Bayar,Perpanjang Pegadaian Di Cabang Lain Bisa Gak Ya?

Apakah bisa melakukan perpanjangan pegadaian di cabang lain? Mungkin saat ini anda sedang bingung apakah memungkinkan untuk melakukan perpanjangan gadai anda di pegadaian yang bukan merupakan cabang di mana anda melakukan gadai.

Ya, hal ini bisa saja terjadi jika saat ini anda sedang berada di luar kota dan tidak bisa melakukan transaksi di cabang pegadaian anda padahal sudah waktunya untuk melakukan transaksi.

Atau mungkin anda dulu melakukan pinjaman di pegadaian yang ada di daerah lain dan kebetulan saat ini sudah ada yang berada di sekitar anda.

Advertisements

Jadi, apakah memperpanjang pegadaian di tempat lain bisa?

Prosedur Perpanjangan Pegadaian tanpa Ribet

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai perpanjangan pinjaman di pegadaian di cabang lain, ada baiknya kita mempelajari juga mengenai proses dari perpanjangan masa gadai itu sendiri.Baca Masa Tenggang Pegadaian Berapa Bulan

Perpanjangan ini biasanya dilakukan untuk menunda barang jaminan kita hangus atau dilelang. Prosedurnya adalah sebagai berikut ini.

  1. Datang ke pegadaian. Pertama, anda tentu harus datang ke kantor pegadaian untuk melakukan permohonan perpanjangan waktu gadai. Anda bisa datang setiap hari di jam kerja pegadaian.
  2. Membayar sewa modal atau mengangsur pinjaman. Agar permohonan perpanjangan anda bisa diproses, anda harus melakukan transaksi pembayaran. Dalam hal ini, anda bisa membayar terlebih dulu sewa modal atau melakukan angsuran pinjaman agar bisa memperpanjang masa penggadaian anda.

Setelah melakukan perpanjangan pegadaian di cabang lain atau di kantor pegadaian yang biasa anda datangi, anda selanjutnya bisa melunasi pinjaman anda di pegadaian sewaktu-waktu.Baca Memperpanjang Masa Gadai

Advertisements

Untuk jumlah sewa modal yang harus dibayarkan sendiri adalah sesuai dengan tarif yang berlaku di pegadaian. Tarif sewa modal di pegadaian sendiri adalah 1,150% setiap 15 hari.

Misalnya, anda memiliki pinjaman sebesar sepuluh juta dengan masa pinjaman satu tahun. Maka diperkirakan tarif sewa modal anda menjadi 9,2% selama masa pinjaman.

Di sini, maka sewa modal yang perlu anda bayarkan adalah Rp 920ribu. Kemudian, jika ada biaya administrasi, maka biaya tersebut ditambahkan ke sewa modal tersebut.

Selanjutnya, anda mungkin ingin tahu apa yang akan terjadi jika anda tidak memperpanjang gadai anda saat anda tidak bisa melunasi apa yang telah menjadi kewajiban anda.

Di sini, barang yang anda berikan sebagai jaminan ke pegadaian bisa hangus atau akan dilelang untuk menutup kewajiban yang belum anda selesaikan di pegadaian.

Oleh karena itu, ada baiknya jika anda segera untuk mengembalikan kewajiban anda sebelum jatuh tempo agar anda tidak perlu ribet dengan perpanjangan gadai atau harus melepas barang jaminan anda untuk dilelang jika tidak melakukan perpanjangan segera mungkin. Baca Denda Keterlambatan Pegadaian

Demikianlah informasi mengenai perpanjangan pegadaian di cabang lain. Semoga bermanfaat.

Advertisements
error: