Berapa Lama Pengajuan KUR BRI Untuk Pertama Kali

Lama pengajuan kredit hingga cair merupakan hal yang menjadi pertimbangan seseorang sebelum mengajukan kredit di sebuah bank. Semakin cepat proses pengajuan kredit hingga cair, maka kredit itu akan banyak diminati.

KUR BRI adalah salah satu kredit usaha yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Berapa lama pengajuan KUR BRI untuk pertama kali?

Secara normal, lama pengajuan KUR BRI bisa membutuhkan waktu 7 – 14 hari. Namun pemrosesan KUR BRI bisa saja melebihi waktu tersebut. Lama pemrosesan KUR BRI dipengaruhi oleh kelengkapan syarat dan ketentuan kredit yang dipenuhi oleh debitur atau sibuknya sistem BRI karena banyaknya pemohon KUR.

Advertisements

Untuk memperlancar pemrosesan KUR BRI, pemohon dapat mengusahakan hal-hal berikut ini :

  1. Memastikan bahwa usaha yang diajukan pembiayaan memenuhi ketentuan, yakni usaha sifatnya produktif dan sudah berjalan minimal 6 bulan. Produktivitas usaha bisa dilihat dari rekening koran, bukti pre-order hingga keberadaan alat produksi.
  2. Memastikan bahwa pemohon tidak menerima kredit usaha rakyat atau pembiayaan UMKM dari bank lain. Jenis kredit yang diperbolehkan dimiliki pemohon saat mengajukan KUR BRI adalah kredit konsumtif seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dan kartu kredit.
  3. Siapkan persyaratan dokumen, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), surat ijin usaha dan dokumen lainnya sesuai dengan ketentuan.
  4. Pemohon hendaknya ada di rumah atau lokasi usaha ketika diadakan survey dari bank BRI. Sebab pemohon adalah orang yang paling tahu soal seluk beluk usaha yang akan dibiayai. Dengan begitu, pemohon dapat meyakinkan petugas survey bahwa usahanya memang layak untuk dibiayai.
  5. Jika jenis KUR BRI yang diajukan memerlukan agunan, maka siapkan dokumen agunan.

Itulah informasi mengenai lama pengajuan KUR BRI untuk pertama kali. Saat melakukan survey, ada beberapa hal yang menjadi tolak ukur petugas dalam menentukan kelayakan usaha pemohon. Hal-hal tersebut antara lain : Baca 4 Tahapan Proses Pencairan Kredit Bank BRI Di Kantor Cabang

Advertisements
  1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan usaha untuk menjual barang atau jasanya
  2. Berapa modal yang dibutuhkan oleh usaha
  3. Berapa banyak keuntungan bersih usaha
  4. Pendapatan bersih pemohon
  5. Berapa maksimal kemampuan mengangsur pemohon dari total pendapatannya (hal ini juga akan mempengaruhi nominal pinjaman yang disetujui oleh Bank BRI)

Setelah dilakukan survey pada usaha, Bank BRI akan memberikan konfirmasi tentang disetujui atau ditolaknya permohonan KUR. Apabila permohonan disetujui, maka akan dilakukan penandatanganan akad kredit bersama dengan notaris. Baru setelahnya dana KUR akan dicairkan ke rekening ATM BRI milik pemohon.

Pembayaran angsuran BRI dilakukan dengan beberapa cara. Yakni, melalui kantor cabang BRI secara langsung, ATM BRI, mobile banking atau internet banking. Untuk menghindari keterlambatan pembayaran angsuran, debitur dapat menggunakan fitur pembayaran angsuran secara otomatis melalui rekening BRI. Dengan begitu, rekening BRI akan secara otomatis mentransfer angsuran pada tanggal jatuh tempo tiap bulannya.

Tentang KUR BRI

            KUR BRI merupakan salah satu upaya Bank BRI dalam ikut serta mengembangkan ekonomi masyarakat Indonesia melalui permodalan usaha. KUR BRI sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yakni KUR Mikro, KUR Ritel dan KUR TKI.

Jika modal yang dibutuhkan nilainya di bawah Rp 25 juta, maka dapat menggunakan KUR Mikro. KUR Mikro ini tidak membutuhkan agunan. Sedangkan apabila membutuhkan modal di atas Rp 25 juta, maka KUR Ritel menjadi pilihan tepat.

KUR TKI sendiri diperuntukkan bagi calon TKI yang akan berangkat ke negara penempatan. Nominal pinjamannya mencapai Rp 25 juta yang dapat dikembalikan dalam waktu 3 tahun atau sesuai dengan masa kontrak kerja. Baca Apakah KUR di BRI Sangatlah Susah Cair

Kelebihan KUR BRI

            Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh KUR BRI :

  1. Tersedia dalam beberapa jenis yang memenuhi berbagai kebutuhan usaha, seperti KUR Mikro, KUR Ritel dan KUR TKI
  2. Suku bunganya kompetitif yakni bunga efektif sebesar 7% per tahun
  3. Jangka waktu pengembalian kreditnya cukup lama
  4. Persyaratan yang diperlukan cukup mudah
  5. Tidak dikenakan biaya provisi dan administrasi pada KUR Ritel dan KUR TKI
error: