Apakah PNM Mekaar Termasuk Bank?

PNM adalah singkatan dari PT Permodalan Nasional Madani, sebuah lembaga keuangan yang bergerak di bidang pembiayaan mikro.

Didirikan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1999 sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui akses permodalan, pendampingan, dan program pengembangan kapasitas usaha bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta pengusaha perempuan prasejahtera.

PNM memiliki beberapa produk dan jasa yang ditawarkan kepada nasabahnya, antara lain:

  • PNM Mekaar dan PNM Mekaar Syariah, yang memberikan pinjaman modal tanpa agunan kepada pengusaha perempuan prasejahtera dengan bunga rendah dan jangka waktu fleksibel.
  • ULaMM dan PNM ULaMM Syariah, yang memberikan pinjaman modal kepada UMKM dengan persyaratan mudah dan proses cepat.
  • Investment Management, yang menyediakan layanan manajemen investasi bagi nasabah individu maupun institusi.
  • Venture Capital, yang menyediakan modal ventura bagi UMKM yang berpotensi berkembang.

Apakah PNM Mekaar Termasuk Bank?

PNM juga memiliki program pengembangan kapasitas usaha (PKU) yang memberikan pelatihan kewirausahaan, bimbingan bisnis, dan fasilitasi akses pasar bagi nasabahnya.

Baca juga : PNM Mekar Adalah Keuntungan Cara Mengajukan Pinjaman

Selain itu, PNM juga memiliki program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang melaksanakan kegiatan sosial, pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan keagamaan bagi masyarakat sekitar

Apakah pnm termasuk Bank

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa PNM bukanlah sebuah bank, melainkan sebuah lembaga keuangan non-bank yang berfokus pada pembiayaan mikro.

Meskipun demikian, PNM tetap berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator sektor jasa keuangan di Indonesia.

Pada tahun 2021, pemerintah resmi menyerahkan mayoritas saham PNM kepada Bank Rakyat Indonesia (BRI), sebagai bagian dari upaya untuk membentuk holding BUMN yang bergerak di bidang pembiayaan mikro.

Baca juga : Cara Pelunasan PNM Mekaar Pengalaman Sendiri

Dengan demikian, PNM menjadi anak usaha BRI yang tetap menjalankan misi sosialnya untuk melayani segmen UMKM dan pengusaha perempuan prasejahtera.

Apa itu AO di PNM?

AO di PNM adalah singkatan dari Account Officer, yaitu seorang karyawan yang bertugas untuk mencari, menganalisa, dan membina nasabah yang membutuhkan pembiayaan mikro dari PNM.

Juga bertanggung jawab untuk menagih angsuran, melakukan monitoring, dan memberikan bimbingan kepada nasabah.

Di PNM harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti wanita single, usia 18-22 tahun, memiliki SIM C dan mampu mengendarai motor, dan minimal lulusan SMA/SMK.

Baca juga : PNM Mekar Adalah Keuntungan Cara Mengajukan Pinjaman

PNM adalah lembaga keuangan non-bank yang bergerak di bidang pembiayaan mikro untuk UMKM dan pengusaha perempuan prasejahtera.

Memiliki beberapa produk dan layanan, seperti PNM Mekaar, PNM ULaMM, PNM Investment Management, dan PNM Venture Capital.

PNM juga memiliki program pengembangan kapasitas usaha dan tanggung jawab sosial dan lingkungan. PNM merupakan anak usaha dari BRI yang tetap menjalankan misi sosialnya.

Share

Leave a Comment

Scroll to Top