi pastikan untuk melengkapi formulir ini sebaik mungkin.

  1. Slip Gaji atau Bukti Usaha

Terakhir, salah satu hal yang membuat pinjaman dengan gadai sertifikat rumah di pegadaian lebih cepat disetujui adalah adanya penghasilan yang jelas. Jadi pastikan untuk melengkapi dan membawa informasi mengenai gaji melalui slip gaji atau bukti anda memiliki usaha yang aktif.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai apa saja 5 berkas untuk gadai sertifikat rumah di pegadaian yang harus anda siapkan. Tentu berkas-berkas tersebut semakin cepat anda siapkan semakin baik untuk anda. Baca Kalau Jaminan Sertifikat 1 Hektar Di bank BRI ,Cairnya Berapa Ya?

Jadi cobalah anda segera memeriksa mana berkas yang belum anda siapkan dan segera persiapkan sekarang. Semoga seluruh usaha anda berbuah kemudahan untuk mengajukan pinjaman di pegadaian dengan sertifikat rumah!

Advertisements
error: