Apa Bisa Gadai Motor di Pegadaian Tanpa BPKB

Selain perhiasan dan barang elektronik, masyarakat dapat menggadaikan kendaraan bermotor di Pegadaian. Nah, kira-kira apakah bisa menggadaikan motor di Pegadaian tanpa BPKB?

Jawabannya adalah tidak. Dikutip dari situs resminya, ditulis bahwa jika agunan merupakan kendaraan bermotor, maka dokumen yang dijadikan agunan adalah BPKB asli, fotokopi STNK serta faktur pembelian.

Sehingga tanpa dokumen tersebut, tentunya pengajuan gadai motor akan ditolak oleh Pegadaian. Hal ini dapat dipahami, sebab BPKB adalah dokumen yang menjaminkan keamanan Pegadaian saat memberikan pinjaman pada nasabahnya.

Advertisements

Pinjaman dengan jaminan kendaraan bermotor atau perhiasan emas di Pegadaian disebut dengan “Krasida”. Krasida adalah layanan pinjaman yang cepat dan mudah. Jumlah pinjaman yang dapat diperoleh nasabah adalah Rp 1 juta – Rp 250 juta.

Jumlah pinjaman yang dicairkan tentu tergantung pada barang yang digadaikan. Kira-kira nilai pinjaman yang diberikan adalah 95% dari nilai taksiran barang jaminan. Pinjaman di Krasida dikenakan biaya sewa modal yang cukup ringan, yakni mulai 1,25% per bulannya. Nasabah dapat mengembalikan pinjaman dalam jangka waktu 6, 12, 24, maupun 36 bulan.

Tidak seperti bank yang biasanya mengenakan biaya percepatan pelunasan, di Pegadaian, nasabah yang melunasi pinjaman dengan lebih cepat justru memperoleh diskon. Biaya pinjaman yang dikenakan di Krasida adalah biaya administrasi, besarnya berkisar antara Rp.10.000 hingga Rp.100.000. Baca Solusi Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Tua, Mudah Kok

Syarat yang diperlukan untuk memperoleh pinjaman Krasida sangatlah sederhana, yakni fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga, serta barang jaminan (perhiasan emas dan dokumen kendaraan bermotor seperti BPKB asli, fotokopi STNK serta faktur pembelian).

Selain syaratnya yang mudah, proses memperoleh pinjaman Krasida ini tidak bertele-tele. Berikut adalah cara memperoleh pinjaman gadai motor dengan Krasida :

  1. Siapkan syarat yang diperlukan seperti persyaratan dokumen dan agunan
  2. Datangi kantor cabang Pegadaian. Anda akan diminta mengisi formulir pengajuan kredit Krasida.
  3. Petugas akan menaksir barang agunan.
  4. Akan dilakukan kesepakatan pinjaman seperti jangka waktu pengembalian dan penandatanganan kesepakatan.
  5. Pinjaman pun dicairkan.

Nah, apakah Anda tertarik menggunakan layanan Krasida ini?

Advertisements

Alternatif Lain Pinjaman di Pegadaian

Selain Krasida, ada produk pinjaman lain di Pegadaian, yakni KCA (Kredit Cepat dan Aman) serta Kreasi. Apa perbedaan kedua kredit ini dengan Krasida? Untuk menjawab pertanyaan itu, simak informasinya berikut ini :

  1. KCA

Selain kendaraan bermotor, ada berbagai barang yang dapat digadaikan di KCA, seperti kendaraan elektronik (HP, laptop, dll). Yang membedakan dengan Krasida, pinjaman KCA ini nominalnya mulai Rp.50.000 hingga Rp 500 juta. Selain itu, pemohon tidak memerlukan rekening bank untuk memperoleh pinjaman ini. Baca Ketahui Ya Pegadaian Tanggal Merah Buka Atau Tutup

Sistem pinjaman KCA ini adalah sewa modal. Pegadaian memberikan jangka penyewaan modal selama 4 bulan saja. Apabila nasabah ingin menyewa modal melebihi jangka waktu itu, maka harus memperpanjang sewa modal. Biaya sewa modal per 15 hari di KCA ini adalah sebesar 0,75%.

Untuk memperoleh pinjaman ini, pemohon cukup menyiapkan dokumen berupa fotokopi identitas diri (KTP atau SIM) serta barang jaminan. Apabila barang jaminannya merupakan kendaraan bermotor, maka barang jaminannya adalah BPKB serta fotokopi STNK. Pegadaian juga menerima dinar sebagai barang jaminan dikarenakan dinar terbuat dari emas.

  1. Kreasi

Sama dengan Krasida dan KCA, Kreasi juga merupakan kredit dengan jaminan BPKB kendaraan bermotor. Hanya saja, kredit ini ditujukan kepada usaha kecil dan menengah (UKM) untuk mengembangkan usaha.

Plafon pinjaman yang disediakan mulai dari Rp 1 juta – Rp 200 juta. Sementara jangka waktu pengembalian pinjamannya adalah 12, 18, 24 atau 36 bulan. Kreasi dapat menjadi pilihan ketika membutuhkan modal usaha dalam waktu cepat. Ini karena proses kredit Kreasi hanya membutuhkan waktu 3 hari saja. Baca Batas Jatuh Tempo Pegadaian Sampai Berapa Bulan Ya

Jika ingin memperoleh kredit Kreasi, maka pastikan usaha yang dimiliki sudah tergolong layak dan minimal sudah berjalan selama 1 tahun. Dokumen yang diperlukan cukup simpel, yakni fotokopi KTP, Kartu Keluarga serta surat nikah (apabila sudah menikah). Dokumen agunan yang diperlukan adalah BPKB asli, fotokopi STNK serta faktur pembelian.

Advertisements
error: