Apakah Karyawan Kontrak Susah Untuk Ajukan KPR

Status pekerjaan sebagai karyawan tetap atau karyawan kontrak adalah salah satu syarat yang banyak diminta untuk mengajukan pinjaman. Seperti yang diketahui, pengajuan pinjaman jenis apapun termasuk KPR tentu lebih mudah dilakukan oleh karyawan tetap dibandingkan oleh karyawan kontrak. Namun hal ini tidak menjadi masalah, walau memang sedikit lebih rumit tidak berarti sulit untuk karyawan kontrak ajukan KPR.

Sangat banyak orang yang ingin dapat mengajukan KPR, khususnya mengingat saat ini semakin sulit seseorang dapat membeli rumah sendiri. Rumah semakin hari-hari semakin mahal harganya dan tentu adanya program KPR akan sangat membantu anda.

Hanya saja memang KPR harus diajukan ke bank dengan sejumlah persyaratan. Salah satu persyaratan yang paling dipertimbangkan adalah syarat kerja sebagai karyawan tetap. Lalu bagaimana dengan nasib para karyawan kontrak? Apakah karyawan kontrak susah untuk ajukan KPR? Jika memang bisa, apa syarat dan tips yang dapat memudahkan proses pengajuan KPR oleh karyawan kontrak ini?

Advertisements

6 Tips Agar Karyawan Kontrak Tidak Susah untuk Ajukan KPR

Walau beberapa bank penerima ajuan KPR sedikit ketat dalam menyeleksi calon kreditur KPR yang karyawan kontrak, hanya saja ini tidak menutup kemungkinan untuk para karyawan kontrak mendapatkan pinjaman. Baca Syarat Lengkap Pengajuan KPR BNI Syariah Perorangan dan Karyawan

Ada beberapa tips yang dapat anda coba sebagai karyawan kontrak untuk mengajukan KPR. Tips berikut akan membuat anda lebih mudah untuk mengajukan KPR dan segera memiliki rumah anda sendiri.

  1. Pastikan Anda Memiliki Riwayat Kredit yang Bersih

Penting untuk anda ketahui bahwa riwayat kredit yang bersih adalah pertimbangan paling utama agar pengajuan KPR dapat disetujui. Biasanya yang sering menjadi penghalang adalah kredit pada kartu kredit (credit card) yang tidak bersih.

Itulah sebabnya jika memang anda berencana mengajukan KPR, maka anda harus menghindari kebiasaan menggunakan CC dengan tidak bertanggung jawab. Hal ini berlaku untuk jenis kredit lain, seperti kredit kendaraan bermotor atau barang lainnya.

  1. Ajukan Pinjaman yang Sesuai dengan Pendapatan

Anda juga dapat mengajukan KPR dengan memperhatikan besar pinjaman yang diajukan. Tentu besar pendapatan anda sudah anda ketahui dengan jelas, dan berapa sisanya untuk dapat membayar cicilan pinjaman setelah dikurangi pengeluaran rutin anda.

Jika anda mengajukan pinjaman yang cicilannya lebih besar dari 30% pendapatan anda, maka bank pun akan sulit untuk menerima pengajuan anda.

Advertisements
  1. Pilih Rumah yang Sesuai dengan Kemampuan

Jenis rumah yang anda pilih menentukan besar pinjaman yang akan kamu ajukan melalui KPR. Jika kamu memilih rumah yang diluar kemampuan pendapatan kamu, tentunya bank akan sulit menyetujui pengajuan anda. Baca UPDATE Tabel Angsuran KPR BNI Syariah 5-20 Tahun

Semakin besar rumah yang anda inginkan, maka semakin besar juga pinjaman KPR anda. Jadi pastikan untuk memilih rumah yang memang sesuai dengan kemampuan anda membayar saja.

  1. Siapkan Uang Muka yang Cukup Meyakinkan

Diketahui bahwa uang muka yang anda siapkan juga dapat menjadi pertimbangan dari pihak bank. Jika anda menyiapkan uang muka yang tidak meyakinkan, misalnya terlalu rendah persenan dari harga rumah seluruhnya, maka bank tidak akan yakin dengan pengajuan anda. Oleh sebab itu, pastikan untuk menyiapkan uang muka sebaik mungkin walau membutuhkan waktu yang lama.

  1. Jelaskan Seluruh Pendapatan Lain yang Dimiliki

Jika anda merasa pendapatan anda sebagai karyawan kontrak kurang meyakinkan, maka anda dapat menambahkan informasi mengenai pendapatan lain yang dimiliki. Misalnya jika pasangan anda bekerja, maka informasi mengenai gaji pasangan anda dapat memudahkan pengajuan diproses. Atau jika anda memiliki usaha, maka coba lengkapi informasi mengenai pendapatan anda yang dihasilkan oleh usaha tersebut.

Apakah Karyawan Kontrak Susah Untuk Ajukan KPR

  1. Persiapkan Seluruh Berkas dengan Baik

Terakhir, berkas-berkas persyaratan mulai dari berkas data diri anda, berkas gaji anda, hingga berkas terkait rumah yang anda ingin ajukan KPR. Semua dokumen yang dibutuhkan harus lengkap dan tidak bermasalah.

Tentu mendapatkan pengajuan dengan berkas yang lengkap dan jelas, akan membuat bank lebih cepat memroses pengajuan KPR anda. Baca Tabel Angsuran KPR CIMB Niaga Angsuran dan Bunga Per Bulan

Demikianlah tadi penjelasan mengenai apa saja 6 tips agar karyawan kontrak tidak susah untuk ajukan KPR. Jadi KPR yang anda ajukan walau masih karyawan kontrak tetap ada kemungkinan untuk pengajuan anda disetujui. Silahkan mencoba dan semoga pengajuan anda berhasil dan anda segera memiliki rumah anda sendiri dengan program KPR!

error: