Home Gadai Apakah Bisa Gadai Emas Di Toko Emas

Apakah Bisa Gadai Emas Di Toko Emas

6 min read
0
Apakah Bisa Gadai Emas Di Toko Emas

Mungkin banyak yang belum mengetahui tentang apa saja syarat gadai emas di toko emas. Karena itulah kali ini kami akan mengulasnya pada kesempatan kali ini. Menggadai emas biasanya dilakukan oleh orang-orang di Pegadaian.

Namun sebenarnya toko emas juga bisa dijadikan tempat yang dituju ketika Anda ingin melakukan gadai emas. Tapi terlebih dahulu tentunya Anda harus tahu mengenai syarat dan bagaimana hal tersebut dilakukan.

Bisakah Menggadai Emas Di Toko Emas?

Menggadaikan emas atau barang berharga lain yang dimiliki untuk saat ini terbilang lazim untuk dilakukan oleh kebanyakan orang. Pemenuhan kebutuhan hidup menjadi alasan terbesar dari maraknya gadai dilakukan. Walaupun sebenarnya bisa melakukan pinjaman melalui bank. Namun menggadaikan barang menjadi pilihan alternatif lain untuk dipilih.

Advertisements

Menggadaikan emas memang lebih dianjurkan untuk dilakukan di Pegadaian. Hal tersebut dikarenakan Pegadaian adalah lembaga yang dimiliki oleh negara dengan tujuan menyediakan berbagai pembiayaan untuk masyarakat dengan cara gadai.

Namun toko emas juga bisa menjadi alternatif untuk dipilih ketika Anda tidak menginginkan jasa Pegadaian. Sejatinya gadai emas bisa dilakukan di mana saja asalkan tempat tersebut mau dan mampu, seperti halnya toko emas yang menjadi tempat jual beli emas. Akan tetapi tidak semua toko emas memberikan layanan gadai emas. Ingatlah hanya yang mampu dan mau.

Cobalah untuk datang pada toko emas tempat dari Anda membeli emas tersebut. Tanyakan apakah memberikan layanan gadai emas atau tidak.

Jika ternyata memberikan layanan gadai, maka proses sudah bisa Anda lakukan. Tentunya untuk melakukan gadai emas memerlukan persyaratan dan ini adalah syarat gadai emas di toko emas: Baca Simulasi Kredit Emas Pegadaian, Angsuran, Bunga Update

  • Identitas diri

KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau SIM (Surat Izin Mengemudi) atau paspor
Barang Jaminan berupa emas, perhiasan emas, emas batangan, atau emas lantakan)
Kartu keluarga.

Advertisements

Identitas diri ini bisa berupa KTP, Passport, ataupun SIM. Pihak toko biasanya meminta data tersebut sehingga harus Anda persiapkan.

  • Surat atau sertifikat emas yang menjadi objek gadai

Surat atau sertifikat emas ini merupakan surat atau sertifikat dari fisik emas itu sendiri. Pada surat tersebut akan tertera berat emas, kadar emas, dan lain-lainnya.

  • Kuitansi pembelian

Anda juga perlu menyertakan kuitansi dari pembelian emas yang dulu telah dilakukan.

Berbagai syarat ini memang akan selalu diberlakukan ketika ingin melakukan gadai emas baik pada Pegadaian, toko emas, bank, ataupun perorangan. Jika malah Anda menemukan tempat gadai yang tidak memberikan syarat gadai emas di toko emas, maka perlulah untuk curiga karena bisa saja emas hilang akibat di bawa kabur.

Keuntungan Dari Gadai Emas

Nilai pinjaman dari toko yang bisa Anda dapatkan biasanya hanya 90% dari nilai taksiran harga dari emas yang akan digadaikan. Pihak toko dan Anda akan menetapkan perjanjian dengan isi jumlah uang gadai, batas waktu penebusan gadai, dan denda jika jatuh tempo.

Biasanya jika sampai jatuh tempo Anda tidak membayar denda atau menebusnya, pihak toko bisa saja melelang atau menjual emas tersebut.

Memilih untuk melakukan gadai dari pada menjualnya sebenarnya memiliki keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Walaupun mendapatkan uang ganti yang lebih kecil ketimbang menjualnya, namun Anda masihlah memiliki hak kepemilikan dari emas tersebut. Fisik dari emas tersebut hanya sebagai jaminan gadai dan tidak dijual. Baca Tutorial Lengkap Beli Emas di Pegadaian Pemula

Proses dari gadai emas juga terbilang cukup cepat untuk dilakukan. Hal ini akan sangat cocok untuk digunakan sebagai jalan keluar ketika Anda mendapatkan kebutuhan yang mendadak. Dengan sebelumnya Anda belajar tentang syarat gadai emas di toko emas, maka sudah pasti prosesnya bisa dilakukan dengan lancar dan mudah.

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Gadai

Tinggalkan Balasan