Berapa Lama ATM Terblokir Karena Tidak Ada Saldo

Saldo ATM adalah jumlah uang yang tersedia di rekening bank Anda yang dapat Anda gunakan untuk melakukan transaksi melalui mesin ATM.

Saldo ATM sangat penting untuk diperhatikan, karena jika saldo Anda tidak mencukupi atau bahkan kosong, Anda bisa mengalami berbagai masalah, salah satunya adalah ATM terblokir.

ATM terblokir adalah kondisi di mana kartu ATM Anda tidak dapat digunakan untuk melakukan transaksi apa pun, baik tarik tunai, transfer, pembayaran, maupun cek saldo.

ATM terblokir bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti salah memasukkan PIN, kartu expired, aktivitas mencurigakan, kehilangan atau pencurian kartu, masalah teknis, dan lain-lain.

Berapa Lama ATM Terblokir Karena Tidak Ada Saldo

Namun, apakah ATM bisa terblokir karena tidak ada saldo? Jawabannya adalah bisa, tetapi tergantung pada kebijakan bank masing-masing. Beberapa bank memiliki batas waktu tertentu untuk rekening yang tidak ada aktivitas transaksi dan saldo kosong, setelah itu rekening akan diblokir secara otomatis.

Lama ATM Terblokir karena Tidak Ada Saldo

Berapa lama ATM terblokir karena tidak ada saldo? Ini juga bervariasi tergantung pada bank yang Anda gunakan. Berikut adalah beberapa contoh batas waktu ATM terblokir karena tidak ada saldo dari beberapa bank di Indonesia:

Baca Juga : Kapan Pencairan KUR BRI Setelah Tanda Tangan

  • BCA: Akan terblokir jika saldo kosong selama 18 bulan berturut-turut atau selama satu setengah tahun. Khusus rekening Simpanan Pelajar, rekening bisa diblokir jika tidak aktif selama 12 bulan berturut-turut dan saldo kurang dari sama dengan Rp 5.000.
  • Mandiri: Jika saldo kosong selama 6 bulan berturut-turut atau selama setengah tahun. Jika rekening diblokir, Anda harus datang ke kantor bank Mandiri terdekat untuk mengurusnya.
  • BNI: Terblokir jika saldo kosong selama 12 bulan berturut-turut atau selama satu tahun. Jika rekening diblokir, Anda harus datang ke kantor bank BNI terdekat untuk mengurusnya.
  • BRI: Terblokir jika saldo kosong selama 24 bulan berturut-turut atau selama dua tahun. Jika rekening diblokir, Anda harus datang ke kantor bank BRI terdekat untuk mengurusnya.

Biaya buka blokir atm BRI?

Biaya buka blokir ATM BRI adalah Rp5.000. Dikenakan untuk pembukaan blokir ATM BRI secara offline, yaitu dengan mendatangi kantor cabang BRI terdekat.

Adapun biaya buka blokir ATM BRI secara online melalui BRImo atau BRI Mobile Banking adalah Gratis.

Berikut adalah langkah-langkah buka blokir ATM BRI secara online:

Baca Juga : Segini Gaji Management Trainee Mandiri Tunas Finance

1. Buka aplikasi BRImo atau BRI Mobile Banking.
2. Masuk ke akun dengan memasukkan nomor rekening dan PIN.
3. Pilih menu “Kartu”.
4. Pilih menu “Buka Blokir Kartu”.
5. Masukkan nomor kartu ATM yang ingin dibuka blokirnya.
6. Masukkan PIN SMS Banking.
7. Klik “Buka Blokir”.
8. Tunggu hingga muncul notifikasi bahwa kartu ATM telah berhasil dibuka blokirnya.

Berikut adalah langkah-langkah buka blokir ATM BRI secara offline:

1. Datang ke kantor cabang BRI terdekat.
2. Ambil nomor antrian di loket Customer Service.
3. Tunjukkan kartu ATM yang ingin dibuka blokirnya.
4. Berikan bukti identitas diri, seperti KTP atau SIM.
5. Isi formulir pembukaan blokir kartu ATM.
6. Bayar biaya pembukaan blokir kartu ATM sebesar Rp5.000.
7. Tunggu hingga kartu ATM selesai dibuka blokirnya.

Nasabah harus datang langsung ke kantor cabang BRI jika ingin membuka blokir ATM BRI karena salah memasukkan PIN ATM sebanyak 3 kali.

Baca Juga : Berapa Lama Survey KUR BRI Setelah Pengajuan?

Kesimpulan

Anda bisa menghubungi nomor telepon di situs resmi bank Anda. Sampaikan keluhan Anda tentang ATM terblokir dan minta bantuan untuk membuka kembali kartu Anda. Siapkan data diri dan nomor rekening Anda sebagai verifikasi.

Datang ke kantor bank terdekat. Anda bisa mendatangi kantor cabang bank Anda dan mengurus ATM terblokir secara langsung. Bawa kartu ATM, buku tabungan, dan KTP Anda sebagai bukti kepemilikan rekening. Ikuti prosedur yang diberikan oleh petugas bank untuk mengaktifkan kembali kartu Anda.

Gunakan layanan perbankan digital. Jika Anda memiliki aplikasi perbankan digital dari bank Anda, Anda bisa menggunakan fitur tarik tunai tanpatanpa kartu.

Baca Juga :Pengalaman Kredit Mobil di Mandiri Tunas Finance

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menarik uang tunai dari mesin ATM tanpa menggunakan kartu, hanya dengan memasukkan kode yang dikirimkan ke nomor ponsel Anda. Anda bisa menambah saldo rekening Anda dan menghindari ATM terblokir.

Setor tunai atau transfer. Anda juga bisa menambah saldo rekening Anda dengan cara menyetor tunai ke kantor bank atau mesin setor tunai, atau mentransfer uang dari rekening lain. Dengan begitu, Anda bisa mengaktifkan kembali rekening Anda yang terblokir karena tidak ada saldo.

Share

Leave a Comment

Scroll to Top