Berapa Lama Masa Tenor Pinjaman Tanpa Agunan

Berapa Lama Masa Tenor Pinjaman Tanpa Agunan

Diposting pada

Tenor pinjaman merupakan jangka waktu yang diberikan bank kepada debitur untuk melunasi pinjamannya. Masa tenor pinjaman berbeda-beda, salah satunya dipengaruhi oleh jenis pinjamannya. Untuk KPR (Kredit Pemilikan Rumah), tenor yang diberikan biasanya tergolong lama.

Lalu bagaimanakah dengan pinjaman tanpa agunan? Berapa lama waktu yang diberikan oleh bank?

Advertisements

Umumnya, tenor pinjaman tanpa agunan berkisar antara 2 – 15 tahun. Hal tersebut tentu tergantung pada tiap-tiap bank. Untuk lebih detailnya, simak informasi pinjaman tanpa agunan di beberapa bank berikut ini :

  1. Bank BRI

Bank BRI memiliki pinjaman tanpa agunan yang disebut BRIGuna Karya. Tenor di BRIGuna Karya ialah 12 – 60 bulan. BRIGuna Karya memfasilitasi kredit tanpa agunan yang kompetitif dengan bunga bervariasi.

Untuk pinjaman 12 sampa 24 bulan, bunga cicilan 13% per tahun dengan angsuran tetap. Sedangkan untuk jangka waktu lebih dari 24 bulan hingga 60 bulan, cicilan bunga yang mesti dibayar mulai dari 13,5% per tahun.

  1. Bank Mandiri

Bank Mandiri punya pinjaman tanpa agunan yang disebut Kredit Serbaguna Mikro (KSM). Masa tenor pinjaman di Bank Mandiri tergolong sangat lama, yakni mencapai 15 tahun. Pinjaman ini ditujukan untuk karyawan di Bank Mandiri yang disebut dengan Mandiri KSM adalah pinjaman yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pendidikan, kesehatan, pernikahan, hingga renovasi rumah.

  1. Bank BCA

Pinjaman tanpa agunan di Bank BCA disebut dengan BCA Personal Loan. Berbeda dengan bank-bank lainnya, tenor pinjaman tanpa agunan di Bank BCA paling lama hanya sampai 3 tahun saja.

Namun bunga yang diterapkan tergolong kompetitif, yakni 1%. Persyaratan pendapatan calon debitur juga relatif rendah dibandingkan standar yang biasa diterapkan, yakni Rp 2 – 2,5 juta.

  1. Bank BNI

Pinjaman tanpa agunan di Bank BNI disebut dengan BNI Fleksi. Sama dengan Bank Mandiri, masa tenor BNI Fleksi juga mencapai 15 tahun. Sementara plafon maksimal pinjamannya adalah 500 juta. Untuk dapat mengajukan pinjaman tanpa agunan BNI, gaji calon debitur harus sudah tersalur melalui payroll Bank BNI.

  1. Bank BTN

Bank BTN memiliki pinjaman tanpa agunan yang disebut dengan Kredit Ringan BTN. Pinjaman tanpa agunan di Bank BTN ini dapat dikembalikan sampai 15 tahun. Jangka waktu tersebut tentu sangat fleksibel. Dana pinjaman yang diberikan bisa mencapai Rp 500 juta.

Di Bank BTN, anda bisa memperoleh kredit dengan suku bunga yang ringan, yakni jika gaji yang dimiliki telah dibayarkan menggunakan fasilitas BTN payroll.

  1. Bank BTPN

Bank BTPN punya 2 produk pinjaman yang tidak membutuhkan agunan. Dua pinjaman itu ialah Kredit Pegawai dan KUR Mikro. Kredit Pegawai ialah kredit yang khusus ditujukan kepada pegawai dengan penghasilan tetap.

Masa tenor untuk kredit ini ialah 10 tahun dengan maksimal pinjaman sebesar Rp 300 juta. Sementara itu KUR MIkro ialah kredit khusus untuk pedagang atau pengusaha dengan masa tenor mencapai 5 tahun dan maksimal pinjaman Rp 25 juta.

  1. Bank Danamon

Bank Danamon memiliki pinjaman tanpa agunan yang disebut dengan Dana Instan. Pinjaman di Dana Instan dapat dikembalikan hingga jangka waktu 36 bulan. Maksimal pinjaman yang dapat diajukan di Dana Instan ialah Rp 200 juta.

Berapakah suku bunga pinjaman di Bank Danamon ini? Ternyata besar suku bunganya berbeda-beda, tergantung pada masa tenor yang dipilih. Untuk masa tenor 12 bulan suku bunganya adalah 1,09%, untuk 24 bulan ialah 1,29% sedangkan untuk 36 bulan ialah 1,39%. Ya, semakin pendek tenor yang dipilih, maka semakin rendah bunga yang dikenakan.

  1. Bank CIMB Niaga

Di Bank CIMB Niaga, pinjaman tanpa agunannya disebut dengan X-tra Dana. Jangka waktu pengembalian pinjaman tanpa agunan di CIMB Niaga mencapai 4 tahun.

Tidak hanya pinjaman konvensional, Bank CIMB Niaga juga pinjaman tanpa agunan syariah yang disebut dengan X-tra Dana ib. Dana pinjaman yang diberikan lewat X-tra Dana maksimal ialah Rp 200 juta. Sementara itu suku bunga yang dikenakan kepada nasabah bervariasi antara 0,99% hingga 1,79%.

Tinggalkan Balasan