Begini Tahapan Pengajuan KUR Mandiri Sampai Terima Duit

Pengajuan KUR Mandiri  – Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah program bantuan modal dari pemerintah untuk masyarakat yang memiliki usaha untuk menguatkan usahanya. Jika anda tertarik dengan pengajuan KUR ini, maka anda dapat mengajukannya ke beberapa bank yang bekerja sama dengan pemerintah untuk menyeleksi kreditur yang tepat.

Salah satu bank yang menawarkan program KUR diketahui adalah bank mandiri. Bank persero yang sangat besar dengan jumlah nasabah yang fantastis ini tentu menjadi pilihan yang menguntungkan anda. Selain karena bank ini mudah ditemukan, bank Mandiri juga memiliki banyak nasabah yang akan mendapatkan informasi KUR lebih cepat.

Sayangnya walau ada banyak masyarakat yang tertarik dengan KUR, hanya sedikit dari masyarakat yang mengetahui bagaimana tahapan pengajuan KUR mandiri sampai cair sebenarnya. Kebanyakan hanya mengetahui informasi mengenai persyaratan yang juga tidak terlalu lengkap dan tidak memahami apa yang harus dilalui selain mengumpulkan persyaratan tersebut.

Advertisements

Ada tahapan-tahapan KUR mandiri hingga akhirnya pinjaman modal anda dapat dicairkan. Penjelasan lengkap mengenai apa saja tahapan tersebut dapat anda ketahui pada bagian di bawah ini:

5 Tahapan Pengajuan KUR Mandiri Sampai Cair

Tentunya tahapan adalah prosedur yang pasti akan anda lalui di manapun anda mengajukan permohonan KUR. Bisa saja setiap tahapan dari setiap pemberi pinjaman berbeda, namun secara garis besar pastinya masih berkaitan atau sama. Baca Lama Survei BRI KUR Sampai Berapa Hari (Pengalaman)

Agar anda tidak bingung dan kaget dengan segala tahapan yang harus anda lalui setelah mengajukan permohonan KUR ini, sebaiknya anda mencoba memahami penjelasan mengenai 5 tahapannya berikut ini.

  1. Persiapkan Seluruh Persyaratan Permohonan KUR Mandiri

Tahap pertama yang pasti ada disetiap pengajuan permohonan kredit lainnya adalah mempersiapkan berkas untuk melengkapi persyaratan. Tentunya apa saja berkas-berkas ini dapat diketahui dari pihak bank. Atau khusus untuk bank Mandiri, berikut ini daftar syarat dan berkas yang perlu anda lengkapi:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi Buku Tabungan 6 Bulan Terakhir
  • Memiliki Usaha Aktif dan Produktif dalam 6 Bulan Terakhir
  • Memberikan Agunan (Jika Pengajuan Dana Lebih dari 50 Juta)
  1. Datangi Bank Mandiri Terdekat dari Anda

Jika syarat yang dibutuhkan sudah anda lengkapi, maka anda dapat mendatangi bank mandiri terdekat dari anda. Atau anda juga dapat mendatangi kantor cabang mandiri tempat anda menjadi nasabah. Baca Pengajukan Pinjaman Kredit BNI Untuk Karyawan, Syarat Ini Wajib Di siapkan

Advertisements

Sampaikan keinginan anda untuk mengajukan KUR dan ikuti petunjuk selanjutnya dari pihak bank. Jika masih ada persyaratan yang harus anda lengkapi, maka ikuti alur dan prosedurnya hingga selesai.

  1. Verifikasi Berkas Akan Dilakukan

Seluruh persyaratan yang anda kumpulkan akan diterima oleh bank untuk dilakukan verifikasi. Pihak bank akan meminta anda menunggu kabar dan anda dapat menanyakan pada pihak bank berapa lama biasanya bank akan memberikan kabar.

Secara umum proses verifikasi berkas akan berlangsung antara 7 – 14 hari. Anda dapat menunggu informasinya dan jika berkas lolos di tahap ini anda akan melalui tahapan terakhir.

  1. Proses Survey Dilakukan, Jika Verifikasi Berkas Lolos

Tahapan terakhir adalah survey usaha yang anda miliki. Sesuai dengan nama programnya, maka pengajuan yang diterima adalah pengajuan yang benar-benar akan menambah modal usaha. Jika anda mengajukan tanpa memiliki usaha, tentu pada tahapan ini anda akan mengalami kegagalan.

Pastikan pada pihak bank informasi mengenai berapa penghasilan yang anda dapatkan dari usaha tersebut. Sehingga pihak bank dapat menentukan kelayakannya untuk diberikan modal memperkuat usaha.

  1. Pencairan Dana Sudah dapat Dilakukan

Setelah proses survey dilakukan, butuh maksimal 1 bulan waktu hingga anda dapat mencairkan dana. Tentu tahapan ini adalah tahapan yang paling anda tunggu-tunggu. Jadi sabarlah menunggu informasi dari bank dan segera tambahkan modal usaha anda jika disetujui. Usaha dengan modal yang kuat akan lebih pesat perkembangannya. Baca Siapakah Yang Menentukan Lolos Tidaknya Pinjaman KUR BRI

Berikut tadi penjelasan lengkap mengenai tahapan pengajuan KUR Mandiri sampai cair dan segera dapat anda gunakan. Tentunya proses dan tahapan tersebut dapat berubah sewaktu-waktu bergantung dengan keputusan dari pihak pemberi pinjaman.

Hanya saja ada beberapa syarat yang pastinya tidak akan berubah dan wajib anda siapkan jauh-jauh hari. Jadi ketika anda mengajukan KUR ke bank mandiri anda sudah siap. Pastikan juga bahwa usaha anda berjalan dengan lancar dan memiliki keuntungan yang positif untuk pertimbangan bank!

Advertisements
error: