Home Dana Tunai Begini Proses Transfer SKN Sinarmas

Begini Proses Transfer SKN Sinarmas

7 min read
0
Begini Proses Transfer SKN Sinarmas

Dalam dunia perbankan terdapat dua jenis transaksi pengiriman uang. Pertama, Sistem Kliring Nasional (SKN) atau dikenal juga sebagai Lalu Lintas Giro (LLG), yang kedua adalah RTGS. Kali ini, kita akan bahas tentang Transfer SKN atau LLG.

Pada SKN setiap pembayaran melalui bank harus melewati proses kliring (clearing) baik secara mobile, internet banking maupun teller bank. Seluruh bank biasanya memiliki layanan ini, termasuk Bank Sinarmas.

Proses dari transfer SKN di Bank Sinarmas ialah :

Advertisements
  1. Nasabah mengajukan permintaan SKN di Kantor Bank Sinarmas
  2. Bank Sinarmas akan memastikan bahwa saldo rekening yang hendak ditransfer mencukupi
  3. Bank Sinarmas melapor dan mengirim ke Bank Indonesia
  4. Bank Indonesia menerima kiriman dari Bank Sinarmas dan meneruskannya ke pihak bank penerima

Itulah proses transfer SKN Sinarmas. Proses transfer SKN ini memang cukup rumit dan lama, karena prosesnya antar bank. Tidak heran ketika transfer SKN ini memakan waktu 2-3 hari sampai uang yang dikirim diterima oleh rekening tujuan. Selain itu, biasanya proses kliring atau SKN ini menyesuaikan dengan jadwal tiap bank sehingga waktunya kurang fleksibel.

Meski begitu, ada beberapa keunggulan yang dimiliki Transfer SKN ini. Biaya transfernya tergolong murah yaitu hanya sebesar Rp 5.000 dan bisa melakukan transfer dalam nominal yang sangat besar yakni hingga Rp 99 juta per hari.

Itulah informasi tentang transfer SKN di Bank Sinarmas. Selain informasi tersebut, simak informasi tentang transfer RTGS berikut ini.

Transfer RTGS

Real Time Gross Settlement (RTGS) berbeda dengan SKN. Apabila proses SKN butuh waktu lama, maka RTGS memerlukan waktu pengecekan yang lebih singkat saat melakukan transfer uang. Waktu yang diperlukan sekitar 3 – 4 jam saja.

Bahkan uang yang anda kirim bisa langsung diterima oleh rekening tujuan, tergantung pada waktu anda melakukan transfer. Semisal, jika transfer pada jam 08.00, maka uang akan sampai pada hari itu juga. Sementara jika transfer pada pukul 15.30, uang akan diterima pada hari berikutnya.

Ini karena jam transfer mendekati jam tutupnya Bank. Tanggal transfer RTGS juga mempengaruhi waktu sampainya uang. Apabila transfer dilakukan pada akhir bulan (tanggal 30 atau 31), kemungkinan uang akan sampai 1 hari setelahnya. Kenapa? Bank mesti melakukan tutup buku bulanan, sehingga transaksi pada hari itu harus ditunda pada hari setelahnya.

Advertisements

Dibandingkan dengan SKN, biaya transfer melalui RTGS cukup mahal, yakni berkisar antara Rp 25.000 s.d.Rp 50.000. Sementara limit transfer dalam sehari mencapai Rp 100 juta. Untuk transfer dalam nominal yang besar, RTGS jauh lebih aman dibanding dengan SKN.

Biaya Transfer SKN, RTGS dan transfer melalui ATM

Biaya transfer dana dari rekening bank Sinarmas ke rekening bank lain di Indonesia melalui SKN dikenakan biaya Rp 5.000 tiap transaksi (dana sampai dalam 1 x 24 jam). Sementara bila melalui RTGS dikenakan biaya Rp 25.000 tiap transaksi (dana sampai saat transaksi selesai dilakukan).

Apabila melakukan transfer melalui jaringan ATM (ALTO, ATM Bersama, Prima) dikenakan biaya Rp 7.500 tiap transaksi dana sampai saat transaksi selesai dilakukan).

Baca juga:

Transfer Menggunakan Simobi Plus

Selain SKN dan RTGS, bisa juga transfer menggunakan Simobi Plus. Baru-baru ini bank Sinarmas meluncurkan aplikasi Simobi Plus. Melalui Simobi Plus, anda dapat melakukan transfer secara gratis.

Nominal transfer per transaksi minimal Rp 1.000 dan maksimal Rp 1 miliar. Dalam sehari maksimal transfer sebesar Rp 1 miliar. Waktu transaksi selambat-lambatnya pukul 16.00. Bila lewat dari pukul 16.00, maka transaksi akan diproses di hari kerja berikutnya.

Adapun fitur-fitur yang ada di Simobi Plus adalah :

  1. Rekening : pengecekan informasi saldo dan mutasi rekening
  2. Transfer dana : mengirim dana ke Bank Sinarmas dan bank lain
  3. Pembayaran : tagihan telepon pasca bayar, PDAM, PLN, pembelian pulsa handphone dan pulsa token listrik, dan lain-lain
  4. Pengaturan : untuk mengubah password, easyPIN, ubah bahasa,
  5. Membuka rekening : tabungan dan deposito
  6. Mutasi rekening
Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Dana Tunai

Tinggalkan Balasan