Beberapa Lokasi Gadai Sertifikat Rumah Proses Cepat Lengkap Syarat Berikut

Ada banyak kasus dimana sebagian orang dapat mengalami suatu krisis karena banyaknya faktor kebutuhan yang harus dipenuhi dalam satu waktu sehingga orang-orang tersebut ingin mengajukan suatu pinjaman.

Pinjaman pada lembaga resmi pada dasarnya menginginkan jaminan untuk membuat suatu komitmen pengembalian dana yang telah dipinjam maka dari itu tidak asing lagi jika banyak orang yang membicarakan tentang metode gadai suatu barang berharga.

Barang berharga sendiri adalah suatu aset yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi hingga dibutuhkan proses surat menyurat dalam pembuktian valuasinya. Salah satu surat berharga yang dimaksud adalah sertifikat rumah, sertifikat tanah, BPKB, surat kepemilikan saham dan lain-lain.

Advertisements

Bentuk surat berharga ini dapat dijadikan uang dengan cara menggadaikannya. Berikut merupakan alternatif lokasi penggadaian yang kerap dituju oleh kebanyakan orang diantaranya :

  • Bank

Bank merupakan tempat kita menyimpan uang dan melakukan berbagai transaksi penerimaan maupun pengiriman uang. Disamping itu bank juga menawarkan berbagai jasa pengelolaan keuangan berupa produk investasi maupun berbagai program dalam menabung. Disini akan dibahas dua jenis bank yang menerima pengajuan gadai sertifikat tanah.Baca Ini Syarat Pinjaman Dengan Jaminan Sertifikat Rumah di Bank Mandiri

  • Bank konvesional

Bank konvesional merupakan lembaga keuangan yang melakukan kegiatan usaha sektor keuangan dengan memberikan kegiatan pemberian jasa dalam prosedur lalu lintas transaksi keuangan. Bank memberikan bunga terhadap penyimpanan maupun penarikan  terhadap jumlah uang yang diberikan dalam suatu akun transaksi.

Jasa bunga yang diberikan kepada nasabah yang menyimpan uang ini umumnya didapat dari perputaran uang yang terjadi akibat gerakan usaha yang diberlakukan bank karena berbagai jasa, jasa pegadaian salah satunya.

  • Bank syariah

Bank syariah merupakan label marketing dari penyediaan jasa prosedur keuangan menggunakan prinsip syariah yaitu hukum perdagangan yang telah terverifikasi halal metodenya. Bank syariah tetap memberikan bunga kepada nasabah yang melakukan proses menabung namun disesuaikan dengan keuntungan yang diperoleh dari jasa usaha yang dilaksanakan oleh bank.

Advertisements

Berbeda dengan bank konvesional yang telah menetapkan bunga tabungan yang bisa diterima nasabah. Bank syariah akan menetapkan bunga yang mengalami kenaikan dan penurunan namun adil berdasarkan sistem bagi hasil dari konsep syariah. Baca Mencari Pinjaman Tunai Jaminan Sertifikat Rumah Beberapa Bank Berikut Bisa Jadi Solusi

Keduanya merupakan bank dengan fasilitas yang sama namun prosedur pengelolaannya berbeda sehingga dalam pengajuan gadai sertifikatpun bisa dipastikan sama persyaratan administrasinya. Namun kebijakan pengelolaan dan bunganya saja yang berbeda. Berikut merupakan persyaratan yang harus disiapkan untuk melakukan pengajuan gadai :

  • Sertifikat tanah asli
  • Identitas asli seperti KTP, SIM, Passport dan sejenisnya.
  • Kartu keluarga asli
  • Kartu NPWP/ surat rekomendasi atasan yang merupakan keterangan kantor tempat anda bekerja.
  • Slip gaji yang ditandatangi oleh RT setempat
  • Pass foto 3 X 4
  • Rekening bank yang bersangkutan
  • Pegadaian

Masyarakat sangat akrab dengan kata pegadaian yang mampu menyelesaikan masalah tanpa masalah seperti slogannya karena pegadaian memiliki banyak variasi jenis barang gadai yang bisa diuangkan.

Bisnis utama yang dilakukan pegadaian adalah jasa gadai sehingga tidak ada bentuk suatu kegiatan menabung. Namun semakin kesini pegadaian juga memberikan produk pelayanan yang sejenis dengan menabung namun uang tersebut akan divaluasikan dengan harga emas. Dengan kata lain kita menabung dengan cara membeli emas, berapapun uang yang kita berikan disana akan ditukarkan dengan berate mas yang sesuai.

Selain mudah pegadaian juga memberikan pinjaman secara cepat dengan angsuran bunga yang ringan. Namun banyak orang yang belum tahu bahwa pegadaian tidak menerima surat kepemilikan benda tidak bergerak seperti sertifikat tanah dan sertifikat rumah. Baca Solusi Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Tua, Mudah Kok

Hal tersebut bisa jadi karena beberapa hal yaitu visi dan misi pegadaian sendiri yang bermaksud untuk menaungi kebutuhan masyarakat menengah kebawah yang ingin mensejahterahkan perekonomian. Rumah atau tempat tinggal merupakan suatu kebutuhan dasar bagi kehidupan oleh karena itu tanpa alasan apapun pegadaian tidak ingin merampas kesejahteraan rakyat yang paling mendasar.

Namun jangan berkecil hati meskipun pegadaian tidak menerima gadai sertifikat tanah, pegadaian bisa memberikan pinjaman dengan barang jaminan apapun yang bisa ditaksir nilainya seperti gadget, perabotan rumah tangga dan lain-lain .

Advertisements
error: